Cara Memanipulasi Kapasitas RAM Dengan Memanfaatkan Local Disk di Windows 10

Cara Memanipulasi Kapasitas RAM Dengan Memanfaatkan Local Disk di Windows 10

Cara Memanipulasi Kapasitas RAM Dengan Memanfaatkan Local Disk di Windows 10

Kapasitas RAM
Di dalam spesifikasi gadget, RAM menjadi fitur yang paling diharuskan ada di sebuah gadget. Perannya yang sangat penting membuat komponen yang satu ini terbilang vital. Fungsinya yakni bekerja sebagai otak pengatur dan pembaca data atau perintah sementara. Dengan hal ini maka RAM dapat mempercepat kinerja prosessor.

RAM atau yang lebih dikenal dengan Random Access Memory, memiliki varian kapasitas dan jenis yang berbeda-beda. Untuk gadget laptop sendiri, RAM biasanya berkapasitas paling kecil 512 MB dan yang paling besar berkapasitas 16 GB (bergantung jenis laptop yang diusungnya).

Berbeda dengan RAM yang disematkan dalam gadget smartphone, RAM yang tertanam di laptop dapat ditambah dan dikurangi, mengingat keperluan laptop akan memori RAM yang bermacam-macam kebutuhan.

Sebagai gambaran, laptop yang difungsikan sebagai penunjang pekerjaan umum (penggunaan lebih kepada perangkat lunak/software ringan seperti Microsoft Office) tidak membutuhkan kapasitas RAM dalam jumlah yang besar, seperti laptop yang memang difungsikan sebagai gadget gamer atau sejenisnya.

Untuk itu, seringkali kita temukan pengguna laptop yang berpikir ingin menambah kapasitas RAM di laptopnya, karena menurut kebanyakan orang kapasitas RAM bawaan laptop kadang tidak mencukupi kebutuhan dalam mengoperasikan software.

Cara menambah atau mengurangi kapasitas RAM pada laptop yang paling umum adalah dengan menambah atau mengganti perangkat keras (hardware) yang ditanam di bagian mesin laptop. Tentu perangkat keras tersebut adalah bagian RAMnya.

Setiap laptop dengan jenis-jenis tertentu memiliki perbedaan dalam urusan RAM, khusus untuk laptop dengan operasi windows 10 sendiri ada cara yang unik untuk meningkatkan kapasitas RAM.

Jika biasanya seseorang harus membeli RAM baru untuk menambah atau mengganti RAM bawaan laptop, di windows 10 ini seseorang tidak harus melakukan hal yang sama. Sebab, windows 10 dapat mengatur keperluan akan penggunaan RAM sebagai otak acak dengan memanfaatkan Local Disk.

Cara yang dapat dilakukan untuk mempengaruhi penggunaan RAM dengan Local Disk di windows 10 dapat dikerjakan langsung dari laptopnya. Jadi Anda tidak harus membongkar mesin laptop.

Adapun cara memanipulasinya adalah sebagai berikut.

  1. Cara yang pertama seperti biasa, klik logo windows yang terdapat di monitor laptop, tepat di bagian pojok kiri bawah. Kemudian klik System.
  2. Setelah muncul jendela baru, kemudian pilih Advanced System Setting di sebelah kiri layar. Setelah itu silahkan klik Disini.
  3. Di halaman baru, Anda klik bagian Advanced disusul klik Change.
  4. Untuk dapat merubahnya, silahkan Anda hapus centang yang terdapat di bagian atas. Pilihlah Local Disk yang akan digunakan untuk memanipulasi RAM laptop.
  5. Di bagian selanjutnya, kliklah pada pilihan custom size. Tulislah angka berkisar 5000 dan 9000 atau angka lain yang Anda inginkan pada kolom yang tertera, setelah itu klik Set dan Ok.
Cara terakhir yakni dengan merestart laptop Anda. Atau kadang setelah pengaturan seperti di atas, akan ada perintah untuk restart, silahkan Anda langsung restart.

Setelah selesai loading restart pada laptop Anda, silahkan cek memori RAMnya dan dipastikan kapasitas bertambah kecuali Anda melakukan kesalahan di tutorial tadi.

Perlu diperhatikan bahwa cara tersebut dalam tanda kutip, bukan untuk menambah kapasitas RAM, namun memanipulasinya dengan memanfaatkan Local Disk untuk membantu ruang penyimpanan RAM.

Jika Anda berkeinginan untuk menambah kapasitas RAM secara permanen, tentu yang harus Anda lakukan adalah bukan dengan cara di atas, namun dengan menambah atau mengganti perangkat keras (hardware) pada laptop Anda sendiri.
Buka Komentar