Review Zyrex Sky 171: Inilah Netbook Dengan Bobot Ringan

Review Zyrex Sky 171: Inilah Netbook Dengan Bobot Ringan

Review Zyrex Sky 171: Inilah Netbook Dengan Bobot Ringan

Tengok saja netbook Zyrex Sky 1716. Ketika petama kali mengangkatnya, bobotnya terasa agak lebih ringan. Ternyata waktu ditimbang, bebannya hanya 1,042 kg saja. Dari beratnya netbook yang ini, memang kalah dari Sony Vaio seri X (0,726 kg) pada bandingan keringanan sebuah netbook. Namun, rata-rata bobot netbook lainnya lebih dari 1,1 kg.

Daya tarik Sky 1716 tidak cuman terhenti pada sisi bobot. Saat melihat bodinya pun akan cukup terpesona. Bagian punggung berlapis bahan glossy hitam menjadikan kesan elegan tersampir di netbook ini. Namun konsekuensinya, pilihan desain semacam ini mengundang tempelan debu dan sidik jari. Untung bagian dalamnya yang berwarna putih memakai lapisan doff sehingga lebih tahan dari kerusakan akibat kotoran.

Baca juga: 
Review Asus G60J: Layak Menyandang Gelar Notebooknya Para Gamer

Perhatian bagian selanjutnya berpindah kepada panel keyboard yang bergaya chiclet. Setiap tuts berdiri individual, dipisahkan celah selebar 2 mm. Konfigurasi ini memang berefek dimensi tuts yang agak kecil (14 x 13 mm) dan cukup mendorong kecepatan mengetik. Di luar hal itu, keputusan Zyrex mengaplikasikan desain chiclet pada Sky 1716 tetap patut diacungi jempol. Untuk touchpad, pemakaiannya lebih nyaman dibanding Jetway Ecomo. Begitu juga tombol klik kiri dan kanannya yang lebih lembut.

Sekedar informasi, 1716 merupakan tipe kedua dari jajaran netbook Zyrex Sky Series, Dalam peluncuran perdana, Zyrex pernah meluncurkan tipe 1812, berkekuatan Intel Atom N280 1,66 GHz dan memori 1 GB DDR2 800 MHz. Sebagai "adik", Sky 1716 mempunyai komponen sedikit lebih rendah. Terlihat dari prosesor Intel Atom N270 1,6 GHz dan memori 1 GB DDR2 dengan kecepatan 667 MHz saja. Tipe ini juga belum disertai sistem operasi bawaan. Wajar bila Zyrex membandrol Sky 1716 seharga Rp3.199.000, selisih 800 ribu rupiah dengan sang "kakak” .

Dengan spesifikasi tersebut, netbook ini secara keseluruhan bisa menampilkan performa rata-rata. Tidak istimewa, tapi juga tidak buruk bila dinilai. Daya tahan Sky 1716 juga tergolong awet dan dapat bertahan sampai 3 jam. Namun, bagian bawahnya cepat panas, ini yang menyebabkan kurang nyaman bila dioperasikan di pangkuan. 


Sumber InfoKomputer

Baca juga: Review Relion Enduro T58: Hiburan Terjangkau
Buka Komentar