Cara Mendaftarkan Blog ke Mesin Pencari Bing

Cara Mendaftarkan Blog ke Mesin Pencari Bing

Cara Mendaftarkan Blog ke Mesin Pencari Bing

Search engine atau mesin pencari internet bukan hanya Google saja, melainkan masih banyak mesin pencari lain yang mungkin kurang dikenal di Indonesia. Tidak heran jika para pengelola blog biasanya hanya mendaftarkan blog mereka ke Google saja. Padahal, sebaiknya kita juga mendaftarkan blog ke mesin pencari Bing.

Bing belakangan ini berkembang cukup baik, apalagi setelah mesin pencari milik perusahaan Microsoft ini sukses menggaet Yahoo sebagai partner kolaborasi. Wajar jika para pemilik blog dari berbagai negara mulai berlomba-lomba mendaftarkan blog mereka ke Bing. Sampai dengan September 2018, Bing menempati urutan ke-45 situs web terbesar menurut Alexa.
cara mendaftarkan blog ke mesin pencari bing
Mendaftarkan Blog ke Bing Webmaster

Di Google kita mendaftarkan blog ke Webmaster dengan tujuan optimasi mesin pencari atau SEO. Begitu pula di Bing, yang mana kita harus mendaftarkan blog ke Bing Webmaster.

Tahapan yang perlu Anda lakukan untuk mendaftarkan blog ke mesin pencari Bing sangat mudah. Yang perlu Anda persiapkan hanya URL blog (boleh dengan custom domain atau masih menggunakan Blogspot), sitemap dan salah satu akun dari Microsoft, Google atau Facebook. Untuk cara selengkapnya simak penjelasan di bawah ini:

#1. Buka halaman Bing Webmaster.

#2. Klik “Sign in”, lalu pilih akun yang ingin Anda gunakan untuk masuk ke (Microsoft, Google atau Facebook).

#3. Setelah itu Anda akan diarahkan ke dasbor Bing Webmaster. Tuliskan URL blog Anda di bagian “My Sites” > klik “ADD”.
  cara mendaftarkan blog ke mesin pencari bing

#4. Di halaman selanjutnya Anda harus mengisi form dengan data diri dan identitas blog. Pada bagian “Add a Sitemap” silakan masukkan URL peta situs blog Anda seperti yang pernah dibahas di artikel Cara Submit Sitemap Blogger ke Google Webmaster. Contohnya:

https://namablog.blogspot.com/sitemap.xml
https://namablog.com/sitemap.xml

cara mendaftarkan blog ke mesin pencari bing

Sampai langkah keempat ini blog Anda telah terdaftar di Bing Webmaster, tetapi kepemilikan blog Anda masih belum diverifikasi oleh Bing. Nah, berikutnya Anda harus memverifikasi blog Anda.

Verifikasi Blog di Bing Webmaster

Setelah melewati langkah keempat, Anda akan memasuki tahapan verifikasi. Di sini tiap blog memiliki kode unik yang berbeda-beda. Ada tiga cara berbeda untuk melakukan verifikasi, yaitu:

- mengunggah file XML ke web server,
- menambahkan kode khusus ke HTML template blog,
- menambahkan CNAME record ke DNS.

cara mendaftarkan blog ke mesin pencari bing

Khusus untuk platform Blogger, cara yang paling mudah dan direkomendasikan adalah dengan menambahkan kode khusus ke HTML template blog. Berikut langkah-langkahnya:

#1. Buka tab baru lalu buka dasbor Blogger Anda.

#2. Masuk ke menu “Tema” > klik “Edit HTML”.

#3. Di opsi nomor dua (Copy and paste a <meta> tag in your default webpage), salin kode uniknya, kemudian letakkan di bawah kode <head> pada template blog Anda.

#4. Gulir layar ke bawah, kemudian klik “VERIFY”.

#5. Jika peletakan kodenya sudah benar, blog akan langsung terverifikasi dan Anda akan diarahkan ke halaman dasbor Bing Webmaster.

Selamat, blog Anda sudah terdaftar di Bing Webmaster dan bisa dicari melalui mesin pencari Bing dan Yahoo. Tetapi untuk sitemap biasanya masih berstatus “PENDING”. Butuh waktu beberapa jam, beberapa hari atau mungkin beberapa minggu sampai semua URL terbaca seluruhnya oleh Bing.

Jika ingin mendaftarkan blog atau website lain, cukup klik “Add a Site” di menu sebelah kiri, kemudian ikuti langkah-langkah seperti yang tadi dijelaskan.

Demikian penjelasan tentang cara mendaftarkan blog ke mesin pencari Bing Webmaster. Selamat mencoba.
Buka Komentar