Memasang Domain Sendiri untuk Blogger

Memasang Domain Sendiri untuk Blogger

Memasang Domain Sendiri untuk Blogger

Salah satu kelebihan platform Blogger adalah gratis, namun memang ada konsekuensi yang memang harus Anda terima yakni adanya embel-embel atau subdomain blogspot.com di belakang alamat blog Anda. Oleh karenanya, banyak pemilik blog yang mempersingkat alamat blog mereka dengan custom domain seperti .com, .net, .org, .web.id, .id, dan lain-lain.

Mengapa harus custom domain? Sebenarnya tidak masalah jika Anda masih bertahan dengan subdomain blogspot.com, tetapi dengan menggunakan custom domain maka alamat blog Anda pasti akan jadi lebih mudah diingat. Untuk keperluan bisnis pun blog Anda pastinya juga jadi terlihat makin profesional.

Nah, custom domain ini dapat Anda beli di berbagai penyedia layanan domain dan hosting. Salah satu yang direkomendasikan adalah Rumahweb.com. Anda hanya perlu memilih domain yang ingin Anda gunakan sebagai alamat web, lalu masukkan ke keranjang belanja dan selesaikan pemesanan.

Setelah domain menjadi milik Anda dan telah diaktifkan, berikutnya ikuti langkah-langkah memasang domain di Blogger berikut ini.

cara memasang custom domain di blogger

Cara Memasang Custom Domain di Blogger

#1. Pertama-tama tentunya Anda harus login terlebih dahulu ke akun Blogger.

#2. Setelah itu masuklah ke menu “Setelan > Dasar”. Lalu klik “Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda”. Masukkan nama custom domain yang sudah Anda beli (tambahkan www. di depan domain), kemudian klik “Simpan”.

#3. Jika muncul peringatan error, jangan panik karena langkah-langkah pemasangan domain memang belum selesai sampai di situ. Berikutnya, Anda perlu mencatat 2 DNS Records yang muncul dalam pesan error untuk dipasang pada pengaturan DNS domain.

cara memasang custom domain di blogger

#4. Berikutnya Anda harus masuk ke clientzone.rumahweb.com (khusus untuk Anda yang membeli domain di Rumahweb.com) guna mengubah pengaturan DNS domain.

#5. Klik menu “Domains > List Domain Saya”, lalu pilih domain yang Anda beli dan klik “Kelola Domain”.

#6. Klik Managed DNS, berikutnya akan muncul dua kotak dialog, cukup klik “Start” lalu klik “Update”.

cara memasang custom domain di blogger

#7. Untuk menambahkan DNS Records tadi, klik “Add New Record”. Lalu masukkan kode yang tadi muncul saat menambahkan domain baru di Blogger (langkah #3). Supaya lebih mudah, ikuti langkah seperti gambar di bawah ini.

cara memasang custom domain di blogger

cara memasang custom domain di blogger

 cara memasang custom domain di blogger

#8. Berikutnya Anda harus menambahkan 4 records lainnya berupa IP domain. Pada “Record Type” pilih “A”. Biarkan kolom lain terisi secara default, namun pada “IP or Hostname” isikan alamat IP berikut ini satu persatu:

216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

cara memasang custom domain di blogger

Sampai di sini berarti Anda sudah membuat 5 DNS Records, dua bertipe CNAME dan empat A Records. Berikutnya, kita kembali ke pengaturan domain di Blogger.

#9. Ulangi langkah #2, yaitu tuliskan domain di setelan Blogger, lalu klik “Simpan”. Jika masih terdapat pesan error, tunggu beberapa menit kemudian coba lagi sampai tidak muncul pesan error.

#10. Jika Anda melakukan langkah-langkahnya dengan benar sesuai instruksi di atas, seharusnya domain Anda sukses terpasang di blog. Jangan lupa pula untuk centang bagian “Alihkan namadomain.com ke www.namadomain.com”, tujuannya agar domain Anda juga bisa diakses tanpa harus menuliskan www di depannya.

cara memasang custom domain di blogger

Selesai.

Kurang lebih seperti itulah cara memasang custom domain atau domain sendiri untuk blog di platform Blogger agar alamatnya tidak terlalu panjang.

Yang sering menjadi pertanyaan, apakah blog kita masih bisa diakses dengan alamat yang lama dengan subdomain blogspot.com di belakangnya? Ya, blog Anda masih bisa diakses dengan domain asalnya, hanya saja nantinya domain blogspot.com akan diarahkan ke custom domain yang sudah Anda pasang. Jadi, Anda tidak perlu khawatir. Selamat mencoba.

Baca juga: Cara Memasang Custom Template di Blogger
Buka Komentar