Tips Memaksimalkan SEO di Blogger (Bag. 2)

Tips Memaksimalkan SEO di Blogger (Bag. 2)

Tips Memaksimalkan SEO di Blogger (Bag. 2)

Artikel dan template merupakan bagian yang sangat penting dalam cara memaksimalkan SEO di Blogger. Bahkan bisa dibilang kedua poin tersebut adalah ujung tombak blog Anda, karena pasti akan jadi hal yang dinilai paling awal oleh para pengunjung blog. Jika artikelnya menarik dan template-nya ringan, mungkin pengunjung akan melakukan kunjungan ulang di lain hari. Dengan begitu, mesin pencari akan memberi nilai plus untuk blog Anda.

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang beberapa cara memaksimalkan SEO di Blogger. Jika Anda belum membacanya, silakan baca dulu di sini. Namun, jika hasilnya ingin lebih maksimal lagi, maka masih ada beberapa hal yang mesti Anda kerjakan. Di antaranya adalah membuat konten artikel yang SEO friendly dan mengatur template blog Anda. Berikut ulasan selengkapnya.

memaksimalkan seo di blogger

Memaksimalkan SEO di Blogger

#5. Tag Meta Robot

Fungsi tag meta robot ini adalah untuk memisahkan antara halaman yang tidak boleh diindex dan yang boleh. Selain itu dalam pengaturan ini juga terdapat beberapa perintah lain.

Dalam penulisan konten artikel, tag meta robot bermanfaat untuk mengatasi terjadinya duplikat konten. Untuk mengaturnya Anda bisa masuk ke menu “Setelan” > “Perferensi Penelusuran” > klik tag header robot khusus. Kemudian buat pengaturan seperti gambar berikut ini:

memaksimalkan seo di blogger

#6. Keyword/Kata Kunci

Pilih kata kunci yang tepat untuk setiap artikel baru yang ingin Anda tulis. Perlu Anda ketahui bahwa persaingan kata kunci di mesin pencari sangatlah ketat. Maka dari itu Anda mungkin memerlukan bantuan tool keyword planner atau sejenisnya supaya menemukan keyword yang sedikit persaingannya namun banyak dicari.

Bagaimana cara penerapan kata kunci yang tepat untuk artikel mungkin akan kita bahas pada artikel yang lain. Namun secara garis besar, kata kunci harus muncul di beberapa tempat pada artikel seperti judul, paragraf pertama, subjudul, dan di paragraf terakhir.

#7. Tag Meta Deskripsi Artikel

Jika di artikel sebelumnya dijelaskan harus mengatur tag meta deskripsi blog, saat menulis artikel baru pun Anda harus mengatur tag meta deskripsi artikel. Deskripsi memang bisa muncul otomatis, tetapi Anda juga bisa mengaturnya secara manual dengan mengklik “Deskripsi Penelusuran” di sebelah kanan. Ini bertujuan supaya setiap artikel di blog Anda memiliki meta deskripsi yang bervariasi.


#8. SEO untuk Gambar

Ada fitur lain yang juga sangat memudahkan Anda untuk memaksimalkan SEO di Blogger tanpa harus membuka HTML, yakni atribut “alt” dan “title” otomatis saat menambahkan gambar di artikel.

Klik gambar, lalu klik “Properties”. Atribut “title” berguna untuk menyisipkan judul gambar, biasanya akan muncul saat gambar disorot dengan kursor. Sedangkan atribut “alt” adalah tempat untuk menyisipkan keyword atau kata kunci yang Anda tembak. Berikut contohnya:


#9. Template

Hal terakhir yang perlu Anda optimasi adalah template. Bijaklah dalam memilih template Blogger, karena ini dapat memengaruhi nilai SEO Anda di mata mesin pencari bahkan di mata pengunjung. Pilihlah template yang eye catching, namun ringan dan mobile friendly. Saat ini sudah banyak yang menyediakan template blogger SEO friendly gratis, jadi Anda bisa mengunduhnya dengan mudah di internet.


Sampai di sini dulu penjelasan tentang cara memaksimalkan SEO di Blogger bagian kedua. Memaksimalkan SEO di platform Blogger memang butuh kecermatan, sebab kita tidak bisa menggunakan plugin khusus seperti yang tersedia di platform WordPress. Namun kelebihan Blogger adalah kita bisa menggunakannya secara gratis.
Buka Komentar