Kiat dan Trik untuk Mempercepat Peranti Android Anda

Kiat dan Trik untuk Mempercepat Peranti Android Anda

Kiat dan Trik untuk Mempercepat Peranti Android Anda

Kiat dan trik untuk mempercepat peranti Android Anda! Ponsel cerdas dan tablet Android dapat menjadi lambat dan lamban seiring berjalannya waktu. Kiat yang mudah diikuti ini akan membantu membuat perangkat Anda berjalan seperti baru. Anda mungkin telah memperhatikan selama beberapa bulan terakhir bahwa perangkat Android Anda yang cepat sekali melambat. 


Kiat dan Trik untuk Mempercepat Peranti Android Anda


Tugas sederhana seperti beralih antar aplikasi android atau kembali ke rumah terbukti lebih merepotkan daripada sebelumnya, dan Anda sekarang mengalami lag di semua tempat yang salah. Namun, hal-hal tidak harus seperti ini. Tip dan trik sederhana ini dapat membantu Mempercepat Peranti Android Anda dan membuatnya tampil seperti baru:

Copot pemasangan atau nonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan

Perangkat Anda memiliki penyimpanan internal dalam jumlah terbatas dan semakin sedikit ruang kosong, maka ia akan semakin lambat. Jika Anda telah mengisi perangkat Anda dengan foto, musik, atau aplikasi, disarankan untuk mengosongkan ruang dengan mencopot pemasangan aplikasi yang tidak digunakan atau memindahkan file ke layanan penyimpanan cloud seperti Dropbox atau Google Drive.

Menghapus instalasi aplikasi dapat dilakukan dengan masuk ke Pengaturan, membuka menu Aplikasi, dan memilih aplikasi yang ingin Anda hapus instalannya. Aplikasi yang sudah dimuat sebelumnya dari operator atau pabrikan yang tidak dapat di-uninstall, yang dikenal sebagai bloatware, setidaknya dapat dinonaktifkan dan disembunyikan dari laci aplikasi menggunakan metode ini.

Pada ponsel cerdas dan tablet yang menyertakan penyimpanan yang dapat diperluas Anda juga dapat memindahkan aplikasi ke kartu microSD. Untuk melakukan ini, masuk ke Pengaturan, buka menu Aplikasi, klik aplikasi yang ingin Anda pindahkan, dan pilih opsi "Pindah ke kartu SD".

Hapus cache aplikasi

Data yang disimpan dalam cache dapat bertambah seiring waktu dalam aplikasi Anda dan memengaruhi kinerja perangkat Anda. Menghapus cache individu dapat dilakukan di menu Aplikasi, tetapi sejumlah program gratis tersedia melalui Google Play store yang dapat mengotomatisasi proses . Beberapa yang paling populer termasuk App Cache Cleaner dan Clean Master , keduanya tersedia secara gratis.

Batasi widget dan wallpaper hidup

Banyak orang berpendapat bahwa widget adalah salah satu manfaat menggunakan perangkat Android. Mereka dapat membantu untuk menemukan informasi dengan cepat tanpa harus membuka aplikasi, tetapi pada saat yang sama mereka dapat menggerogoti masa pakai baterai dan memperlambat perangkat Anda.

Mengurangi jumlah widget, terutama yang intensif dengan data seperti Facebook, akan membantu ponsel cerdas atau tablet Anda berjalan lebih lancar dan lebih lama. Anda dapat menghapus widget dari layar beranda dengan menekan lama tombol yang ingin Anda hapus dan menyeretnya ke bagian atas layar.

Fitur Android keren lainnya adalah opsi untuk menggunakan wallpaper hidup sebagai latar belakang Anda. Seperti halnya widget, wallpaper animasi dapat memperlambat perangkat Anda dan menguras baterai. Anda juga dapat mengubah wallpaper dengan menekan lama pada layar beranda.


Bagaimana Cara Terbaik untuk Mempercepat Peranti Android?


Nonaktifkan animasi

Opsi pengaturan tersembunyi di Android akan memberi Anda akses ke perintah yang mungkin tidak pernah Anda ketahui keberadaannya. Buka Pengaturan, Tentang Telepon, gulir ke bawah ke Bangun nomor, dan ketuk tujuh kali. Anda sekarang akan memiliki akses ke opsi pengembang. Pengaturan khusus ini memungkinkan Anda melakukan berbagai hal, tetapi ini dimaksudkan untuk pengguna tingkat lanjut dan tidak boleh diubah kecuali Anda tahu apa yang Anda lakukan.

Dapatkan pembaruan perangkat lunak

Mempercepat Peranti Android merupakan keinginan semua pengguna ponsel android untuk kelancaran kinerja ponsel yang dimiliki. Produsen dan operator terus mendorong pembaruan perangkat lunak baru ke perangkat mereka. Sangat penting bahwa Anda berada di firmware terbaru karena pembaruan ini biasanya termasuk perbaikan keamanan dan bug, di antara hal-hal lain yang akan meningkatkan stabilitas keseluruhan perangkat Anda. 
Buka Komentar