Begini Cara Hapus Aplikasi Bawaan Android Secara Permanen

Begini Cara Hapus Aplikasi Bawaan Android Secara Permanen

Begini Cara Hapus Aplikasi Bawaan Android Secara Permanen

aplikasi bawaan android
Bagi kebanyakan orang, memiliki smartphone android menjadi pilihan favorit ketimbang smartphone dengan sistem operasi lainnya. Sebab, perangkat android memiliki lebih banyak peminat akibat melesatnya perkembangan di sektor aplikasi-aplikasinya.

Android sendiri merupakan gadget dengan kemajuan aplikasi terbaik daripada sistem lainnya. Oleh karena itulah yang kemudian membuat aplikasi android dan smartphone android menjadi pilihan utama.

Setiap android tertentu selalu menghadirkan aplikasi-aplikasi bawaan sebagai fitur utamanya, seperti pesan, telepon, browser, dan sebagainya. Sayangnya, tidak sedikit smartphone android yang terkadang menyematkan aplikasi bawaan dalam jumlah yang bisa dibilang lumayan banyak, seperti vendor Samsung misalnya. Akibatnya, banyak pengguna yang mengeluhkan, sehingga mereka berpikir untuk menghapus aplikasi bawaan yang sekiranya tidak penting.

Bukan berarti pengguna tidak menyukai aplikasi bawaan, kadangkala banyaknya aplikasi bawaan yang terinstall justru membuat ruang penyimpanan di smartphone android berkurang, sehingga dapat menyebabkan kinerja android melambat.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya tak lain adalah menghapus aplikasi bawaan tersebut. Pasalnya, ruang penyimpanan yang digunakan aplikasi bawaan dapat dimanfaatkan untuk aplikasi-aplikasi lain (hasil download) yang lebih bermanfaat, seperti aplikasi sosial media dan sebagainya.
Namun, hal demikian bukanlah menjadi masalah jika android yang kita miliki memang memiliki kapasitas penyimpanan baik RAM ataupun ROM yang besar. Mau sebanyak apapun aplikasi bawaan yang terinstall, tentu tidak menghambat kinerja smartphone.

Adapun untuk menghapus aplikasi-aplikasi bawaan pabrik di android, anda dapat melakukannya dengan cara di bawah ini.

  1. Cara pertama untuk menghapusnya, kita membutuhkan aplikasi pihak ketiga sebagai prasarananya, yaitu CCleaner yang dapat anda downlod di Google Play Store.
  2. Setelah download selesai, kemudian install dan buka aplikasi CCleaner di android anda.
  3. Di laman pertama aplikasi CCleaner, silahkan tap tiga garis (opsi) yang terdapat di bagian pojok kiri atas layar. Setelah itu akan muncul beberapa opsi, silahkan pilih App Manager.
  4. Setelah itu, pilih tab bernama System dan akan muncul sebuah icon tong sampah, kliklah icon tersebut.
  5. Ketika muncul sebuah peringatan yang intinya akan menyebabkan resiko bermasalah, tekan saja 'continue'. (Hal ini akan menyebabkan resiko kerusakan terhadap android, namun tidak menutup kemungkinan trik ini akan berhasil).
  6. Kemudian, silahkan anda pilih aplikasi mana saja yang akan dihapus dari perangkat android (termasuk aplikasi yang anda download).
  7. Selanjutnya, tap uninstall. Pada saat bersamaan akan muncul peringatan kembali mengenai penghapusan terhadap aplikasi, jika anda yakin lanjutkan saja dengan mengeklik uninstall.
  8. Setelah proses penghapusan selesai,maka secara otomatis aplikasiyang anda pilih akan hilang dari menu. Selesai. Untuk menginstal kembali (memulihkan seperti semula), anda tidak dapat mendownloadnya di play storeaplikasi-aplikasi bawaan yang telah dihapus, kecuali dengan cara flash.

Demikianlah cara yang dapat anda lakukan jika ingin menghapus aplikasi bawaan di android. Namun sebelum itu, mungkin anda harus mempertimbangkannya kembali, sebab dengan menghapus atau menghilangkan aplikasi asli dari pabriknya dapat menimbulkan bug.

Permasalahan yang terjadi di bug berbeda-beda, jika terlalu parah maka solusi yang hanya bisa dilakukan adalah denganmemflashkan android anda, agar bisa kembali seperti bawaan dari pabrik (semula).

Baca juga: Cara Backup dan Menyimpan Data Aplikasi di Android

Sebenarnya tutorial tersebut bukan satu-satunya cara. Jika android anda telah diroot, maka anda dapat menghapusnya dengan menggunakan aplikasi Root Explorer. Kelebihan dari cara kedua ini sendiri, anda dapat menyalin terlebih dahulu aplikasi bawaan yang ingin di hapus. Sehingga suatu saat jika anda membutuhkan, anda tinggal menginstalnya kembali.
Buka Komentar