Cara Memasang Kotak Komentar Disqus di Blogger

Cara Memasang Kotak Komentar Disqus di Blogger

Cara Memasang Kotak Komentar Disqus di Blogger

Belakangan ini makin banyak blogger yang memasang kotak komentar Disqus di blog mereka. Apa itu Disqus dan untuk apa kegunaannya?

Disqus merupakan layanan komentar di internet yang bisa digunakan di banyak platform seperti Tumblr, WordPress dan Blogger. Disqus juga terintegrasi dengan Joomla, Drupal, Doku Wiki, Chimp, dan berbagai jenis CMS lainnya.

Kelebihan Disqus adalah memudahkan pengunjung untuk terhubung dengan akun media sosial mereka saat berkomentar di blog. Bahkan beberapa website besar pun sudah menggunakan Disqus sebagai kotak komentar.

Selain karena popularitasnya, Disqus ternyata juga bisa menghasilkan uang dengan monetisasi. Jadi, tertarik untuk memasang kotak komentar Disqus di blog Anda? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

memasang kotak komentar disqus

Memasang Disqus di Blog

#1. Buka halaman disqus.com.
#2. Klik “Get Started” di halaman depan atau di sudut kanan atas halaman.

memasang kotak komentar disqus

#3. Anda bisa Sign Up menggunakan email atau supaya lebih mudah Anda juga bisa Sign Up menggunakan akun Facebook/Twitter/Google.

memasang kotak komentar disqus

#4. Setelah proses Sign Up atau Login selesai, Anda akan langsung diarahkan ke halaman berikutnya. Untuk memasang kolom komentar maka pilih “I want to install Disqus on my site”.

memasang kotak komentar disqus

#5. Kemudian Anda akan diarahkan ke halaman “Create new site”. Isi semua kolom sesuai dengan kebutuhan Anda.

memasang kotak komentar disqus

#6. Klik “Create Site”.
#7. Pada halaman Select a Plan pilih Basic lalu klik “Subscribe Now”.
#8. Pilih “Blogger”.
#9. Pada tahapan ini kita akan menyematkan kolom komentar Disqus di blog. Klik “Add nama situs Anda to my Blogger Site”.

memasang kotak komentar disqus

#10. Anda langsung diarahkan ke halaman https://www.blogger.com/add-widget. Pilih blog yang ingin Anda tambahkan komentar Disqus, tulis judul Widgetnya lalu klik “Menambah Widget”.

Selesai.

Sekarang periksa apakah kolom komentar Disqus sudah muncul di blog Anda atau belum dengan membuka salah satu postingan. Jika belum muncul, mungkin ada pengaturan yang salah.

Solusi Kolom Komentar Disqus Tidak Muncul

Dengan berbagai fitur menarik yang ditawarkan, Disqus memang sering ‘tidak bersahabat’ dengan pengguna platform Blogger yang belum menggunakan custom domain.

Jika cara di atas berhasil, maka seharusnya kolom komentar Disqus sudah muncul. Namun terkadang muncul pesan “We were unable to load Disqus. If you are a moderator please see our troubleshooting guide.” Apabila Anda menemukan pesan tersebut, maka solusinya sangat mudah.

#1. Masuk menu “Setelan” Blogger > klik “Postingan, komentar dan berbagi.
#2. Pada “Lokasi Komentar” pilih opsi “Sembunyikan”.

memasang kotak komentar disqus

Sekarang cek lagi apakah kolom komentar Disqus sudah muncul atau belum.
Jika masih belum muncul juga maka cara yang harus Anda lakukan adalah mengimpor seluruh komentar di Blogger ke platform Disqus lewat pengaturan di halaman disqus.com.

Untuk melakukannya Anda harus menghapus komentar-komentar yang sudah ada di blog Anda sebelumnya. Cara ini tentu tidak disarankan, tetapi apabila Anda berniat mencoba tidak ada salahnya.

Tips Tambahan

Ada satu lagi fitur yang mungkin tidak dimiliki oleh kolom komentar bawaan Google. Disqus ternyata bisa mengatasi masalah para blogger yang kesal karena kolom komentar mereka sering dijadikan tempat ‘titip’ link yang tidak bermanfaat. Untuk itu ada fitur untuk memproteksi link yang disematkan di kolom komentar Disqus.

Fitur ini bisa diaktifkan di dasbor admin Disqus. Caranya klik gambar gerigi (pengaturan) > “Admin” > “Settings” > ceklis bagian “Links in comments”.

Demikian tutorial memasang kolom komentar Disqus di blog khususnya platform Blogger. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Buka Komentar