Kohakuto, Permen Jepang Yang Lagi Hits! Yuk Ketahui Cara Buatnya!

Kohakuto, Permen Jepang Yang Lagi Hits! Yuk Ketahui Cara Buatnya!

Kohakuto, Permen Jepang Yang Lagi Hits! Yuk Ketahui Cara Buatnya!

Kohakuto
Adalah ‘’Kohakuto’’ sebuah nama untuk permen Jepang, yang akhir-akhir ini lagi nge-hits di kalangan penggemar yuotube. Bagi yang suka menonton acara ‘’Mukbang’’ pasti sudah familiar. Itu memang mirip sekali dengan aneka perhiasan warna-warni.

Baca juga: Bingung Ingin Bisnis Apa? Coba Yuk Chiken Box Crispy, Ide Bisnis Kekinian Jajanan Masa Kini!

Entah mengapa disebut demikian. Bisa jadi bentuknya yang menyerupai bebatuan tersebut, makanya dinamai demikian. Rasanya kriuk-kriuk, menarik minat orang menjadi penasaran, ingin mencobanya.
Sepintas bila diperhatikan dari luar, tampak keras dan garing. Namun jangan salah, begitu Anda gigit rasanya sangat empuk dan lembut di dalam. Bahkan para Youtuber sering membahasnya pada  chanel-chanel mereka, sebagai sesuatu yang layak dicoba.

Untuk mendapatkannya, Anda tak perlu jauh-jauh pergi. Cukup membeli di gerai-gerai camilan Jepang yang ada di sekitar kota Anda, atau di toko online juga bisa. Anda sudah dapat merasakan sensasi dari camilan unik tersebut.

Cara Membuat Permen Kohakuto 

Bagi mereka yang belum menjumpai snack tersebut, di bawah ini contoh resep yang bisa Anda coba di rumah. Tapi sebelumnya, ketahui dulu lingkungan yang terjadi pada saat ini. Sebab, ternyata untuk dapat mengolah makanan itu, diperlukan sinar matahari yang cukup.

Permen harus dikeringkan di bawah sinar matahari secara langsung, pada suatu wadah nampan yang lebar lalu ditutup dengan plastik bersih. Di mana hal tersebut untuk menghindari permen dihinggapi lalat, juga menjaga kebersihannya.

Nah, setelah dua atau tiga hari, baru kemudian diangkat, lalu diletakkan pada toples-toples yang kedap udara. Jadi deh, permen kohakuto buatan Anda. Penasaran? Ini dia cara membuat selengkapnya!

Baca juga: Coba Yuk Sosis Telur! Jajanan Kekinian Yang Layak Dijadikan Bisnis

Bahan : 
- 8 gram agar-agar
- 4 gram gelantine
- 200 ml air putih
- 300 gram gula pasir
- Pewarna makanan sesuai selera

Cara membuat :

  • Dalam wadah, masukkan agar-agar, gelantine, air bersih, serta gula. Kemudian aduk rata sempurna
  • Nyalakan kompor, taruh wadah tersebut sembari diaduk-aduk perlahan, tunggu sampai mendidih
  • Setelah itu, tuang ke nampan atau wadah lebar, dinginkan hingga suhu ruangan atau sampai benar-benar dingin
  • Potong-potong menggunakan cetakan khusus, letakkan kembali pada nampan bersih yang sebelumnya telah dialasi plastik, selanjutnya tutup bagian atas dengan plastik pula
  • Jemur atau keringkan di bawah sengatan sinar mentari selama 2-5 hari, atau menurut cuaca yang yang terjadi. Bisa saja menjadi 5 hari atau lebih, jika memang sedang mendung
  • Permen tersebut sangat disukai semua kalangan, terutama anak-anak. Dapat pula dijadikan alternatif bisnis. Biasanya pada waktu menjelang lebaran atau hari raya keagamaan lain, sering dijajakan. Walaupun tidak dalam momen tertentu, kohakuto tetap laris diburu pembeli, karena rasanya yang sensasional.
Buka Komentar