Pengertian Rumah Tangga dan Pendapatan Pengeluarannya dalam Ekonomi

Pengertian Rumah Tangga dan Pendapatan Pengeluarannya dalam Ekonomi

Pengertian Rumah Tangga dan Pendapatan Pengeluarannya dalam Ekonomi

A. Pengertian Rumah tangga

Rumah tangga adalah seluruh individu yang tinggal dalam satu atap dan membuat keputusan bersama.

Orang-orang yang melakukan konsumsi dapat disebut sebagai masyarakat konsumen atau rumah tangga konsumen. Masyarakat konsumen terdiri atas (1) rumah tangga individu dan (2) rumah tangga keluarga. Siswa sebagai individu yang yang memiliki rumah tangga sendiri disebut rumah tangga siswa sehingga dapat melakukan kegiatan konsumsi, seperti menulis, makan, minum, bersepatu, dan berbaju. Keluarga sebagai rumah tangga juga dapat melakukan kegiatan konsumsi karena pada dasarnya anggota keluarga juga terdiri dari individu-individu yang juga memerlukan kegiatan konsumsi. 

B. Pendapatan dan Pengeluaran Rumah Tangga Keluarga

Baca juga: 
Faktor-Faktor, Asas, dan Motif Konsumsi dalam Ekonomi

Dalam rangka pemenuhan kebutuhan hidup, tugas rumah tangga keluarga yang satu berbeda dengan rumah tangga yang lain. Besar kecilnya konsumsi rumah tangga keluarga tergantung pada faktor-faktor berikut ini :
  1. Besar kecilnya pendapatan
  2. Besar kecilnya keluarga
  3. Tingkat harga kebutuhan
  4. Taraf pendidikan dan kedudukan sosial
Supaya kebutuhan rumah tangga terpenuhi, maka sebuah keluarga mesti mempunyai pendapatan. Tanpa pendapatan, keluarga tidak mempunyai dana yang cukup untuk memperoleh batang dan jasa.

Sumber pendapatan bisa bersifat tetap dan tidak tetap. 
Supaya kebutuhan rumah tangga terpenuhi, maka sebuah keluarga mesti mengeluarkan dana sebagai pengorbanan untuk memperoleh barang atau jasa. Besar kecil pengeluaran tergantung pada macam, banyak, dan tingkat harga barang atau jasa yang dibutuhkan.

Sumber AKSI-Ekonomi
Buka Komentar