Cara Mendaftar Google Adsense Langsung dari Blogger

Cara Mendaftar Google Adsense Langsung dari Blogger

Cara Mendaftar Google Adsense Langsung dari Blogger

Diterima oleh Google Adsense sebagai publisher iklan rasa-rasanya menjadi suatu pencapaian yang membahagiakan bagi para blogger. Sebab, walaupun cara mendaftar Google Adsense itu mudah, namun tidak mudah membuat blog kita diterima. Tidak sedikit pengajuan yang ditolak karena berbagai faktor.

Umumnya pendaftaran atau pengajuan blog untuk menjadi publisher ini dilakukan melalui website Google Adsense. Akan tetapi ada kemudahan yang ditawarkan Google untuk para pengguna Blogspot atau Blogger. Anda bisa mengajukan blog sebagai publisher iklan secara langsung lewat dasbor blog.

Hal ini tentu karena Blogger masih dalam naungan perusahaan Google. Akan tetapi, jika nanti pengajuan Anda diterima, maka akun Google Adsense Anda akan bertipe hosted. Dengan kata lain Anda tidak bisa memasang iklan Adsense di blog lain.

cara mendaftar google adsense

Oke, langsung saja kita bahas bagaimana cara mendaftar Google Adsense langsung dari blog.

Cara Cepat Mendaftar Google Adsense

Cara ini bisa digunakan untuk blog dengan subdomain blogspot.com ataupun yang sudah menggunakan custom domain.

#1. Login dan masuk ke dasbor Blogger Anda, lalu pilih blog yang ingin dipasangi Google Adsense.

#2. Di bilah sebelah kiri, klik menu “Penghasilan”. Terkadang menu ini memang tidak muncul. Maka Anda harus mengubah pengaturan bahasa di menu “Setelan” > “Bahasa dan pemformatan” > pilih bahasa “Inggris (Amerika Serikat)” > klik “Simpan setelan”.

cara mendaftar google adsense

#3. Setelah itu refresh halaman agar menu “Penghasilan” muncul. Tampilannya seperti gambar di bawah ini:

cara mendaftar google adsense

#4. Di menu tersebut Anda bisa membaca penjelasan singkat mengenai cara kerja Google Adsense. Kemudian klik “Daftar ke Adsense”.

#5. Berikutnya Anda akan diarahkan ke halaman login Google. Jika belum memiliki akun Google, Anda bisa membuatnya terlebih dahulu. Tetapi jika Anda sudah punya, silakan langsung login.

#6. Di bawah ini adalah tampilan form pendaftaran Google Adsense:

cara mendaftar google adsense

- Your Website: isi dengan URL blog Anda.
- Get more out of Adsense: pilih “Yes” jika ingin mendapat pemberitahuan dari Adsense.
- Select your country or territory: Indonesia.
- Centang “Yes I have read and accept the agreement.”
- Klik “CREATE ACCOUNT”.

#7. Berikutnya Anda langsung diarahkan ke website Google Adsense. Di tahap ini langsung saja klik “Get Started”.

#8. Atur detail alamat pembayaran (Payment Adress Detail). Untuk blog pribadi, pilih jenis akun “Individual” tetapi Anda juga menggantinya dengan “Bisnis”. Isikan identitas sesuai dengan KTP Anda. Tetapi, khusus untuk alamat rumah boleh tidak sama dengan KTP. Klik “Submit”.

#9. Setelah itu akan muncul pemberitahuan bahwa Widget Adsense telah ditambahkan ke template blog. Cukup klik “Lanjutkan” untuk kembali ke dasbor Blogger.

#10. Di menu “Penghasilan” sekarang Anda bisa melihat tampilan yang berbeda seperti gambar berikut ini:

cara mendaftar google adsense

Biasanya review dari pengajuan blog sebagai publisher Adsense membutuhkan waktu minimal 1x24 jam bahkan bisa berminggu-minggu, tergantung pada blog Anda masing-masing.

#11. Pilih salah satu format “ad setup for blog” untuk penempatan iklan Adsense, sehingga Anda tidak perlu menempatkannya secara manual. Kemudian klik “Simpan Setelan”.

Tips dan Trik

Selama blog masih belum diterima Adsense, sebaiknya Anda terus membuat artikel-artikel baru secara rutin. Artikel tersebut tidak boleh hasil copy-paste dari sumber lain. Dengan begitu, Google pasti akan lebih ‘berbaik hati’ menerima pengajuan Anda.

Jika pengajuan sudah diterima, maka tahap selanjutnya Anda harus mengoptimalkan iklan agar mendapat pendapatan yang besar. Di sini hal terpenting adalah meningkatkan trafik blog atau meningkatkan jumlah pengunjung.

Demikian tutorial cara mendaftar Google Adsense langsung dari blog. Informasi ini akan diperbarui jika terjadi perubahan atau pembaharuan metode dari pihak Google. Semoga berhasil!
Buka Komentar