Lagi Viral! Khusus Emak-emak, Sabun Cuci Piring Dicampur Garam! Bisa Ngirit Uang Sampai 70 Ribu Rupiah!

Lagi Viral! Khusus Emak-emak, Sabun Cuci Piring Dicampur Garam! Bisa Ngirit Uang Sampai 70 Ribu Rupiah!

Lagi Viral! Khusus Emak-emak, Sabun Cuci Piring Dicampur Garam! Bisa Ngirit Uang Sampai 70 Ribu Rupiah!

sabun cuci piring viral hemat sampai 70 ribu
Baru-baru ini, sebuah grup masak emak-emak di facebook dihebohkan dengan penemuan terbaru dari salah seorang anggotanya, tentang cara baru ngirit soal sabun cuci, khususnya piring atau peralatan makan minum lain. Sempat berminggu-minggu jadi trending topik, pasalnya banyak dari nitizen yang sebagian didominasi ibu-ibu merasa penasaran, dan ingin mencobanya.

Adalah ARKME (Aneka Resep Kue & Masakan Enak), menjadi grup paling fenomenal di dunia maya, sebab setiap waktu selalu ada saja ide-ide baru bermunculan di pemikiran kaum Hawa tersebut. Merupakan ajang belajar memasak dan membuat kue, faktanya menurut pengakuan beberapa orang yang ada di grup itu, sesudah bergabung di grup mampu membuka wawasan mereka. Menjadi lebih percaya diri, saat hendak membuka bisnis kuliner, karena bekal ilmu yang didapat selama berada di sana. 

Kembali ke topik bahasan mengenai sabun cuci piring. Tiada lain dan bukan yakni merk Sunlight yang dijadikan bahan percobaan. Dicampur garam kasar atau krisal yang masih mentah dan air. Konon masih menurut pengakuan si emak penemu bisa irit berkali-kali lipat.

Tentu keadaan tersebut membahagiakan bagi ibu-ibu, yang setiap hari harus dipusingkan dengan urusan belanja di dapur. “Irit hingga 70 ribu,’’ ujar salah seorang wanita pemilik akun instagram lambe_gosip(@nyonya_gosip). Ia berkata, bahwa semua itu didapatkan dari akun temannya yang bernama Sussi Wintarty anggota grup ARKME, di mana mendapatkan tips praktis tersebut dan dibagikan pada laman facebook miliknya.

Namun sayang, di antara euforia nitizen, seperti biasa yang berseberangan meniupkan ungkapanmiring jika hal ini berbahaya. Entah pendapat itu diperoleh dari mana. 

Baca juga: 5 Minuman Yang Pernah Viral Di Dunia Maya

Tapi seperti dikutip pada situs web alodokter.com, bila garam tidak berbahaya dan justru mengandung zat antiseptik yang bermanfaat membasmi bakteri. Demikian jawab salah seorang dokter bernama dr Nadia Nurotul Fuadah, menanggapi sebuah pertanyaan nitizen bernama Rizki Riswandy. Dokter ini juga memberikan beberapa tips, bagaimana menghindari bahaya kuman dan bakteri yang tersisa di peralatan kotor, antara lain dapat Anda baca disini :

  • Segera mencuci peralatan usai digunakan, sebab bila dibiarkan terlalu lamabisa dihinggapi lalat yang meninggalkan kumat penyakit
  • Membersihkan dengan air bersih hingga kasat sempurna
  • Dikeringkan atau dilap dan diletakkan di tempat aman terlindung

Dan buat yang penasaran, berikut caranya : 1 bungkus Sunlight ukuran 800 ml, air sebanyak 5 liter, garam kristal yang masih mentah seharga 2000 rupiah(kalau sekarang mungkin sudah naik harga menjadi sekitar 3000). Campur semua bahan, aduk perlahan. Kemudian masukkan ke dalam beberapa botol dan simpan. Selamat mencoba!
Buka Komentar