Skip to main content

Evaluasi dan Tujuan Karakteristik Kualitatif Informasi Akuntansi

Kerangka konseptual karakteristik kualitatif ─░nformasi akuniansi ini, berhubungan dengan ciri spesifik dari kualitas informasi akuntansi yang harus dipenuhi agar memenuhi tujuan kegunaannya sebagai dasar pengambilan keputusan.

Pernyataan konseptual ini, dimaksudkan untuk mengevaluasi karakteristik kalitatif tersebut, yaitu : (1) apa dan bagaimana, (2) siapa yang menyiapkan, dan kegunaan informasinya. Hal tersebut, ditempuh dengan jalan merumuskan kriteria yang dapat dipakai sebagai acuan umum, mengingat dalam praktik akuntansi profesional itu diperkenankan alternatif pengukuran akuntansi, berupa pilihan penggunaan : standar, metode, dan teknik akuntansi yang dapat mempengaruhi kualitas informasinya.

Sedangkan pada sisi lain, informasi akuntansi bukan pilihan tunggal. Artinya, para pengambil keputusan bisa memperoleh informasi keuangan dari sumber lainnya, namun dalam hal ini, karakteristik kualitatif informasi akuntansi itu diarahkan dan disediakan untuk memenuhi kebutuhan sebagai dasar pengambilan keputusan di bidang : investasi, kredit, dan keputusan lain yang sejenis.

Karakteristik kualitatif informasi akuntansi, dapat diidentikkan dengan komoditinya. Dalam hal ini, perlu pedoman atau kriteria umum sebagai dasar menyeleksi berbagai kebijaksanaan akuntansi di antara beberapa pilihan yang tersedia.

Baca juga: Syarat-Syarat Mencapai Tujuan Kualitatif Laporan Keuangan

Adapun tujuannya, adalah sebagai berikut :

  1. Menguji dan mengevaluasi atau menyeleksi karakteristik kualitatif informasi akuntansi, untuk menentukan sampai sejauh mana pemenuhan dan kegunaan informasinya. Pengujian tersebut, didasarkan atas kriteria umum yang telah ditentukan terlebih dahulu. Sedangkan, yang dimaksud dengan informasi akuntansi adalah informasi yang disajikan dalam laporan keuangan.
  2. Dengan perkataan lain, bagaimana kualitas informasi akuntansi harus dipandang, dengan memperhatikan adanya anomali yaitu diperkenankannya alternatif pengukuran akuntansi, sehingga dapat memenuhi tujuan sebagai dasar pengambilan keputusan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar