Skip to main content

Pengobatan Dabag dengan Cara Timur dan Barat

Hampir tiap-tiap orang pada masa kanak-kanaknya pernah menderita penyakit dabag atau dabag (campak). Penyakit ini menular dan sesudah sembuh, memberi kekebalan untuk selama-lamanya. Dabag disebabkan oleh Virus, sejenis kuman yang sangat kecil sehingga tidak dapat terlihat dengan alat pembesar biasa. Kuman Virus hanya dapat terlihat dengan alat microscop electronik. Penyakitnya menular karena Virusnya yang berada di udara sekitar seorang penderita masuk dalam pernafasan kita.

Anak yang terserang dabag badannya mendadak demam, pilek, bersin, dar„ batuk-batuk sedikit. Selaput lendir dari rongga mulut kelihatan merah; matanya juga merah dan sedikit bengkak dengan mengeluarkan lendir. Setelah kira-kira 4 hari demamnya menjadi tinggi dan mula-mula pada kulit dari muka dan leher keluar noda-noda merah  yang dengan cepat menjalar ke seluruh tubuhnya. Batuknya biasanya menghebat dan anaknya juga berak mencret sedikit.
Pada aklnir minggu demamnya lenyap; warna kulitnya dari merah menjadi coklat ke abu-abuan dan dalam waktu 1 minggu lagi menghilang dengan meninggalkan sisik-sisik halus, yang kemudian dapat lenyap sendiri. Hanya batuknya masih berlangsung agak lama, bahkan dalam keadaan ini anak mudah sekali ketularan penyakit-penyakit batuk lainnya, terutama batuk rejan (kinkhoest) dan TBC paru-paru..

Bila diserang penyakit dabag, bisa timbul berbagai penyakit tambahan yang memberatkan penderita (komplikasi), antara lain 

  1. Radang dari telinga dengan mengeluarkan cairan atau nanah dari lubang telinga. Obatnya : obat tes telinga Chloromycetin 3 kali sehari 3 tetes dimasukkan dalam lubang telinga, lalu ditutup dengan kapas.
  2. Radang dari kelopak mata dengan mengeluarkan banyak kotoran, sehingga matanya tertutup. Pengobatannya : Matanya dibersihkan dengan boorwater lalu diberi obat tes mata merah (tes mata Protago) atau obat mata sulfa atau salep mata terramycin (tetracyclin).
  3. Radang dari otak (ancephalitis). Komplikasi ini sangat berbahaya, tetapi syukur jarang sekali. Anaknya terus-menerus tinggi demamnya dan sering tidak sadar dan meninggal. Radang dari paru-paru (Pneumonia). Komplikasi ini disebabkan karena paru-parunya kemasukkan kuman-kuman lain di sampĂ­ngnya penyakit Dabag tadi. Demamnya terus meningkat dan batuknya bertambah berat dengan nafasnya sesak sekali. Keadaan ini agak berbahaya maka lebih baik dirawat di Rumah sakit.
PERAWATAN

Upayakanlah supaya angin segar dapat masuk ke dalam ruangan, tetapi jangan anaknya di tempat arusnya angin.
Jangan mandi, cukup dengan membersihkan badannya dengan sepotong kain yang basah-hangat.
Tidak ada pantangan perihal makanan atau minuman kecuali es dan goreng-gorengan yang keras.

PENGOBATAN DABAG Dengan Cara Timur dan Barat

Agar menghilangkan rasa gatal-gatal, badannya sering digosok dengan minyak kayu putih lalu diberi salicylnalk atau Boorsuur Talk. Matanya yang merah dapat dibersihkan dengan Boorwater atau diberi obat tes mata putih.

Untuk demamnya dapat diberi : Tablet Pyramidon, gardan. Veramon, Aspirin, APC, Naspro, Acetosal atau lain-lain obat anti panas yang sejenis.
3 kali sehari 1/2 tablet untuk umur 4-5 tahun.
3 kali sehari 1/4 tablet untuk umur 1-3 tahun. 

Untuk batuknya bisa diberi obat batuk putih atau Tym Syrop dan pada malam akan tidur ditambah dengan Codein Luminal seperti pada sakit batuk rejan. Jika ada bahaya komplikasi radang dari paruparu atau radang dari otak, baiknya selekas mungkin dirawat di Rumah Sakit. Bila terpaksa tetracyclin di samping obat-obatan lainnya. Dari obat Sulfa dapat diberi SD, SM, Tripyron, Elkosin, Zibazolataun Supronal sedang Sulfa Guanidin (SG) tidak dapat dipakai untuk komplikasi. Aturan pemakaian obat-obat ini sama seperti pada sakit Dysentri.
Pengobatan Asli.

  1. Kunir (Kunyit) sesuda diparut, lalu dicampur dengan sedikit asam kawak dan dilumaskan di seluruh tubuhnya. 
  2. Air kalapa gading yang masih muda diminumkan dengan sedikit madu tawon. Sebuah kelapa untuk cukup satu hari.
  3. Air mawar dengan madu tawon diminumkan 3 kali sehari 1 cangkir, selama masih demam.
Supaya menghilangkan batuknya dapat diberi ramuan seperti jamu pada sakit batuk Rejan atau batuk Influenza.

Baca juga: Pengobatan Encok dengan Cara Timur dan Barat

Sumber: Buku Pengobatan cara Timur dan Barat - Prof. Dr. Salim Lubis Moh. Abadi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar