Review Motorola Milestone: Puncak Kenyamanan

Review Motorola Milestone: Puncak Kenyamanan

Review Motorola Milestone: Puncak Kenyamanan

Motorola Milestone: Puncak Kenyamanan. Layar lega, koneksi data yang cepat dan stabil merupakan jaminan kenyamanan berinternet dari ponsel ini.

Kokoh, mantap, dan kompak. ltulah kesan mendalam dari ponsel bergaya side-slider ini. Bayangkan, bobotnya yang 165 gram "hanya" dikemas pada ukuran 11,6 x 6 x 1,4 cm. Bandingkan dengan Nokia N97 yang lebih panjang dan tebal tapi mempunyai bobot 150 gram saja.


Kesan mantap juga dirasakan pada saat mendorong dan mengungkap keyboard QWERTY. Namun perlu dicatat jika form factor-nya tidak full slider; Milestone hanya menggeser 1/2 bidang bawah saja. Konsep ini dari beberapa pengalaman selalu kurang bagus karena akan berdampak pada ruang QWERTY yang tidak maksimal. Oleh sebab itu, mesti puas dengan layout QWERTY yang sempit serta jarak antar tombol yang berdempetan.


Baca juga: Review Jetway Ecomo EM100G

Untungnya Milestone mempunyai keyboard virtual yang nyaman. Di sinilah letak kenyamanan mengetik itu diperoleh. Layarnya yang luas (3,7 inci) berjenis kapasitif yang mempunyai sensitivitas tinggi. Anda tidak usah menekan, namun cukup menyentuh ringan dan biarkan Milestone meresponnya seketika itu. Secara keseluruhan kinerja layar sentuh Milestone sudah sangat dapat diandalkan. Mengandalkan proses ARM Cortex berkekuatan 550 MHz seda OS Android 2.0 yang sudah mengalami banyak penyempurnaan, Milestone terasa gegas pada saat digunakan. Walau begitu, masih juga mendapati beberapa bug. Contohnya aktivasi email Yahoo yang gagal dan setting SMS Centre yang mesti dilakukan secara manual.


Di luar itu semua, Android 2.0 seperti yang dirasakan pada Milestone sudah cukup layak menempati level B+ alias telah sangat baik. Versi Android yang dikenal dengan Eclair ini mempunyai struktur ikonik yang sangat baik untuk menerima sentuhan jari, sementara kemampuan multitasking yang selama ini diragukan ternyata berjalan sempurna.


Namun tak dapat dipungkiri, pada beberapa kasus OS Android ini sedikit banyak sudah mengikuti jejak iPhone. Misalnya dengan menyediakan sedikit aplikasi pre-intsall dan menggantinya dengan pasar aplikasi online. Jika di iPhone dikenal Apple Store, di Android hadir Android Market. Konon ada lebih 20 ribu aplikasi di pasar Android ini.


Namun, yang paling disukai dari ponsel ini adalah kemampuannya dalam berinteraksi dengan dunia maya. Sejatinya feature internet inilah yang paling digemborkan oleh Google (pembuat Android) selama ini. Melalui Milestone ini janji mereka ternyata benar. Tidak hanya aplikasi browser yang ringan, tidak cuman koneksi internetnya yang stabil, dan tidak cuman kontrol multi sentuhnya yang lancar. Di Android Anda akan menemukan begitu melimpahnya aplikasi yang akan selalu berhubungan dengan dunia maya. Jadi, Milestone ini lebih afdol bila dipersenjatai kartu akses internet unlimited. 

Sumber InfoKomputer

Baca juga: Review Relion Enduro T58: Hiburan Terjangkau
Buka Komentar