Cara Terbaru Membuat Tombol Donate PayPal di Blogger

Cara Terbaru Membuat Tombol Donate PayPal di Blogger

Cara Terbaru Membuat Tombol Donate PayPal di Blogger

Banyak blogger yang membuat tombol donate PayPal di blog mereka sebagai salah satu cara mendapatkan pemasukan tambahan. Bukan bermaksud ‘mengemis’ sumbangan dari pengunjung, tetapi ini hanya sebagai bentuk apresiasi pengunjung yang menyukai karya mereka. Hasil donasi ini nantinya mungkin digunakan untuk memperpanjang sewa hosting dan domain blog.

Ada beberapa alasan mengapa seorang pengunjung blog rela mendonasikan sebagian saldo PayPal mereka kepada Anda. Misalnya karena artikel di blog Anda telah memberikan manfaat yang nyata dalam kehidupan mereka. Donasi dianggap menjadi perwakilan ucapan terima kasih kepada Anda.

membuat tombol donate paypal

Tidak Semua Orang Punya Akun PayPal

Akan tetapi, dengan membuat tombol donate PayPal ini tidak serta-merta membuat Anda bisa mendapatkan pemasukan tambahan dengan mudah. Sebab, tidak semua pengunjung blog Anda mempunyai akun PayPal, bukan? Mungkin hanya 1% dari total pengunjung blog Anda yang mau memberikan donasi. Itu pun jika mereka merasa blog Anda benar-benar membantu dan harus terus berlanjut.

Di satu sisi, Anda tidak hanya bisa menambahkan tombol donate saja, melainkan juga bisa menambahkan tombol beli sekarang dan berlangganan. Ini berguna bagi Anda yang juga menjual barang dan layanan di blog atau website.

Cara Memasang Tombol Donasi PayPal

Walaupun ada beberapa jenis tombol, namun kali ini kita hanya akan membahas bagaimana cara membuat tombol donate PayPal saja. Jika Anda tertarik untuk memasangnya, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

#1. Pertama Anda harus mendaftar PayPal terlebih dahulu, tetapi jika sudah punya langsung saja masuk ke akun PayPal Anda.

membuat tombol donate paypal

#2. Di halaman awal setelah login, gulir layar ke bawah dan temukan bagian “Alat penjualan” atau “Selling tools”, setelah itu klik “Preferensi penjual”.

membuat tombol donate paypal

#3. Klik “Perbarui” pada bagian “Tombol PayPal”.

membuat tombol donate paypal

#4. Untuk membuat tombol donate PayPal tinggal klik “Buat tombol baru.”

membuat tombol donate paypal

#5. Berikutnya Anda akan menemukan tiga langkah yang perlu Anda lengkapi. Tetapi di sini Anda hanya wajib mengisi langkah pertama saja, sementara langkah kedua dan ketiga boleh dilewatkan atau bisa juga diisi agar penggunaan tombol lebih optimal.


- Pada jenis tombol, pilih “Donasi”.
- Nama/layanan organisasi diisi sesuai nama blog Anda.
- ID Donasi bisa dikosongkan atau jika diperlukan bisa Anda isi dengan alamat blog Anda.
- Pilih mata uang USD.
- Di bagian “Jumlah kontribusi” pilih opsi paling atas supaya donatur bisa menyumbangkan sejumlah uang sesuai dengan keinginan mereka.
- ID rekening pedagang biarkan terisi secara default.

#6. Klik “Buat Tombol”, lalu akan muncul kode HTML tombol PayPal yang Anda buat.

Menambahkan Tombol ke Blog

Tombol donate PayPal bisa Anda munculkan di semua halaman atau di halaman tertentu. Apabila Anda ingin tombol ini muncul di semua halaman, maka Anda harus menambahkannya sebagai widget di sidebar.

Masuk ke dasbor Blogger Anda > klik “Tata Letak” > pilih tempat untuk tombol PayPal > klik “Tambahkan Gadget” > pilih “HTML/JavaScript” > tempel kode tombol donasi yang Anda dapatkan tadi di sini > kemudian klik “Simpan”.

Untuk menambahkan teks di atas tombol tersebut, letakkan teks sebelum kode HTML tombol. Misalnya “Donasi Anda berguna untuk kelangsungan blog kami.”

Demikian tutorial cara membuat tombol donate PayPal di Blogger. Langkah-langkahnya sangat mudah dan bisa langsung Anda lakukan. Tetapi, jangan berharap atau menggantungkan penghasilan blog hanya dari donasi saja. Selain menambahkan tombol donasi, Anda juga bisa menambahkan slot iklan atau menjadi publisher Google AdSense.
Buka Komentar