Tips Memaksimalkan SEO di Blogger (Bag. 1)

Tips Memaksimalkan SEO di Blogger (Bag. 1)

Tips Memaksimalkan SEO di Blogger (Bag. 1)

Jika Anda menggunakan platform WordPress, mungkin Anda tidak akan kesulitan untuk memaksimalkan SEO blog Anda. Ada banyak sekali plugin SEO yang bisa digunakan secara gratis di WordPress, salah satunya adalah Yoast SEO. Hal itu yang sulit ditiru oleh para pengguna platform Blogger. Namun, tentunya masih ada cara untuk memaksimalkan SEO di Blogger.

Siapa blogger yang tidak ingin trafik blognya meningkat? Semua pasti bermimpi mendapatkan trafik tinggi dan bisa menghasilkan uang dari blog lewat iklan. Nah, memaksimalkan SEO di Blogger menjadi salah satu solusinya dan berikut tips-tipsnya.

cara memaksimalkan seo di blogger


Memaksimalkan SEO di Blogger

#1. RSS

Blogger menyediakan fitur RSS feed untuk memudahkan pembaca berlangganan artikel blog Anda melalui email. Akan tetapi, ternyata RSS feed juga bisa berdampak buruk pada SEO blog. Pasalnya, sekarang ini banyak blogger baru yang malas menulis konten dan akhirnya sering mencuri konten dari blog lain. Adapun fitur yang mereka gunakan adalah fitur RSS feed, yang mana mereka tidak perlu susah payah menekan CTRL+C dan CTRL+V.

Tetapi masalah tersebut bisa Anda atasi dengan mengatur RSS Feed di Blogger. Masuk ke menu “Setelan” di dasbor, lalu klik “Lainnya”. Perhatikan pada “Umpan Situs” lalu pilih opsi “Singkat” pada bagian “Izinkan Umpan Blog”.


Opsi ini sebenarnya kurang disukai oleh pengunjung yang berlangganan artikel blog Anda, tetapi bagus untuk menghindari pencurian artikel yang menyebabkan terjadinya duplikat artikel.

#2. Tag Meta Deskripsi

Fitur tag meta deskripsi ini sebenarnya sudah ada di Blogger sejak tahun 2012, tetapi beberapa pengguna mungkin masih ada yang belum tahu cara mengaktifkannya. Caranya sangat mudah, Anda cukup klik menu “Setelan” di dasbor lalu klik submenu “Preferensi Penelusuran”. Pada bagian tag meta klik “Edit” dan aktifkan deskripsi penelusuran. Lalu tinggal Anda masukkan deskripsi seperti apa yang Anda inginkan. Jangan lupa klik “Simpan”.


#3. Pengalihan khusus

Pengalihan khusus akan sangat berguna dalam situasi-situasi tertentu. Fungsinya adalah mengarahkan halaman 404 dari blog Anda menuju ke halaman yang benar. Ini bisa saja terjadi ketika Anda menaruh backlink dengan URL yang salah.

Misal seharusnya URL yang benar adalah: https://bacanulis.com/contoh-artikel.html tetapi Anda salah menulisnya menjadi https://bacanulis.com/contoh-postingan.html.

Untuk membuat URL yang salah tetap menuju artikel yang benar, maka atur pengalihan khusus di menu “Setelan” > “Preferensi penelusuran”. Edit bagian “Pengalihan Khusus”, lalu isikan URL yang salah (dari) menuju URL yang benar (kepada). Jangan lupa centang permanen lalu simpan perubahan.

#4. Custom Permalink

Tautan permanen atau permalink artikel yang Anda posting di blog bisa diganti dengan fitur custom permalink. Biasanya fitur ini digunakan untuk menembak kata kunci panjang alias long tail keyword.

Aturannya adalah permalink hanya dibatasi sampai 6 kata saja yang diambil dari judul. Namun dengan menggunakan fitur custom permalink, Anda bisa membuat permalink yang lebih panjang.


Caranya, saat Anda membuat artikel baru, klik “Tautan Permanen” di kolom sebelah kanan layar. Lalu pilih opsi “Tautan Permanen khusus” dan tuliskan permalink panjang yang Anda inginkan.

Itu tadi baru beberapa penjelasan mengenai cara memaksimalkan SEO di Blogger, masih ada beberapa cara lagi yang akan kita bahas di bagian kedua. Intinya Anda harus sangat cermat memerhatikan setiap detail jika ingin membuat SEO di blog Blogger Anda bekerja dengan baik. Selamat mencoba.
Buka Komentar