Skip to main content

Definisi Socio Economic Accounting (SEA)


Socio Economic Accounting (SEA) dibilang masih merupakan fenomena yang baru di dalam ilmu akuntansi dan malahan tidak jarang diterjemahkan sama dengan Social Accounting yang dikoneksikan dengan National Income Accounting. Para ahli juga sudah banyak mengasihkan definisi dan dalam tulisan ini juga akan mengutip definisi dari Ahmed Belkaoui, dalam bukunya tentang Socio Economic Accounting. Ia menyatakan sebagai berikut.

SEA muncul dari peng-aplikasian akuntansi dalam ilmu sosial, ini terkait pengaturan, pengukuran analisis, dan pengungkapan dampak ekonomi dan sosial dari aktivitas pemerintah dan perusahaan. Hal ini merupakan kegiatan yang bersifat mikro dan juga makro. Pada level makro bertujuan untuk mengukur dan menjelaskan aktivitas ekonomi dan sosial negara berkenaan social accounting dan reporting pengaplikasian akuntansi dalam pembangunan ekonomi. Di level mikro ini, tujuan SEA sebagai pengukur dan juga melaporkan dampak aktivitas perusahaan terhadap lingkungannya, mencakup: financial dan managerial social accounting, social auditing.

Ada juga yang bilang Socio Economic Accounting sebagai Social Responsibility Accounting. SEA tidaklah serupa dengan Social Accounting yang defenisinya merupakan pengukuran mengenai bagaimana efisiensi Suatu sistem ekonomi berfungsi dan mengasih data periodik yang berkenaan dengan indikasi posisi suatu negara menyangkut ukuran externalities ─▒tu. Social Accounting ini sering juga dibilang dengan National Income Accounting atau Macro Socio Economic Accounting.

Dalam hubungannya dengan sistem ekonomi, SEA sangat dibutuhkan dalam suatu sistem ekonomi yang bercirikan sintese, dari sistem ekonomi antara Social Economy dan Institutional Economy. Social Economy mempunyai harapan yang dalam terkait kesejahteraan manusia dan keadilan, sedangkan institutionalis memiliki komitmen Yang besar terhadap pragmatisme dalam menganalisis sosial ekonomi masyarakat. Negara kita merupakan negara yang memperjuangkan kesejahteraan rakyatnya, oleh sebab itu Socio Economic Accounting (SEA) ini penting diaplikasikan bahkan diharuskan supaya diterapkan oleh seluruh perusahaan dan lembaga di negara Indonesia.


Sumber: Buku Teori Akuntansi - Sofyan Safri Harahap
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar