Cara Mendapatkan Custom Domain Gratis untuk Blogger

Cara Mendapatkan Custom Domain Gratis untuk Blogger

Cara Mendapatkan Custom Domain Gratis untuk Blogger

Salah satu cara memperbaiki SEO blog adalah dengan menggunakan custom domain atau TLD (Top Level Domain). Adapun untuk mendapatkan custom domain Anda harus menyewa dengan jangka waktu minimal setahun. Beberapa contoh top level domain misalnya .com, .net, .org, .co, dll.

Tetapi bagi para pengguna platform Blogger, ada cara untuk mendapatkan domain secara gratis. Penyedia layanan yang menawarkan domain gratis tersebut adalah Freenom. Ada empat top level domain yang digratiskan di sana yakni .tk, .ga, .cf, dan .ml. Di antara keempat domain tersebut, yang paling populer adalah domain .tk.

domain gratis freenom

Nah, kali ini kita akan belajar bagaimana cara mendapatkan custom domain gratis dari Freenom dan memasangnya di Blogger, supaya blog Anda tidak lagi menggunakan subdomain blogspot.com.

Domain Gratis dari Freenom

Sebelum memilih domain yang tersedia di Freenom Anda harus mempunyai email terlebih dahulu. Siapkan juga nama domain beserta alternatifnya apabila nama domain pilihan Anda ternyata sudah tidak tersedia di Freenom. Berikut langkah-langkahnya:

#1. Kunjungi website freenom.com.
#2. Tuliskan nama domain yang Anda inginkan di kolom yang tersedia, lalu klik “Check Availability”. Anda bisa pilih salah satu antara .tk, .ga, .cf, atau .ml, misalnya kita menggunakan domain bacanulis.tk.


#3. Pada bagian “Period” pilih 12 Months @ Free untuk mendapatkan domain .tk gratis selama satu tahun. Sementara pada “Use your new domain” biarkan default dan akan kita atur setelah proses domain selesai.


#4. Klik “Check Out”.
#5. Di halaman berikutnya, Anda bisa mendaftar menggunakan email atau masuk dengan akun media sosial. Misalnya menggunakan email, masukkan alamat email Anda lalu klik “Verify My Email Adress”.


#6. Buka kotak masuk email Anda, kemudian konfirmasi email Freenom. Setelah titu Anda akan diarahkan ke halaman “Check Out” lagi.
#7. Isikan data diri Anda di situ dengan benar. Jika sudah, centang Complete “I have read and agree to the Terms & Conditions”, lalu klik “Complete Order”.


Setelah menyelesaikan order, tunggu beberapa saat sampai domain Anda aktif. Berikutnya kita hubungkan domain dengan blog. Kelebihan menggunakan domain gratis dari Freenom ini adalah kita tidak perlu lagi menyewa hosting. Sebab Freenom sudah menyediakan pengaturan DNS sendiri.

- Masuk ke akun Freenom Anda.
- Klik “Service” > “My Domain”.
- Pilih domain yang ingin Anda setting, lalu klik “Manage Domain”.
- Klik “Manage Freenom DNS”.
- Berikutnya Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di artikel Memasang Domain Sendiri untuk Blogger.

Itu tadi penjelasan mengenai cara mendapatkan domain gratis .tk, .ga, .cf, dan .ml dari Freenom untuk Blogger. Akan tetapi, domain gratis ini dianjurkan bagi blog-blog pribadi saja dan tidak untuk kepentingan komersial. Jika Anda menggunakan blog atau website untuk kepentingan bisnis, maka sebaiknya menggunakan top level domain berbayar seperti .com, .net, .org atau domain Indonesia (.id).

Adakah Dampak Penggunaan Domain Gratis Freenom?

Ada kabar yang menyebutkan bahwa domain gratis Freenom memiliki reputasi buruk di mata googlebot. Blog atau website yang menggunakan domain gratis bisa dianggap SPAM hingga akhirnya lama kelamaan berdampak pada seluruh konten yang akan terkena deindex.

Oleh karena itulah domain gratis Freenom memang tidak dianjurkan untuk akun bisnis ataupun penggunaan jangka panjang. Walau demikian, masih banyak blog-blog dengan domain gratis Freenom yang berhasil menembus halaman pertama pencarian mesin pencari.
Buka Komentar