Tujuan Dasar Akuntansi dan Laporan Keuangan

Perumusan tujuan, konsep, dan struktur teori akuntansi itu, menjadi isu yang menarik dan unik, karcna telah terjadi perbedaan persepsi yang kontrolversial dalam memahami dan menyikapinya. yaitu : apakah dalam teori itu adalah untuk menjelaskan dan meramalkan variabel yang diteorikan, atau untuk merespon fenomena tertentu. Kalau, jawabannya adalah untuk menetapkan tujuan konseptual bukan tujuan operasional, dalam hal ini masih bisa diterima. Namun, masalahnya tidak hanya itu, melainkan banyak faktor yang inheren, antara lain domainnya, asumsi atau konsep dasar, serta strukturnya, harus disepakati terlebih dahz!u, yang biasanya perlu rentang waktu yang cukup lama untuk mencapai konsensus keilmuan.

Sekalipun demrkian, keanekaragaman ide dasar itu, adalah manifestasi dari pengembangan pemikiran yang bisa melahirkan konsep-konsep tertentu, baik berasal dari gagasan orisinal maupun dari khasanah yang telah tersedia. Dengan perkataan lain, akuntansi itu berada dalam proses akumulasi pengetahuan dalam rangka menemukan paradigma baru untuk pengembangan lebih lanjut. Kondisi yang demikian, masih dalam batas "normal science".

AICPA melalui APB dalam statemen No. 4 yaitu "Basic Concepts and Accounting Principles Underlying Financial Statement of Business Enterprises" tahun 1970, telah memberikan acuan guna mengekspresikan dan mengembangkan akuntansi keuangan dengan maksud untuk meningkatkan manfaat atau kegunaan laporan keuangan.

Statemen tersebut, mempunyai dua tujuan yang pertama untuk kepentingan pendidikan, kedua untuk pengembangan. Dengan perkataan lain, dimaksudkan untuk (l) menyajikan makna dasar yang secara fundamental menjadi cakupan akuntansi keuangan, (2) menyajikan pedoman sebagai dasar pengembanga.". akuntaasi keuangan pada masa yang akan datang. Statemen itu, mengutamakan pendekatan deskriptif daripada preskriptif dimana mengindentifikasi dan mengorganisasikan ideide dasarnya, dimana sebagian dari gagasan itu telah diterima umum.
Sehubungan dengan itu, rumusan tujuan akuntansi keuangan dan laporan keuangan, menurut APB dalam statemennya no. 4 dikemukakan sebagai berikut : Tujuan dasar

Tujuan dasar ( basic purpose ) akuntansi dan laporan keuangan, adalah untuk menyajikan informasi keuangan yang bersifat kuantitatif dari entitas usaha, yang berguna bagi para pemilik dan kreditor sebagai dasar pengambilan keputusan ekonomi.

Dalam tujuan itu, termasuk pcnyajian informasi yang dapat digunakan untuk mengevaluasi keefektifan manajcmcn dalarn mengelola perusahaan yang dipercayakan kepadanya, serta tanggungjawab manajcrial lainnya.
Untuk mencapai tujuan dasar tersebut, informasi akuntansi keuangan harus teruji kesesuaiannya dengan :

  1. Tujuan Utama ( particular objectives )
  2. Tujuan Umum ( general objectives ), dan
  3. Tujuan Kualitatif( qualitative objectives )

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel