Begini Cara Menjalankan Aplikasi Android di Laptop

Begini Cara Menjalankan Aplikasi Android di Laptop

Begini Cara Menjalankan Aplikasi Android di Laptop

cara menjalankan aplikasi bluestack
Mendengar istilah 'Android' tentu hampir semua orang mengetahui, atau bahkan memiliki perangkat mobile yang satu ini. Ya, seperti yang diketahui bersama, android merupakan perangkat smartphone yang saat ini menjadi rajanya gadget HP. Bahkan hampir di semua pasaran smartphone, androidlah yang paling banyak dicari.

Berbicara tentang Android tentu sangat identik dengan aplikasi-aplikasinya. Kita mengenal 'Google Play Store' yang merupakan rumahnya aplikasi android mobile, yang mana di dalamnya memuat jutaan aplikasi berbasis android yang dapat kita download secara gratis.

Menariknya, perkembangan teknologi digital berbasis aplikasi smartphone yang paling berpengaruh saat ini adalah aplikasi android. Oleh karena itulah yang kemudian membuat android menjadi vendor paling digemari oleh pengguna smartphone karena kemajuan aplikasinya.

Sederhana saja, aplikasi sosial media seperti WhatsApp misalnya, aplikasi ini menjadi trending untuk saat ini, karena hampir semua pengguna smartphone android menginstalnya. Untuk dapat menggunakan aplikasi WhatsApp sendiri seseorang harus memiliki android, kecuali versi web yang dapat dibuka di browser manapun, termasuk gadget berupa laptop.

Sayangnya, aplikasi yang diciptakan memang diperuntukkan untuk smartphone android. Namun tidak menutup kemungkinan jika kita pun dapat menjalankan program aplikasi android melalui gadget laptop.

Ya, seiring dengan perkembangan teknologi, keterbatasan akan pengaruh digitalisasi sangatlah sempit, bahkan terbilang cukup kecil. Maka tidak heran jika hanya sekedar aplikasi android pun dapat dijalankan di laptop.

Berdasarkan kebutuhan pengguna yang merasa ingin memiliki aplikasi android di laptop, ada saja cara yang dapat dilakukan. Seperti cara berikut ini, mengenai software bernama 'Bluestack', sebuah aplikasi pihak ketiga yang dapat menjalankan program aplikasi android di perangkat komputer/laptop.

Bluestack sendiri sebenarnya sudah dikenal sejak lama. Tidak sedikit pula pengguna laptop yang telah mencoba software satu ini di laptop mereka. Hasilnya? Tentu sesuai dengan apa yang diharapkan.

Berikut akan dipaparkan cara menginstal dan menjalankan software bernama 'Bluestack' di laptop.

  1. Tentu saja hal pertama yang harus dilakukan adalah menginstal software bluestack di laptop. Adapun Anda dapat mendownloadnya di situs resmi www.bluestaks.com, baik untuk windows atau Mac.
  2. Setelah terdownload silahkan install dengan mengklik 'continue' dilanjutkan dengan 'install'.
  3. Proses instalasi bluestack memang agak lama, jadi jangan khawatir jika bluestack tidak dapat diinstall di laptop anda. Tunggu sampai prosesnya selesai, dan setelah itu buka software bluestack.
  4. Anda akan diarahkan ke tampilan 'interface bluestack' untuk mencari aplikasi android yang ingin anda jalankan.
  5. Seperti halnya android, untuk mendapatkan aplikasi anda harus mendownloadnya di play store yang telah tersedia di bluestack. Selain itu, anda juga harus memasukkan akun Gmail agar dapat masuk ke play store tersebut.
  6. Silahkan anda cari dan download aplikasi android yang diinginkan di tersedia play store. 

Demikianlah cara yang dapat anda lakukan untuk menjalankan aplikasi berbasis android di perangkat laptop.

Sebagai catatan, aplikasi bluestack ini layaknya software virtual android, yang mana dalam penggunaan terhadap aplikasi, anda harus menggunakan touchpad/mouse sebagai kursornya.

Baca juga: Cara Backup dan Menyimpan Data Aplikasi di Android

Adapun catatan pentingnya, sebelum anda menjajal software ini, alangkah baiknya jika anda mengecek spesifikasi laptop. Bluestack merupakan software yang agak berat, jadi membutuhkan spesifikasi laptop yang mumpuni. Sedangkan yang pernah dicoba di sini adalah menggunakan laptop dengan spesifikasi Intel core i3, minimal windows 7, dan RAM sebesar 4 GB, serta tingkat grafis yang bagus.
Buka Komentar