5 Trik Menemukan Ide Bisnis Yang Cocok Untuk Ditekuni

5 Trik Menemukan Ide Bisnis Yang Cocok Untuk Ditekuni

5 Trik Menemukan Ide Bisnis Yang Cocok Untuk Ditekuni

5 Trik Menemukan Ide Bisnis
Tengah bingung, mencari ide untuk memulai usaha? Pastinya tidak mudah menemukannya? Secara Anda tahu persaingan dalam bidang bisnis, memang sesuatu tak bisa dihindari. Betapapun sempurna produk yang kita usung, tetap sama saja, seorang pengusaha tetap dituntut untuk selalu berkerja keras mengembangkan pemasarannya.

Baca juga: Bingung Mau Usaha Apa? Coba Ide Bisnis Yang Lagi Tren Ini! Dijamin Disukai Orang!

Tahukah Anda, bahwa sesungguhnya ide bisnis itu dapat didapatkan melalui cara yang sangat sederhana. Asal Anda bersedia meluangkan waktu sedikit, berpikir jernih pasti akan muncul dengan sendirinya di otak. Tak percaya? Silakan simak triknya!

1. Mencatat semua 

Yang dimaksud di sini mencatat semua, yaitu menulis apa yang ada di pikiran pada saat itu dan di masa lalu. Tentang keinginan hati yang dulu pernah begitu Anda idamkan dijadikan bisnis, namun belum pernah terbukti hingga sekarang. Meski sangat banyak yang diinginkan, tak masalah! Catat saja.

Cara pertama ini merupakan pintu gerbang Anda, dalam memancing ingatan dan juga pikiran segar mengenai ide bisnis. Hindari perasaan malu dan tidak percaya diri, sebab Anda tahu itu mustahil bisa dilaksanakan. Tapi peliharalah sikap optimis dapat mencapainya.

2. Siap Mengeksekusi 

Setelah semua dicatat, maka langkah selanjutnya ialah mengeksekusi. Kerjakan satu persatu, mulai dari yang paling mudah dieksekusi, sesuai ketersediaan dana yang dimiliki. Takut?

Seorang pebisnis dilarang takut, harus berani berspekulasi. Memikirkan untung rugi? Akan ada masanya, Anda memperoleh keberhasilan yakni pada saat mampu melewati kegagalan.

Terdengar ngeri? Tidak perlu ketakutan sedemikian rupa begitu. Memang merintis jalan bisnis, tak segampang yang orang kira.

3. Pilih Yang Paling Nyaman 

Di antara kesekian ide yang ditulis, pilihlah yang paling merasa nyaman guna ditekuni. Bila perlu, usahakan yang sesuai dengan hobi. Sebab ketika sebuah profesi atau bisnis dikerjakan mengikuti kesenangan, maka sudah bukan passion lagi yang didapatkan, lebih dari itu.

Ketenangan, kenyamanan hingga kecintaan yang ada. Melahirkan sebuah energi, yang tiada pernah habisnya dalam berkerja. Jadi cari dan temukan bakat Anda, lalu pastikan semua dilaksanakan secara sungguh-sungguh.

4. Tinggalkan Bila Sulit

Hidup memang pilihan, sama halnya saat menjatuhkan sebuah pilihan dalam memulai usaha. Jika menemukan sebuah ide begitu sangat sulit diwujudkan, tinggalkan! Jangan menghabiskan waktu, pada sesuatu yang dirasa tidak mungkin terjadi.

Kerjakan apa yang menurut Anda mudah, mempunyai prospek masa depan cerah. Temukan yang belum banyak pesaingnya, dan kalau bisa miliki skill unik, agar produk tak mudah ditiru oleh orang lain. Serta rajinlah melakukan inovasi setiap waktu.

5. Fokus 

Menjadi bagian terakhir pada artikel ini, yaitu fokus! Tidak goyah pendirian, kala sudah menemukan ide bisnis yang benar-benar cocok. Jangan terpengaruh pada apapun.

Berpikir dan bersikap teguh pada pendirian. Ini akan membuat kesuksesan semakin mudah didapatkan. Serta terus berkerja keras dan berusaha.

Baca juga: Bisnis Kekinian yang Menarik untuk Digeluti

Faktanya, berbisnis itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Di samping 4 poin di atas, ada lagi. Yakni kekuatan doa! Tetap berserah diri dan mendekatkan diri kepada yang kuasa, akan membuat hati merasa tenang. Bahwa rejeki telah ada yang mengatur, tapi sebagai manusia tetap diwajibkan untuk selalu berusaha.

Demikian tips yang bisa dibagikan pada edisi kali. Mungkin tulisan tersebut kurang sempurna di mata para pakar ekonomi. Akan tetapi kurang lebihnya, hanya bermaksud menyumbangkan ide kebaikan bagi yang sedang membutuhkan.
Buka Komentar