Ditolak Adsense? Inilah Solusinya!

Ditolak Adsense? Inilah Solusinya!

Ditolak Adsense? Inilah Solusinya!

solusi ditolak google adsense
Berbicara mengenai Adsense memang menjadi sesuatu yang amat menarik, pasalnya layanan jasa periklanan yang satu ini kerap kali digunakan oleh para publisher sebagai penyedia iklan mereka.

Sayangnya, untuk menjadi bagian dari publisher Adsense tidaklah mudah. Calon publisher harus memenuhi persyaratan yang menjadi ketentuan Google Adsense.

Dan tidak jarang diantara mereka yang antusias mendaftar ke Google Adsense mendapatkan penolakan dengan berbagai macam alasan. Dan mungkin anda pernah mengalami hal yang sama terkait Adsense ini.

Nah, sebelum anda mencoba mendaftar kembali di Google Adsense, mungkin anda harus melakukan berbagai upaya perbaikan terhadap blog jika anda mendaftar Adsense melalui blog.

Adapun perbaikan yang harus dilakukan meliputi penanganan terhadap faktor penyebab anda ditolak Adsense sebelumnya. Berikut penyebab paling umum dan hal yang mesti Anda lakukan untuk mengatasi penolakan Adsense.

1. Situs anda tidak memenuhi kebijakan Google Adsense

Google telah menerapkan beberapa kebijakan yang harus dipenuhi oleh pendaftar Adsense. Untuk itu, bagi Anda yang kebetulan mendapat penolakan dari Adsense, tentu ada kemungkinan jika blog yang anda daftarkan tidak sesuai dengan kriteria kebijakan dari Google Adsense.

Baca juga: Cara Daftar Google Adsense Dengan Mudah Dan Full Aproved

Adapun beberapa masalah yang paling umum dari penolakan Google Adsense terhadap blog seperti halnya berikut:
Konten di blog anda melanggar ketentuan Google Adsense.
Terdapatnya artikel yang didapat dari hasil copy paste.
Jumlah konten yang dimiliki kurang memenuhi standar minimum.
Banyaknya keterbatasan fitur dari blog itu sendiri.
Usia blog tidak lebih dari 6 bulan.

Perlu ada evaluasi yang harus lakukan terhadap blog anda apabila permasalahan diatas dimungkinkan menjadi salah satu faktor kenapa blog ditolak Google Adsense.

Evaluasi yang mesti dilakukan meliputi cek keorian konten, hal ini untuk memastikan kalau tidak ada artikel plagiat di blog anda. Anda dapat mengeceknya melalui situs copyscape.com atau smallseotools.com. Dan jika memang terdeteksi ada artikel berbau copas, silahkan Anda hapus artikel tersebut atau anda juga dapat mengeditnya.

Jika artikel anda mengandung kata-kata atau kalimat yang berbau negatif, seperti halnya konten dewasa dan sebagainya, maka sangat diperkenankan untuk menghapusnya, karena Google Adsense tidak mendukung blog semacam ini.

Ada kemungkinan lain kenapa blog anda ditolak, yakni fitur blog kurang mumpuni, misalnya navigasi tidak jelas atau bahkan terdapat link-link yang error. Maka anda harus memperbaikinya.
Selain itu, sebelum mendaftar Adsense, daftarkan terlebih dahulu blog anda di webmaster tools dan juga pasang kode Google Analityc.

2. Terindikasinya blog anda menggunakan email yang sama dengan blog lain.

Mungkin anda pernah mendapati jika satu alamat email dapat digunakan untuk membuat berbagai macam blog. Sayangnya, untuk mendaftarkan blog ke Google Adsense haruslah menggunakan satu alamat email dengan satu identitas dan satu situs. Jika anda pernah mendaftarkan alamat email sebelumnya dan mendapat penolakan, maka tentu saja pendaftaran kedua walaupun dengan blog yang berbeda akan ditolak.

Maka solusi untuk mengatasi permasalahan semacam ini, anda harus mengganti alamat email blog yang akan anda daftarkan ke Google Adsense dengan email baru. Begitu juga ketika anda ingin membuat blog baru, alangkah lebih baiknya jika menggunakan alamat email yang berbeda atau baru. Nb: jika anda punya email custom, gunakanlah email ini sebab dapat menjadi nilai plus bagi Adsense.

3. Fitur navigasi blog yang kurang memadai

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwasanya untuk mendaftar Google Adsense, blog yang digunakan harus memiliki spesifikasi seperti yang telah menjadi kebijakan Adsense. Navigasi ini berkaitan dengan template yang digunakan dan pengaturan tata letak di sebuah blog.

Biasanya, Adsense lebih menyukai blog yang memiliki tampilan sederhana dan dinamis, yaitu blog yang tidak memiliki widget terlalu banyak. Paling tidak, blog memiliki menu navigasi berupa about, contacts, sitemap, disclaimer, privacy policy, terms of Service di bagian atas template. Sedangkan di bagian widget biasanya blog disarankan cukup untuk memasang pencarian, popular posts, label, arsip, dan google plus.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah pastikan blog anda ringan ketika dibuka baik menggunakan PC maupun versi selular.

4. Konten blog di bawah standar minimum

Permasalahan yang kerap dialami oleh pendaftar Adsense adalah memiliki blog dengan konten yang tidak memenuhi standar. Tidak sedikit diantara mereka yang memiliki blog baru langsung mendaftarkannya ke Google Adsense.

Baca juga: Cara Daftar Adsense Youtube 2018 Dengan Mudah

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mendaftar Google Adsense mengenai konten blog, yaitu artikel yang ada di blog tidak kurang dari 30 artikel (disarankan), jumlah kata dalam setiap artikel minimal 500 kata (disarankan), serta artikelnya unik atau bukan hasil dari copy paste. Adapun lainnya adalah menyertakan paling tidak satu gambar (bukan foto yang memiliki hak cipta) di setiap postingan. Jangan lupa untuk memberikan label dan tag.

5. Traffic blog cenderung minim

Sederhananya, semakin banyak jumlah visitor di blog anda, maka semakin besar pula peluang blog diterima oleh Adsense. Memang untuk meningkatkan jumlah pengunjung tidaklah mudah, anda harus punya kapasitas dalam urusan optimasi SEO.

6. Masih menggunakan domain gratisan

Memang domain tidak begitu dipermasalahkan di Adsense sekalipun blog anda masih menggunakan domain dari penyedia layanan blog seperti blogspot dll. Namun ketika ingin mendaftar di Adsense disarankan memakai custom domain agar peluangnya lebih terbuka.

Demikianlah beberapa hal yang patut diperbaiki sekiranya opsi-opsi di atas menjadi bagian dari faktor kenapa blg anda ditolak Google Adsense.
Buka Komentar