Cara Memasang Custom Template di Blogger

Cara Memasang Custom Template di Blogger

Cara Memasang Custom Template di Blogger

Salah satu fitur yang bisa dimaksimalkan dari platform nge-blog Blogger adalah kita bisa memasang template yang didapat dari pihak ketiga. Jadi meski sudah ada beberapa template bawaan yang bisa digunakan namun Anda juga bisa memasang template Blogger sesuai dengan yang diinginkan. Nah, cara mendapatkan template dari pihak ketiga ini bisa dengan mengunduh secara gratis atau membelinya dari si pembuat.

Adapun alasan mengapa kita biasanya lebih suka menggunakan template dari pihak ketiga adalah karena lebih bervariasi untuk berbagai tipe blog. Lalu apa bedanya template gratis dan berbayar? Biasanya template gratis memiliki copyright di bagian footer yang tidak bisa dihapus, apabila dihapus maka template akan menunjukkan pesan error. Sedangkan jika Anda membeli template, maka Anda bisa mengganti atau bahkan menghapus copyright di bagian footer.

Lalu bagaimana cara memasang template di Blogger? Simak langkah-langkah penjelasannya berikut ini.

cara memasang template blogger


Langkah Memasang Template Blogger

1.   Mencari Template

Anda harus bisa membedakan antara template untuk platform Blogger dan WordPress, sebab template untuk WordPress tidak akan bisa dipasang di Blogger, begitu pula sebaliknya. Untuk itu, carilah website yang menyediakan template Blogger, baik gratis maupun berbayar.

Sebagai informasi, Anda bisa mencari ribuan template Blogger di Google dengan menuliskan kata kunci seperti “free bloggertemplate” atau “template blogger gratis”.

2.   Extract file

Langkah berikutnya adalah memilah file mana yang harus diunggah ke Blogger. Pasalnya, template Blogger yang Anda unduh pasti akan berbentuk file arsip dalam format zip atau rar dan di dalamnya mungkin akan ada beberapa file.

Yang harus Anda lakukan adalah mengekstrak seluruh file yang ada di dalam arsip tersebut. Lalu cari file dengan ekstensi .xml, karena itulah template yang nantinya bisa diunggah ke Blogger.

3.   Memasang template

Berikutnya adalah cara memasang template Blogger.

#1. Pertama-tama tentunya Anda perlu login ke akun Blogger Anda.
#2. Setelah itu masuk ke menu “Tema”.
#3. Lalu di sudut kanan layar Anda klik tombol “Backup/Pulihkan”.
#4. Sebelum Anda memasang template Blogger, ada baiknya jika template sebelumnya Anda unduh terlebih dahulu sebagai cadangan atau backup. Barangkali di kemudian hari Anda ingin mengubahnya lagi ke template yang lama.
#5. Setelah template lama di-backup, baru Anda klik “Choose File” dan pilih file template berekstensi .xml yang tadi sudah diekstrak.
#6. Terakhir, klik tombol “Upload” untuk mengunggah file template.

cara memasang template blogger

Proses memasang custom template Blogger sudah selesai, sekarang Anda bisa cek apakah pemasangannya sukses atau tidak dengan membuka blog Anda.

Pada tahap ini biasanya Anda masih akan melihat widget terpasang sembarangan karena terpengaruh dengan template sebelumnya. Jadi sebaiknya Anda rapikan kembali tata letak widget blog Anda melalui menu “Tata Letak”.


Apakah template bisa dikustomisasi lagi? Tentu saja bisa. Anda bisa mengutak-atik template tersebut dengan mengklik menu “Edit HTML”. Di dalamnya Anda bisa menambahkan CSS atau script untuk menambahkan berbagai fitur di blog Anda. Namun sebaiknya berhati-hatilah, karena jika ada script yang terhapus secara tidak sengaja maka biasanya akan muncul peringatan.

Tips Memilih Template Blogger

Untuk memilih template Blogger, ada beberapa kriteria yang sebaiknya Anda pertimbangkan, yakni:

-       SEO friendly,
-       mobile friendly,
-       tidak berat saat dimuat,
-       sesuai dengan topik atau niche blog,
-       mudah dikustomisasi.

Itu dia tata cara memasang template Blogger. Benar-benar mudah, bukan? Jadi jangan dibikin pusing, ya.

Baca juga: Memasang Domain Sendiri untuk Blogger
Buka Komentar