Cara Memasang Widget Aplikasi Play Store di Blogger

Cara Memasang Widget Aplikasi Play Store di Blogger

Cara Memasang Widget Aplikasi Play Store di Blogger

Di antara berbagai macam niche atau topik blog, pembahasan aplikasi Android dan iOS adalah salah satu yang paling banyak dicari saat ini. Nah, biasanya blog-blog tentang aplikasi smartphone seperti ini sekaligus memasang widget aplikasi Play Store untuk download langsung.

Di Google Play Store, pengguna Android disediakan tiga juta lebih aplikasi, mulai dari kategori game, utilitas, media sosial, dan lain-lain. Berbagai kategori itu bisa dibahas satu persatu untuk menjadi artikel yang menarik dan banyak dicari oleh pengguna Android.

Widget aplikasi Android Play Store sendiri pastinya akan memudahkan pembaca untuk langsung menuju halaman download. Banyak blog-blog populer juga menggunakan cara ini, misalnya seperti Jalan Tikus. Meski terlihat sederhana, tetapi tombol download aplikasi ini ternyata cukup disukai.

memasang widget aplikasi play store

Jika tertarik, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memasang widget aplikasi Play Store di blog Anda.

Memasang Widget Download Aplikasi Keren

Cara termudah untuk membuat tautan ke halaman Play Store sebenarnya cukup dengan menggunakan teks “Download Aplikasi” atau “Download”. Selain itu Anda juga bisa membuat tombol download sendiri yang mirip dengan tombol download di Play Store.

Namun dengan cara ini, tampilan tombol download akan terlihat lebih menarik, karena pembaca juga akan mengetahui informasi rating aplikasi, jumlah unduhan, pengembang aplikasi, dan QR Code. Berikut penjelasan selengkapnya:

#1. Buka dasbor Blogger Anda > lalu buat entri baru > gunakan tampilan “HTML”.

memasang widget aplikasi play store

#2. Salin dan tempel kode di bawah ini di tampilan “HTML”, bukan di tampilan “Composse”. Di tahap ini, sebaiknya Anda buat artikelnya terlebih dahulu, lalu tempelkan kode ini di tempat-tempat yang Anda inginkan.

<div class="pb-app-box" data-lang="en" data-theme="discover"><a href="https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.apps.blogger" rel="nofollow" target="_blank">Where's My Water? 2 (Play Store) </a>|<a href="https://42matters.com/app/android/com.google.android.apps.blogger">blogger(42matters)</a><script src="//widgets.42matters.com/widgets/pb-app-box/1/pb_load_app_box.js" type="text/javascript"></script></div>

Keterangan:

- Kode URL yang berwarna merah bisa Anda ganti dengan URL aplikasi Android di Play store yang Anda targetkan.

- Kode berwarna merah kedua yang diawali dengan “com” Anda ganti sesuai yang ada di URL pertama.

#3. Untuk menemukan URL aplikasi Android di Play Store yang Anda targetkan sangat mudah. Ada dua cara yakni lewat browser dan aplikasi Play Store di smartphone.

- Jika Anda membuka Play Store dari browser > pilih aplikasi atau game > salin URL yang ada di address bar browser Anda > tempel di kode HTML di atas.

- Jika Anda membuka Play Store dari Android > pilih aplikasi atau game > gulir layar ke bawah > ketuk tombol “Bagikan” > pilih “Salin ke papan klip” > tempel di kode HTML di atas.

memasang widget aplikasi play store

#4. Sebelum artikel dipublikasikan, Anda cek Pratinjau terlebih dahulu untuk memastikan apakah widget aplikasi Play Store sudah muncul atau belum. Jika semua langkah berhasil, maka hasilnya akan seperti contoh di bawah ini:


Kesimpulan

Memasang widget aplikasi Play Store patut dicoba bagi Anda yang blog-nya membahas tentang aplikasi-aplikasi Android, iOS maupun niche teknologi secara umum. Namun pertanyaannya, apakah widget ini akan membuat loading halaman menjadi lebih lambat?

Pemasangan skrip ini memang bisa memperlambat loading, tetapi hanya sedikit. Setelah dites di salah satu web penguji page speed, perbandingannya ternyata sama seperti menggunakan gambar dengan kualitas 150-200 KB saja di postingan. Jadi loading halaman artikel tidak akan terlalu lambat.

Demikian tips memasang widget aplikasi Play Store di Blogger. Manfaatkan tips ini dengan baik supaya bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung di blog Anda. Selamat mencoba.
Buka Komentar