Cara Mengaktifkan HTTPS Gratis untuk Blogger

Cara Mengaktifkan HTTPS Gratis untuk Blogger

Cara Mengaktifkan HTTPS Gratis untuk Blogger

Belum lama ini Blogger telah menambahkan fitur baru yakni HTTPS gratis, yang makin memudahkan penggunanya. Seperti diketahui, biasanya untuk mendapatkan HTTPS di URL blog maka kita harus memiliki hosting terlebih dahulu dan membeli layanan tambahan. Nah, kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengaktifkan HTTPS di Blogger. Tetapi sebelumnya, ada baiknya kita pahami dulu apa itu HTTPS dan apa saja kelebihannya.

Mengenal HTTPS

HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) merupakan protokol untuk koneksi terenkripsi. Bisa dibilang ini adalah versi aman dari HTTP. HTTPS sendiri berfungsi untuk melindungi data-data yang ditransmisikan oleh pengunjung suatu halaman blog atau web. Biasanya, protokol standar ini digunakan dalam proses transaksi keuangan sebuah web serta melindungi penggunanya.

cara mengaktifkan HTTPS di Blogger

Adapun tujuan lain memasang HTTPS di blog tentu saja untuk mengoptimalkan pencarian di mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dan lain-lain atau yang biasa disebut SEO (Search Engine Optimization). Sebab, saat ini blog atau web yang diawali dengan HTTPS pasti akan mendapat nilai plus di mata pengunjung dan dari mesin pencari.

Mengaktifkan HTTPS di Blogger

Adapun fitur HTTPS di Blogger ini dapat diaktifkan oleh Anda yang menggunakan custom domain atau masih dengan subdomain blogspot.com. Berikut ini adalah langkah-langkah mengaktifkan HTTPS di Blogger.

#1. Pertama buka dasbor Blogger Anda melalui alamat draft.blogger.com.
#2. Masuk ke menu “Setelan” lalu klik “Dasar” dan cari opsi HTTPS. Klik “Ya” pada ketersediaan HTTPS.

cara mengaktifkan HTTPS di blogger

Sampai di sini tahap pertama sudah selesai, tetapi Anda perlu menunggu beberapa saat sampai pengalihan HTTPS terbuka dan muncul menu lainnya. Coba periksa dengan cara refresh tab browser beberapa kali. Jika menu pengalihan HTTPS telah aktif, Anda klik opsi “Ya”.

cara mengaktifkan HTTPS di Blogger

Sekarang blog Anda sudah bisa diakses dengan HTTPS di bagian depannya. Namun, yang masih menjadi masalah adalah masih banyak link di dalam blog Anda yang masih menggunakan HTTP. Untuk itu, langkah berikutnya adalah Anda harus mengganti semua URL dengan awalan HTTP ke HTTPS di template Anda.

Mengganti URL HTTP ke HTTPS

#1. Sediakan aplikasi seperti Adobe Dreamweaver, Notepad++ atau sejenisnya untuk mempersingkat waktu.
#2. Masuk ke menu “Tema” lalu klik “Edit HTML”.
#3. Blok semua kode, lalu salin dan tempel di aplikasi editor yang telah Anda siapkan (Dreamweaver atau Notepad++).
#4. Temukan semua URL yang berawalan dengan “HTTP:” lalu replace atau ganti dengan “HTTPS:”. Jangan lupa tambahkan tanda titik dua ( : ) agar tidak salah.

cara mengaktifkan HTTPS di blogger

#5. Setelah itu blok semua, lalu salin dan tempel kembali semua kode yang sudah diubah tersebut ke halaman Edit HTML Blogger. Lalu klik “Simpan”.
Nah, sekarang fitur HTTPS telah terpasang secara merata di blog Anda.

Submit Domain ke Google Search Console

Walaupun blog Anda sudah di-submit ke Google Search Console sebelumnya, ada baiknya Anda lakukan submit ulang setelah memasang HTTPS di Blogger. Jangan lupa menggunakan HTTPS di depan URL blog Anda.

Perlu Anda pahami bahwa setelah perubahan dari HTTP ke HTTPS ini pengunjung blog Anda mungkin akan mengalami penurunan, yang mana berarti pendapatan dari AdSense juga akan berkurang. Tetapi ini hanya akan terjadi selama beberapa hari saja. Di hari-hari berikutnya semua akan kembali seperti semula.

Demikian tutorial mengaktifkan HTTPS di Blogger secara gratis untuk blog yang sudah menggunakan custom domain maupun masih menggunakan subdomain blogspot.com. Semoga bermanfaat.
Buka Komentar