Pengobatan Encok dengan Cara Timur dan Barat

Encok atau Rheumatik biasanya menyerang orang-orang tua terutama pada waktu hujan, jika hawanya dingin dan lembab. Tulangtulang, sendi-sendi dan otot-otot rasanya sakit sekali jika digerakan, dan letaknya sakit dapat berpindah-pindah.

PERAWATAN SEHARI-HARI

Upayakanlah supaya penderita tidak sampai kedinginan : berpakaian tebal. Baik sekali bisa bisa merendam semua badan dalam air panas, seperti pada tempat pemandian air umbul-hangat. Tidak boleh pergi pada waktu malam dan jangan berada di tempat arus angin.

Jangan minum es dan makan daging hewan baik dibatasi, terutama ginjal, limpa dan lain-lain bagian dalam dari hewan. Menurut pengalaman sayur kangkung dan lombok juga kurang baik bagi sakit encok.
Pada bagian tubuh yang terasa sakit tidak boleh dipijit-pijit, namun dibalut dengan kain tebal atau dikasih kompres air panas, atau disorot dengan lampu sinar merah (lampu infraphit) selama 10-15 menit dengan jarak jauhnya 1/2 meter; 2 kali sehari (pagi dan malam).

PENGOBATAN

Obat-obat untuk anti rheumatik adalah sebagi berikut : Atophan, Butapyrin, Novalgin, Phazon, Irgaphyrin, Duplopyrin dikasih 3 kali sehari 1 2 tablet sehari setelah makan; sebaiknya diminum dengan larutan soda kue, (1 sendok teh soda Kue Bicarbonas Natricus) dicampur dan dilarutkan ke dalam air minum 1 gelas).

Di samping obat ini, baik sekali jika tiap pagi sesudah bangun diberi minum 1 gelas seduhan Temu Lawak dicampur dengan sedikit asam kawak (asam lama) dan gula batu /gula jawa.

Sebagai Obat Luar Bisa Dikasih

  1. Minyak Gandapura.
  2. Akar Kelor digiling halus dengan sedikit kapur sirih.
  3. Daun Encok digiling halus dengan sedikit minyak kayu putih.
  4. Daun Kecubung digiling halus dengan jahe.
Obat luar tersebut dilumaskan/dioleskan dibagian yang sakit, kemudian dibalut dengan kain, namun jangan terlalu lama memakainya, sebab bisa menyebabkan kulit melepuh.

Ramuan Jamu Yang Dapat Diminum    

  • Daun Sembung 10 helai.
  • Cabe Jawa 2-3 butir.
Digiling halus bercampur lalu diseduh dengan air panas 1 cangkir. Sesudah disaring dan dikasih lagi gula batu secukupnya, diminumkan hangat-hangat 2 kali dalam sehari 1 cangkir.

Baca juga: Pengobatan Dabag dengan Cara Timur dan Barat

Sumber: Buku Pengobatan cara Timur dan Barat - Prof. Dr. Salim Lubis Moh. Abadi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel