Bingung Mending PC Desktop atau Laptop? Begini Ulasannya

Bingung Mending PC Desktop atau Laptop? Begini Ulasannya

Bingung Mending PC Desktop atau Laptop? Begini Ulasannya

Di era saat ini, perangkat komputer menjadi barang yang tidak bisa lepas dari kebutuhan manusia. Teknologi yang satu ini bukan hanya berguna dalam hal menunjang pekerjaan, bahkan anak-anak dan remaja zaman sekarang pun kadang telah mulai membutuhkan perangkat komputer, khususnya bagi mereka yang tengah menempuh pendidikan.


Memang sejak lama teknologi berbasis komputer menjadi perangkat paling banyak digunakan. Hal demikian sejalan dengan perkembangan digital yang dipengaruhi oleh keberadaan teknologi komputer. Digital sendiri sampai sekarang masih terus dikembangkan, mengingat efisiensi yang dihasilkannya berpotensi tinggi.

Jadi bukanlah sesuatu yang aneh, jika kebutuhan saat ini kadang-kadang bertumpu pada sektor teknologi komputer. Hal demikianlah yang membuat komputer secara aktif juga menjadi bagian dari aktifitas manusia.
Berbicara mengenai komputer sendiri, sudah tidak asing di telinga kita, karena hampir semua orang yang mengenal teknologi satu ini sebagian besar telah memilikinya.

Komputer sendiri sekarang memiliki dua macam, yakni PC Desktop dan laptop. Bagi anda yang bingung, manakah yang lebih baik dari kedua perangkat ini, apakah PC? Atau laptop? Berikut perbandingan dilihat dari sisi kelebihan dan kekurangannya.

  • PC Desktop

Kelebihan:

  1. Harga - PC Desktop memiliki rentang harga dengan kisaran yang tidak berbeda jauh dengan laptop. Bahkan dengan budget yang tidak terlalu lebih pun, apabila kita pandai merakit PC Desktop rakitan, tentu kita akan mendapatkan spesifikasi yang baik, paling tidak spesifikas yang sedang.
  2. Prosessor - perbedaan paling menonjol di sisi prosessor adalah ukuran fisiknya. Misal, sebuah PC Desktop memiliki prosessor sama dengan laptop, yaitu core i5, maka dipastikan walaupun prosesor PC Desktop jenisnya sama dengan laptop, namun PC Desktop memiliki bentuk fisik prosessor core i5 tersebut lebih besar dari laptop. Selain itu, biasanya PC Desktop memiliki spesifikasi lainnya yang lebih mumpuni.
  3. Otak-atik - kelebihan PC Desktop di bagian lain yakni dapat dilihat dari ketermudahannya dalam hal upgrade ataupun bongkar pasang komponen perangkat keras (hardware). Hal ini dikarenakan ruang mesin pada CPU PC Desktop lebih luas dan lebih mudah diketahui ketimbang laptop. Selain itu pula komponen perangkat keras (hardware) yang dimiliki mudah dicari di pasaran).
  4. Efisiensi kegunaan - biasanya PC Desktop memiliki standar monitor dan keyboard yang lebih luas,sehingga dapat meleluasakan penggunaan. Layar monitor yang luas serta banyaknya peralatan bantu yang dapat disalurkan ke bagian CPU membuat PC Desktop sangat sesuai untuk bagian pekerjaan atau bahkan ketika digunakan untuk bermain game.
  5. Daya - ketika menggunakan PC Desktop tidak perlu memikirkan soal baterai, karena sambungan langsung ke kontak listrik menjadikan PC Desktop bebas untuk digunakan dengan jangka waktu panjang.

Kekurangan:

  1. Portable - memang PC Desktop memiliki karakteristik komponen-komponen yang saling terpisah, sehingga menyulitkan untuk dipindah-pindah atau bahkan dibawa-bawa. Biasanya PC Desktop diletakkan di tempat yang memang dikhususkan tetap, seperti meja kerja kantor, warnet, dan sebagainya.
  2. Kepraktisan - karena memiliki komponen-komponen yang saling terpisah membuat PC Desktop harus disusun terlebih dahulu sebelum dapat digunakan. Komponen-komponen tersebut meliputi monitor, CPU, keyboard, serta beberapa peralatan tambahan yang lain.
  3. Penggunaan daya - karena komponen yang terdapat di PC Desktop saling terpisah membuat daya yang dihabiskan cenderung boros, karena harus menghidupkan beberapa komponen sekaligus.


  • Laptop

Kelebihan: 

  1. Portable - karakteristik laptop yang ringkas dan kecil membuatnya mudah untuk dibawa-bawa. 
  2. Praktis - karakteristik laptop yang cenderung minimalis membuat penggunaan lebih praktis dan efisien.
  3. Daya - laptop dibekali dengan baterai, sehingga ketika dibawa-bawa tidak perlu memikirkan tentang saluran/kontak listrik. Karena telah disediakan baterai yang alat menghidupkan laptop, bahkan daya yang dibutuhkannya pun lebih hemat daripada PC Desktop.

Kekurangan:

  1. Mahal - laptop kebanyakan dibandrol dengan harga yang relatif lebih mahal dari PC Desktop dengan spesifikasi yang sama.
  2. Otak-otak - laptop memiliki keterbatasan dalam mengotak-atik komponen mesin, bahkan untuk mencari komponennya sendiri relatif lebih sulit untuk didapatkan. Sehingga mau tidak mau pengguna harus menuruti spesifikasi dari pabrik.
  3. Monitor dan keyboard - berbeda dengan PC Desktop, laptop cenderung memiliki komposisi yang lebih mini/kecil, seperti halnya monitor dan keyboard. Untuk itu laptop tidak selalu sesuai digunakan dalam bidang pekerjaan atau hiburan (game).

Baca juga: Asus X550J: Sahabat Gamer Yang Ekonomis

Dari gambaran kelebihan dan kekurangan masing-masing perangkat di atas, sebenarnya kita sudah dapat mengambil kesimpulan bahwa ketika kita bingung memilih antara PC Desktop atau laptop, maka seharusnya kita menyesuaikannya dengan kebutuhan kita. Jadi, kembali kepada kita sendiri mau memilih yang mana, tergantung kebutuhan dan penggunaan teknologi komputer, baik untuk pekerjaan, pendidikan, atau hiburan semata.
Buka Komentar