Cara Redirect Domain Blog Lama ke Blog Baru

Cara Redirect Domain Blog Lama ke Blog Baru

Cara Redirect Domain Blog Lama ke Blog Baru

redirect domain blog
Dalam dunia blogging, tentu saja bisa menjadi proyek yang bisa dibisniskan. Artinya, sebuah blog dapat diperjualbelikan dengan harga tertentu, tergantung nilai dari blog/website tersebut. Harga ini tentu berbeda-beda setiap waktunya, yang tidak bisa dibadingkan antara blog yang satu dengan blog yang lainnya. Sehingga, yang pastinya jika menurut pembeli blog itu bagus maka, penarawan akan semakin tinggi. Jadi banyak pertimbangan dalam menilai sebuah blog, bukan hanya semata-mata yang memiliki trafik yang tinggi.

Nah, tentu bagi yang tidak ingin repot-repot untuk mulai dari awal. Biasanya akan mencari blog yang sudah berjalan untuk dibeli, sehingga tidak mulai dari awal, tapi tinggal melanjut saja dan mengembangkannya kedepannya. Dalam pembelian sebuah blog, ketika sudah ok. Biasanya, muncul pertimbangan terhadap domain yang sudah tld. Berbeda dengan jika masih berdomain blogspot. Jika sudah tld, kalau domain tersebut tidak srek di hati, maka bisa untuk dirubah sesuai dengan keinginan kita.

Berikut ini akan dipaparkan mulai pembelian sampai bagaimana redirect domain blog lama ke domain yang kita inginkan tanpa harus takut kehilangan tarfik, yang sudah ada pada blog yang dibeli. Karena jika blog yang beru dibeli, langsung dirubah alamat domain sesuai dengan keinginan kita. Akibatnya, trafik akan down, sama halnya mengulang blog dari awal. Sungguh sayang bukan!. Inilah yang pernah saya alami, sesuka hati gonta-ganti domain, tanpa memperdulikan domain blog lama yang sudah lumayan trafiknya, akibatnya fatal. Blog dengan domain baru pun mulai trafik dari awal.

Hal awal yang perlu dilakukan sediakan terlebih dahulu (buat blog baru), kemudian beli domain sesuai dengan keinginan kita. Rekomendasi saya, beli domain di niagahoster.co.id, sebab custom blogspot lebih mudah.

Silahkan baca: Cara Custom Blogspot Menjadi Domain TLD (COM) di NiagaHoster

Ketika blog baru yang di beli sudah aktif dengan domain tld, kemudian liat langkah-langkah berikutnya;

Step#1
Anda perlu mengimpor konten blog lama ke blog baru (blog yang baru dibuat dan sudah dicustom domain-nya).

Cara expor-impor konten blog lama ke blog baru:

Export: Masuk ke Blogger >> Pilih menu Settings >> Other >> pilih Back up Content.
Import: Masuk ke Blogger >> Pilih menu Settings >> Other >> pilih Import Content.

Step#2
Masuk ke Blogger >> buka menu Theme/Tema >> pilih Edit HTML
Cari kode <head> lalu letakkan kode berikut ini dibawah kode <head>
<script type='text/javascript'>var this_url = window.location.href;var new_url = this_url.replace(&quot;https://www.bacanulis.com&quot;,&quot;http://www.domainbaruanda.net&quot;);window.location = new_url;</script>
 *Ganti domainbaruanda.net dengan nama domain yang baru anda beli.

Silahkan, cek terlebih dahulu hasil dari redirect domain yang sudah dilakukan. Dari contoh diatas, bila diketikan di browser bacanulis.com, maka langsung menuju ke domainbaruanda.net. Maka, berarti redirect domain sudah sukses.

Step#3
Melakukan custom redirect. Ini merupakan salah satu bagian yang cukup penting yang perlu diperhatikan karena jika ada kesalahan, maka traffic blog bisa mengalami penurunan yang signifikan.

Setelah dilakukan export-import dari blog lama ke blog baru, akan terdapat beberapa permalink yang tidak sama. Nah, disinilah juga perlunya melakukan custom redirect terhadap permalink yang berbeda. Karena, walau domain sudah di custom, tentu ada saja permalink yang berbeda, sehingga ketika mengarah ke domain baru, kata yang muncul adalah not found. Oleh karena itu perlu untuk custom permalink yang berbeda.

Silahkan baca: Cara Custom Permalink Blog yang Berbeda dengan Mudah 

Mudah-mudahan, konten ini bermanfaat. Jika ada yang kurang pas, silahkan berikan komentar.

Sebagai catatan, jangan hapus blog lama dan apabila umur domain lama akan berakhir maka saran saya, untuk diperpanjang. Hal tersebut dilakukan sampai blog dengan domain baru, dapat terindex dengan baik dan tidak kehilangan trafik. Namun, setelah dirasa sudah baik pada blog baru, maka silahkan saja blog lama untuk dihapus.
Buka Komentar