Pengertian, Tujuan dan Pola Konsumsi dalam Ekonomi

Pengertian, Tujuan dan Pola Konsumsi dalam Ekonomi

Pengertian, Tujuan dan Pola Konsumsi dalam Ekonomi

1 . Pengertian konsumsi

Kata konsumsi berasal dari bahasa Latin yaitu consumere, yang artinya menghabiskan. Dalam bahasa Inggris disebut consumption, yang artinya memakai atau menghabiskan. Dalam ilmu ekonomi konsumsi berarti kegiatan manusia menggunakan, memakai atau mengurangi kegunaan suatu barang atau jasa secara berangsur-angsur atau sekaligus untuk memenuhi kebutuhan. Contoh, makan nasi, periksa ke dokter, menggunakan telepon, memakai baju, menggunakan pulpen, menonton televisi dan lain-lain. Manusia atau badan yang melakukan kegiatan konsumsi disebut konsumen.


2. Tujuan konsumsi

Tujuan konsumsi adalah mencapai kepuasan maksimum dari suatu barang dan jasa maupun kombinasi dari berbagai barang atau jasa yang digunakan. Tingkat kepuasan yang dicapai oleh konsumen bersifat subjektif atau tidak sama bagi semua orang. Orang yang pertama kali membahas tingkat kepuasan konsumen adalah Herman Heinrich Gossen tahun 1854, seorang ahli ekonomi dari Jerman, yang mengatakan :
a. Apabila kebutuhan akan suatu barang dipenuhi secara terus menerus pada waktu yang sama, maka tambahan kepuasannya makin lama semakin menurun (Hukum Gossen I atau Hukum kepuasan yang semakin berkurang).

Contoh, dari lima gelas air minum yang hendak dikonsumsi, gelas pertama akan membarikan kepuasan yang paling besar dan gelas kelima kepuasannya paling kecil.
b. Setiap orang akan selalu memenuhi kebutuhannya yang beraneka ragam sampai pada tingkat kepuasan yang sama (Hukum Gossen II atau Hukum kepuasan yang sama)
Contoh, dengan penghasilan yang kita miliki, kita berusaha memenuhi berbagai kebutuhan, seperti makanan, pakaian dan lain-lain sampai pada keseimbangan yang relatif sama, meskipun tidak sepenuhnya memuaskan. Tapi diharapkan dapat memberikan kepuasan maksimum.

Seorang konsumen harus mengetahui kombinasi terbaik dari barang dan jasa yang dikonsumsi. Kombinasi yang terbaik akan memberikan kepuasan maksimum


3. Pola konsumsi 

Barang dan jasa yang dikonsumsi oleh konsumen yang satu tidak selalu sama dengan konsumen lain. Demikian pula, barang dan jasa yang dikonsumsi oleh konsumen yang sama dapat berbeda untuk waktu yang berbeda. Hal ini terjadi karena pola konsumsi tiap orang dipengaruhi oleh sejumlah faktor yang membuat tingkat kebutuhan terhadap barang dan jasa menjadi beraneka ragam. Pola konsumsi adalah susunan tingkat kebutuhan konsumen untuk jangka waktu tertentu yang dipengaruhi oleh sejumlah faktor.


Sumber AKSI-Ekonomi
Buka Komentar