Cara Root Smartphone Android Secara Langsung Tanpa PC

Cara Root Smartphone Android Secara Langsung Tanpa PC

Cara Root Smartphone Android Secara Langsung Tanpa PC

Root Smartphone Android secara langsung tanpa PC
Bagi Anda yang suka dengan dunia hack, khususnya di bidang smartphone, tentu tidak asing dengan yang namanya 'root'. Root sendiri merupakan kunci dimana terbukanya akses tanpa batas ke software system dalam smartphone, yang mana Anda dapat merubah program dan perintah smartphone bahkan hingga ke fitur terdalamnya.


Ketidakterbatasannya inilah yang kemudian membuat akses root dikategorikan sebagai tindakan ilegal. Walaupun begitu, kadang root menjadi kebutuhan penting bagi sebagian pengguna smartphone yang memiliki hobi mengotak-atik gadget.



Lalu bagaimana dengan Anda yang masih awam dengan dunia root ini dan bagaimana cara melakukannya? Nah, berikut akan dijelaskan bagaimana cara root smartphone android dengan mudah. Sebelum berlanjut ke pembahasannya, berikut ini akan dipaparkan kelebihan dan kurangan smartphone android yang diroot.

Kelebihan
  1. Daya baterai smartphone yang diroot akan lebih awet dari semula. Hal ini dapat Anda lakukan salah satunya adalah dengan menginstal aplikasi "battery callibration" melalui play store.
  2. Ruang memori internal yang tersisa dapat menjadi lebih besar dari sebelumnya. Akses root memberikan kesempatan bagi Anda yang berniat untuk menghapus aplikasi bawaan smartphone yang tidak terpakai, seperti kalkulator. Karena dengan menghapus aplikasi bawaan tersebut, maka space yang tersisa semakin luas.
  3. Tampilan smartphone jadi lebih terkesan unik. Umumnya sekarang banyak pengguna yang ingin memasang custom rom di smartphone mereka. Untuk dapat melakukannya maka syarat mutlak yang harus dipenuhi yakni adalah dengan mengakses root di dalam smartphonenya.
  4. Kinerja smartphone jadi lebih efisien. Ketika Anda telah meroot smartphone Anda, maka Anda bebas untuk melakukan apapun. Misalnya menginstal semua aplikasi yang dapat menunjang kinerja smartphone melalui akses root, seperti aplikasi titanium backup untuk membackup dan merestore data aplikasi. Begitu juga dengan aplikasi-aplikasi lainnya.


Kekurangan
  1. Hilangnya garansi resmi smartphone. Mengapa hal ini terjadi? Karena root dapat merusak sistem android. Dengan begitu kerusakan yang terjadi tidak dapat diterima melalui garansi. Kerusakan akibat akses root ini bukan merupakan tanggung jawab developer maupun service center.
  2. Resiko kerusakan sistem. Cara meroot smartphone yang kurang baik/lengkap membuat smartphone cenderung memiliki masalah, seperti botloop, restart sendiri, dan bahkan tidak dapat menjalankan program.
  3. Mudahnya gangguan virus dan malware masuk. Dengan adanya akses root dalam sebuah smartphone, berarti telah membuat sistem keamanannya telah terbongkar. Hal demikian membuat virus dan malware mampu dengan mudah masuk ke fitur smartphone.


Kelebihan dan kekurangan diatas merupakan gambaran secara umum, masih banyak bagian-bagian yang lain mengenai sisi keduanya. Berikut ini adalah tutorial bagaimana cara root smartphone android (tanpa PC). Namun sebelum itu, pastikan keadaan smartphone yang akan diroot harus memenuhi hal-hal berikut.
  • Koneksi internet yang stabil. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya crash pada file-file yang tersimpan.
  • Daya baterai lebih dari 80%. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi ketika smartphone dalam proses root yang lama tidak mati.
  • Posisi "unknown source" (sumber tak dikenal) berada dalam mode 'enable'.
  • Smartphone dalam keadaan baik, tidak cacat di salah satu sistemnya.
Baca juga: Cara Root Menggunakan Root Genius Mobile Tanpa PC


Cara root smartphone android secara langsung tanpa PC.
  1. Install aplikasi framaroot di smartphone Anda. Aplikasi ini tidak tersedia di play store karena bersifat ilegal. Untuk mendapatkannya Anda dapat mendownload di sini.
    aplikasi framaroot
  2. Setelah terinstal, silahkan buka aplikasi dan klik Install SuperSU pada perintah select an action to execute after root.
  3. Setelah muncul perintah baru, klik opsi gandalf.
  4. Pastikan setelah Anda mencoba 4 langkah tersebut secara otomatis framaroot akan memulai booting untuk memproses rooting smartphone android Anda. Silahkan tunggu hingga proses selesai dan smartphone Anda sukses diroot. Untuk membuktikannya, setelah restart/reboot pastikan ada aplikasi baru bernama SuperSU.
Baca juga: Cara Root Menggunakan Framaroot


Demikianlah uraian singkat tentang bagaimana cara root smartphone android secara langsung tanpa menggunakan bantuan PC.
Buka Komentar