4 Perkataan Yang Harus Dibiasakan Kepada Anak

4 Perkataan Yang Harus Dibiasakan Kepada Anak

4 Perkataan Yang Harus Dibiasakan Kepada Anak

4 Perkataan Yang Harus Dibiasakan Kepada Anak
Bagi seorang anak, paling suka meniru. Oleh karenanya, perlu adanya orang-orang disekitarannya, baik itu keluarga maupun masyarakat yang ada di lingkungan dimana ia tinggal, yang patut untuk di contoh. Dimulai sejak anak-anaklah harus diberikan asupan nilai-nilai keteladan yang baik, sehingga menempah dirinya dalam kebiasaan hidup yang baik pula.

Bila akhlak dan prilaku yang selalu dipertunjukkan kepada si anak bernilai positif, maka ia pun akan meniru hal tersebut, sehingga berdampak positif pula pada perkembangan si anak tersebut. Sebaliknya pula, akhlak buruk yang ditiru, akan menjadikannya terbiasa untuk melakukan hal-ha negatif. Dan ini menjadi fatal, jika ia sudah terlanjur melekat menjadi kebiasaan sejak dini. Hal itu akan membentuk kepribadian seorang anak tersebut menjadi buruk.


Bagi orang tua, ini bukanlah tugas yang mudah dan juga jangan dijadikan sebagai sebuah beban yang berat. Hadapi saja dengan santai, sambil terus pelajari aktivitas anak. Waktu yang berjalan akan menumbuh kembangkan jasmaninya, tapi jangan sampai tertinggal juga untuk menumbuh kembangkan akhklak yang baik di dalam dirinya. 

Perlunya, pembiasaan yang dilakukan orang tua yang mampu dijadikan sebagai contoh yang baik, sehingga akan ditiru oleh si anak. Nah, ini akan membentuk karakternya di masa depan yang ber-akhlakul karimah. 

Banyak cara dan banyak metode yang bisa dilakukan, terkhusus orang tua untuk membiasakan prilaku yang baik kepada si anak. Dari sekian banyaknya rentetan aktivitas si anak tersebut, setidaknya ada sedikit tips terkait dengan kebiasaaan yang perlu ditanamkan kepada si anak.

Berikut ini 4 perkataan yang harus dibiasakan kepada si anak dalam aktivitas kesehariannya;

1. Minta Izin

Walau nampaknya sederhana, tapi ini akan ber-efek luar biasa. Membiasakan seorang anak untuk selalu meminta izin, misalnya ketika meminjam barang. Jika ini menjadi kebiasaannya, maka akan tertanam di dalam diri si anak, bahwa setiap menginginkan sesuatu barang, ia tidak langsung main comot atau main ambil saja, tapi meminta izin terlebih dahulu. 

Rasa segan dan malu, semakin lama akan semakin menguat jika ia mengambil barang milik orang tanpa izin terlebih dahulu. Hal ini tentu harus dibiasakan sejak seseorang itu anak-anak.

2. Minta Maaf

Mudah memaafkan dan meminta maaf ini, merupakan anugerah kebaikan yang sangat jarang dimiliki oleh setiap orang. Mendengarnya begitu mudah, tapi dalam prakteknya yang sulit di terapkan, apalagi yang sudah tua, biasanya lebih susah memaafkan dan lebih mementingkan egonya sendiri. 

Ini menjadi penting untuk menciptakan generani yang penuh damai, yang tentu hal baik ini harus di tanamkan kepada seorang anak sejak dini. Sehingga, ia tidak akan pernah gengsi untuk meminta maaf ketika salah dan juga mudah memaafkan jika orang lain bersalah padanya. 

3. Tolong

Gengsi dan gaya hidup yang sok tinggi ketimbang orang lain, ini salah satu penyakit hati. Oleh karenanya jangan lagi terjangkit kepada anak-anak kita. Biasakanlah mereka untuk tidak segan meminta bantuan atau pertolongan. Ini juga akan menyadarkan pada diri si anak, bahwa hidup ini tidak bisa sendiri, hidup ini butuh bantuan orang lain. Sehingga, si anak selalu bisa menghargai orang lain, siapa pun dan bagaimana pun kehidupannya.

4. Terima Kasih

Bantuan sekecil apapun itu merupakan kebaikan, sehingga sekecil-kecilnya balasan adalah dengan ucapan Terima Kasih. Baik itu, kepada di pemberi pertolongan dan terlebih kepada sang Khaliq. Ucapan ini akan membawa kepada kesyukuran yang mendalam, bahwa selalu ada kebaikan yang didapat.


Bagi seorang anak yang terbiasa selepas dibantu, kemudian mengucapkan "Terima Kasih", maka ini membiasakan untuk membalas kebaikan orang lain sekecil apapun itu, walau sekedar dengan ucapkan. Yang inipun sudah cukup menyenangkan hati yang memberi bantuan.
Buka Komentar