Cara Submit Sitemap Blogger ke Google Webmaster

Cara Submit Sitemap Blogger ke Google Webmaster

Cara Submit Sitemap Blogger ke Google Webmaster

Sebagai mesin pencari terpopuler di dunia, Google menjadi salah satu sumber trafik terbesar bagi blog. Tak heran jika para blogger berlomba-lomba melakukan optimasi mesin pencari (SEO) demi bisa bersaing di hasil pencarian Google. Dibutuhkan berbagai teknik dan usaha keras demi bisa muncul di halaman pertama pencarian Google.

Namun Google berbaik hati untuk mempermudah jalan para blogger agar bisa memenangkan persaingan di mesin pencari, yakni dengan menggunakan Google Webmaster Tools. Anda hanya perlu mendaftarkan blog dan melakukan verifikasi pemilik blog di platform ini.

Setelah kepemilikan situs terverifikasi, barulah Anda bisa melakukan optimasi. Langkah pertama adalah dengan memasukkan sitemap blog agar lebih mudah dikenali oleh robot mesin pencari Google. Dengan begitu, kemungkinan artikel Anda muncul dalam hasil pencarian Google pun makin besar.

submit sitemap

Perlu Anda ketahui bahwa mendaftarkan sitemap atau peta situs blog merupakan salah satu tips SEO paling jitu. Oleh karena itu, mari kita pelajari bagaimana cara submit sitemap blog ke Google Webmaster Tools.

Cara Submit Sitemap Blog

Sebelum melakukan langkah-langkah di bawah ini, pastikan Anda sudah login ke akun Google. Lalu masuk ke halaman Google Webmaster Tools atau klik di sini.

#1. Pilih blog yang ingin Anda submit peta situsnya. Klik URL blog untuk masuk ke dasbor Google Webmaster.
#2. Pada dasbor klik “Crawl” lalu pilih “Sitemap”.

submit sitemap

#3. Di sudut kanan atas layar klik tombol “ADD/TEST SITEMAP”. Lalu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini:

submit sitemap

#4. Satu persatu masukkan kode di bawah ini. Jangan lupa klik “Test” sebelum submit agar tahu apakah sitemap bermasalah atau tidak.

(-) sitemap.xml
(-) feeds/posts/default?orderby=updated
(-) atom.xml

Kode di atas sebenarnya boleh Anda submit salah satu saja, tetapi demi mendapatkan hasil yang lebih baik disarankan untuk submit ketiganya.

#5. Jika berhasil dites oleh robot Google itu artinya sitemap yang Anda submit tidak bermasalah. Lalu klik “Submit”.
#6. Terakhir klik “refresh the page” untuk menyegarkan halaman.
Sampai pada langkah keenam, Anda sudah berhasil mengirimkan sitemap atau peta situs blog ke Google Webmaster Tools. Akan tetapi dibutuhkan beberapa waktu agar semua link terindex, biasanya 24 jam setelah sitemap didaftarkan. Namun lama dan tidaknya waktu index bergantung pada jumlah artikel atau link di blog Anda.

Cara Submit Sitemap Blog Sekaligus Banyak

Cara submit sitemap blog di atas sebenarnya sudah cukup, namun apabila jumlah artikel blog Anda sudah ratusan Anda juga bisa menggunakan kode di bawah ini untuk sitemap:

(-) atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

Gunakan kode di atas untuk blog yang jumlah artikelnya masih di bawah 500 namun sudah lebih dari 100.

(-) atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=500

Submit dua kode di atas satu persatu untuk blog yang jumlah artikenlnya lebih dari 500 namun masih belum mencapai 1.000. Berkalu untuk jumlah yang lebih banyak mulai dari 1.001 s.d. 1.500, 1.501 s.d. 2.000, dan seterusnya.

Dengan melakukan submit sitemap maka blog Anda akan lebih SEO friendly dari sebelumnya. Sekarang tugas Anda sebagai pengelola blog adalah membuat artikel dengan rajin agar blog makin sering dirayapi robot mesin pencari Google. Sebab makin sering peta situs blog Anda dirayapi (crawl), maka makin banyak pula keyword yang mengarah ke blog Anda. Alhasil, trafik yang datang dari Google pun meningkat.

Demikian penjelasan cara submit sitemap blog ke Google Webmaster Tools. Semoga bermanfaat.
Buka Komentar