Cara Melihat Blog yang Bagus untuk Dibeli Atau Dijual

Cara Melihat Blog yang Bagus untuk Dibeli Atau Dijual

Cara Melihat Blog yang Bagus untuk Dibeli Atau Dijual

Cara Melihat Blog yang Bagus untuk Dibeli Atau Dijual
Pada kesempatan ini, pembahasan terkait penilaian blog yang sudah bagus, baik untuk dijual atau sebuah blog yang bagus untuk dibeli, berdasarkan pengamatan dari pengalaman penulis yang masih newbe di bidang blog. Namun, mudah-mudahan saja bisa menjadi bahan pertimbangan dalam mengambil langkah yang tepat untuk mengambil keputusan, sehingga tidak salah dalam menilai sebuah blog dan tidak akan timbul penyesalan sesudah membelinya.

Berdasarkan pengamatan sederhana dari pengalaman, bahwa ada beberapa langkah harus dilakukan untuk dapat memperoleh penilaian terhadap sebuah blog, apakah bagus atau tidak. 

Baca juga: Tips Blog Gado-Gado Atau Campuran Menjadi Unggul dari Blog Spesifik

Langkah-langkah tersebut, diambil berdasarkan pengalaman yang ada, sebagai berikut:

step#1
ngecek ke alexa.com
lakukan pengecekan blog di alexa.com, kita bisa melihat beberapa hal yang bisa menjadi penilaian kita terhadap sebuah blog, yakni;
a. Global rank dan rank in....(?). Dengan mengecek sebuah blog di alexa, maka pertama sekali yang terlihat paling atas adalah global rank dan rank in (?). Pada global rank itu menunjukkan bahwa ada angka yang memperlihatkan urutan ke berapa blog tersebut berada peringkat dunia. Semakin kecil angkanya, maka akan semakin bagus nomor urutnya. Begitu juga dengan rank in, yaitu menujukan urutan pada negara yang paling banyak trafik. Dari contoh yang ada, rank in-nya pada negara Indonesia. So... penilaiannya juga makin kecil angkanya, berarti semakin bagus.

b. Bounce rate menunjukkan hasil bahwa seberapa lama pengunjun itu berada pada blog. Semakin lama, artinya semakin bagus yang memperlihatkan bahwa blog tersebut membuat orang atau pengunjung betah berlama-lama untuk membaca artikel di dalam blog tersebut. Hal tersebut bisa di tandai dengan angka persen pada bounce rate yang makin kecil makin bagus.

c. Search traffic memperlihatkan angka dalam bentuk persen, yang berarti bahwa asal para pengunjung itu bisa berada pada blog. Apakah berasal dari media sosial, dari mesin pencari google, yahoo atau bing, bisa juga dari redirect domain, dll. Persen yang semakin tinggi angkanya, akan semakin bagus sebab pengunjung semakin banyak yang datang melalui mesin pencari (search engine).

d. Keyword. Kata kunci di dalam alexa, menandakan bahwa itu merupakan prestasi kata kunci yang dimenangkan sebuah blog yang menarik pengunjung untuk berdatangan. Dan dari jumlah persen, bisa terlihat kaya kunci mana yang paling banyak dicari dari blog yang ada.

Untuk berkenaan penilaian melalui alexa.com, dari pengamatan penulis sudah cukup hanya melihat pada 4 bagian diatas. Apakah sebuah blog itu bisa dikatakan bagus?

Untuk selanjutnya, cara menilai blog yang bagus melalui ceksite.com yang merupakan website yang dapat menilai harga sebuah blog dan juga menunjukkan nilai-nilai yang lain, yakni sebagai berikut;

step#2
a. Terlebih dahulu kunjungi web ceksite.com, kemudian masukan blog yang akan dinilai.
ngecek ke ceksite.com
Pada blog yang sudah dimasukan tersebut, kemudian akan muncul harga yang diberikan dari ceksite.com. Walau jangan dijadikan patokan menjadi harga yang sesungguhnya terhadap blog tersebut. Nah.. yang pertama menilai blognya, dengan melihat bagian pada estimated data analytics. Disana ditunjukkan angka pengunjung unik, PV, bahkan pendapatan baik perhari, perbulan dan pertahun.

Hal ini tentu menjadi penilaian terhadap blog, terkait trafik yang ada. Bahkan disisipi dengan perkiraan pendapatannya. Ini cukup informatif tentu, bagi terkhusus sahabat blogger yang berniat untuk membeli.

b. Informasi umum. Pada bagian ini memperlihatkan sebuah informasi baik berkenaan dengan nama web, judul, kata kunci dan juga deskripsi. Jika ada yang belum muncul, yang biasanya pada kata kunci dan deskripsi, ini menjadi catatan kedepannya untuk memperbaiknya jika jadi membelinya.

c. Search engine stats. Didalamnya terdapat jumlah indexan pada 3 mesin pencari dunia, yakni google, yahoo dan bing. Kita bisa melihat. artikel blog tersebut di mesin pencari yang mana yang paling banyak indexnya. Tentu ini menjadi sebuah pertimbangan yang bagus, jika jumlah index yang bagus adalah yang semakin tinggi angkanya.

Dan ada juga diperlihatkan jumlah backlink yang ada. Tapi jumlah angkanya tidak menjadi patokan bahwa blog tersebut bagus. Tapi yang pasti, jumlah backlink bisa terlihat sangat wajar dengan membandingkan jumlah artikel yang ada pada blog.

d. Facebook stats dan social stats. Pertimbangkan secara baik, bahwasanya terlalu banyak pengunjung melalui jejaring tidaklah bagus. Memang jumlah pengunjung banyak, namun untuk monoteis yang sedang bermain di GA, akan berefek pada penghasilan (nilai cpm dan cpc). Pada bagian ini, fokus saja pada social media pada Gplus+, jika jumlahnya banyak itu akan berpengaruh positif terhadap reputasi dari blog.

e. Yang terakhir, masih dalam cakupan ceksite.com. Klik pada 'WHOIS', dan yang perlu dilihat disana adalah umur dari dibuatnya blog tersebut. Mulai kapan blog dibuat dan kapan akan expirednya. Dari sini perlu dipaham, terhadap umur blog yang baik adalah blog yang memiliki umur yang tua. Sebab dalam pengembangan kedepan nantinya akan lebih mudah dan cepat.
lihat umur blog dari whois
step#3
meminta SS dari statistik blog. Kenapa demikian?, sebab sudah banyak pengalaman yang menunjukkan seorang pemula yang membeli sebuah blog ketipu dengan SS statistik blog. Bagian tertipunya, terletak pada pengunjung yang datang ke blog tersebut, bisa saja merupakan tempahan dari jasa ke 3 untuk memperbanyak kunjungan. Sehingga, ini merupakan trafik yang tidak bagus, karena hasil kunjungan tidak alami. Kalaupun blog tersebut menggunakan backlink, its ok. Itupun harus terlihat alami, jangan sampai trafik yang datang berasal dari robot.

statistik blog
Demikianlah cara melihat blog yang bagus, baik yang tujuan utamanya untuk dibeli. Sehingga, dengan cara yang simple ini saja, kita bisa menentukan keputusan yang bijak dalam membeli sebuah blog. Jangan sampai 
Buka Komentar