Cara Memasang Widget Live Chat Messenger di Blogger

Cara Memasang Widget Live Chat Messenger di Blogger

Cara Memasang Widget Live Chat Messenger di Blogger

Salah satu cara termudah untuk terhubung dengan pengunjung blog paling mudah adalah dengan memasang widget live chat. Adapun salah satu aplikasi yang menyediakan fitur tersebut adalah Facebook Messenger.

Mengingat Facebook adalah media sosial dengan pengguna terbesar dan paling mudah diakses, maka pastinya platform live chat Messenger ini akan sangat memudahkan Anda untuk berinteraksi dengan pengunjung.

Widget ini juga bisa Anda dapatkan secara gratis dengan membuat Halaman Facebook atau Fan Page. Jadi, pastikan sebelumnya Anda sudah membuat Fan Page terlebih dahulu.

cara memasang widget live chat

Nantinya, pesan yang dikirim oleh pengunjung akan langsung masuk ke kotak pesan Fan Page Anda. Jadi, memantau interaksi pengunjung blog Anda jadi semudah membuka Facebook.

Beberapa jenis blog membutuhkan fitur ini, terutama blog-blog yang menjual barang tertentu. Sebab, pastinya akan muncul banyak pertanyaan dari para calon pelanggan atau pembeli mengenai harga, stok barang dan lain-lain.

Sebenarnya ada cukup banyak widget live chat dari pihak lain, namun Facebook Messenger masih menjadi yang paling direkomendasikan. Bagi Anda yang tertarik memasang widget live chat di Blogger, simak dan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Memasang Facebook Messenger di Blog

#1. Login ke Facebook lalu buka Fan Page yang ingin Anda hubungkan dengan blog.

#2. Masuk ke menu “Pengaturan” > klik “Platform Messenger.

#3. Gulir halaman ke bawah, kemudian pilih “Plugin Obrolan” > klik “Menyiapkan”.

cara memasang widget live chat

#4. Setelah itu akan muncul kotak pop-up, klik “Selanjutnya”.

#5. Pilih bahasa yang ingin Anda gunakan untuk widget ini, misalnya Bahasa Indonesia.  Kemudian edit ucapan salam yang akan muncul ketika pengunjung membuka blog Anda atau bisa juga menggunakan kalimat default, kemudian klik “Selanjutnya”.

cara memasang widget live chat

#6. Atur waktu lamanya Anda membalas ketika ada pesan masuk. Ini berguna untuk memberikan informasi kepada pengunjung tentang berapa lama rata-rata Anda merespons pesan dari pengunjung. Di tahapan ini Anda juga mengkustomisasi ikon dan warna tombol (Klik “ON”).

cara memasang widget live chat

#7. Untuk persiapan terakhir, Anda masukkan URL blog yang ingin ditautkan dengan widget live chat ini. Di sini Anda bisa menambahkan beberapa domain sekaligus.

cara memasang widget live chat

#8. Dari langkah nomor #7 Anda akan mendapat kode untuk disalin di tema blog. Buka dasbor Blogger > “Tema” > “Edit HTML” > tempel kode yang didapat dari langkah nomor #7 tepat di atas kode </body>.

Klik “Simpan”, lalu cek apakah widget live chat Facebook Messenger sudah muncul di blog Anda atau belum.

Tips dan Trik

Ada trik tambahan untuk mempersingkat waktu. Anda bisa melewati langkah nomor #1 sampai #7 dengan cara ini. Tetapi Anda harus menambahkan nama domain blog Anda terlebih dahulu di Fan Page atau Halaman Facebook Anda.
Jika sudah, Anda tinggal melakukan langkah nomor 8. Berikut kode yang harus disalin dan ditempel di tema blog.

<!-- Load Facebook SDK for JavaScript --><div id="fb-root"></div><script>(function(d, s, id) {var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];if (d.getElementById(id)) return;js = d.createElement(s); js.id = id;js.src = 'https://connect.facebook.net/en_US/sdk/xfbml.customerchat.js#xfbml=1&amp;version=v2.12&amp;autoLogAppEvents=1';fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);}(document, 'script', 'facebook-jssdk'));</script><!-- Your customer chat code --><div class="fb-customerchat"attribution="setup_tool"page_id="1832206810372640"></div>

Supaya Anda bisa merespons pertanyaan pengunjung lebih cepat, Anda bisa memasang aplikasi Facebook Messenger atau Halaman Facebook di smartphone. Jadi jika ada pesan masuk, Anda bisa langsung merespons. Pasalnya, kecepatan respons akan memengaruhi suka atau tidaknya pengunjung terhadap blog Anda.

Apabila widget tidak muncul, coba ubah pengaturan Fan Page Anda seperti di bawah ini:

cara memasang widget live chat

Demikian cara memasang widget live chat di Blogger. Selamat mencoba.
Buka Komentar