Review Asus G60J: Layak Menyandang Gelar Notebooknya Para Gamer

Review Asus G60J: Layak Menyandang Gelar Notebooknya Para Gamer

Review Asus G60J: Layak Menyandang Gelar Notebooknya Para Gamer

Pada saat menguji notebook berbasis Core i7, salah satu produk yang diuji adalah Asus M60J. Meski memakai prosesor Core i7 dan kartu grafis nVidia GeForce GT240, notebook tersebut lebih cocok digolongkan sebagai notebook multimedia. Untuk segmen gaming yang bergengsi, andalan Asus yaitu notebook G60J.

Segmentasi ini langsung terlihat pada punggung notebook yang bertuliskan Republic of Gamers. Desain terasa kian garang berkat pemakaian warna biru-hitam yang dihiasi aksen api yang menyala-nyala. Uniknya, interior notebook berbobot 3,4 kg ini cenderung modis berkat penggunaan keyboard berdesain chiclet yang sedang trendi itu. Di bawah keyboard ada lampu yang menerangi setiap tombol sehingga Anda tetap leluasa mengetik di ruangan gelap sekalipun.

Baca juga: 
Review Relion Enduro T58: Hiburan Terjangkau

Asus G60J sendiri mempunyai layar berukuran 16 inci dengan resolusi 1366x768 pixel. Sebagai notebook gaming, resolusi tersebut sebenarnya agak mengecewakan. Pasalnya notebook gaming lain seperti Dell Alienware ml 5x memiliki resolusi Full-HD alias 1920x1280 pixel. Untungnya, kualitas monitor Asus G60J termasuk bagus. Sehingga, tidak mesti menyetel brightness ke posisi tertinggi saat menikmati film atau bermain game. Namun karena layar (dan casing sekitar layar) bertipe glossy, cahaya lampu begitu mudah terpantul sehingga agak menyilaukan bila di belakang kita terdapat lampu.

Penggunaan notebook ini ada sisi plus dan minusnya. Di sisi plus, desain keyboard yang bergaya chiclet berasa sangat memudahkan proses ketik-mengetik. Ditambah lagi, tiap tombol mempunyai tolakan yang pas sehingga terasa empuk sekaligus mantap saat ditekan, Namun minusnya, suara kipas yang dihasilkan terdengar cukup keras. Hanya dalam tempo 10 menit sesudah dijalankan burn-in test, kipas  berputar pada kecepatan tertinggi dan memunculkan suara yang kasat telinga.

Kipas yang menderu tersebut sepertinya memang diperlukan supaya mengademkan komponen bertenaga tinggi yang ada di dalam notebook ini. Maklum, Asus G60J memakai prosesor Intel i7-820QM yang merupakan prosesor 4 inti dengan kecepatan 1,73 GHz. Kerja prosesor tersebut dibantu memori DDR3 4 GB, kartu grafis nVidia GeForce GTX260, dan harddisk 1 TB. Kombinasi ini membuat Asus G60J mengungguli Alienware ml 5x di pengujian berbasis prosesor (seperti Sysmark 2007 dan konversi video). Untuk pengujian berbasis gaming, Asus tertinggal namun dengan selisih yang tipis. 


Buka Komentar