Membuat Listicle di Blogger dengan Playbuzz

Membuat Listicle di Blogger dengan Playbuzz

Membuat Listicle di Blogger dengan Playbuzz

Tantangan menulis di blog adalah bagaimana cara agar pengunjung lebih betah membaca artikel kita secara penuh. Nah, salah satu triknya adalah dengan membuat listicle atau artikel berupa list. Dengan begitu, pembaca akan lebih mudah mendapatkan informasi dari setiap poin sehingga mereka tidak merasa bosan untuk membaca hingga akhir artikel.

Di platform Blogger sendiri sebenarnya tidak ada fitur khusus untuk membuat listicle yang menarik. Namun, Anda bisa menggunakan tool lain yang disediakan gratis oleh Playbuzz. Di platform tersebut ada banyak pilihan untuk membuat konten yang lebih interaktif dengan pengguna, termasuk listicle.

membuat listicle di blogger

Berikut ini adalah tutorial membuat listicle di Blogger dengan Playbuzz.

Membuat Listicle dengan Playbuzz

#1. Kunjungi playbuzz.com.
#2. Gulir halaman ke bawah, lalu klik “Start Creating” atau klik “Create” di sudut kanan atas halaman.

membuat listicle di blogger

#3. Pada kotak dialog “What’s your story?” ada beberapa template konten kreatif yang bisa Anda gunakan, namun kali ini pilih “List” untuk membuat listicle.
#4. Jika pernah mendaftar Playbuzz sebelumnya, Anda bisa login menggunakan email dan password Anda. Tetapi jika belum, cukup login menggunakan akun Facebook atau Google.

membuat listicle di blogger

#5. Setelah login, Anda akan langsung diarahkan ke halaman pembuatan list. Cara membuatnya sangat mudah, perhatikan gambar di bawah ini:

membuat listicle di blogger

Keterangan:
(1) Anda bisa menambahkan header judul listicle yang Anda buat.
(2) Judul list.
(3) Pengaturan untuk mengganti jenis dan warna bullet atau numbering yang digunakan.
(4) Menambahkan foto atau video. Playbuzz menyediakan pustaka gambar gratis dari Getty Images, Giphy dan Youtube. Anda juga bisa mengunggah foto sendiri menggunakan tombol “Upload”.


(5) Tulis deskripsi list di sini.

#6. Untuk membuat list kedua, ketiga dan seterusnya, Anda tinggal tuliskan di kolom-kolom berikutnya. Jika ingin memperbanyak jumlah list, cukup sorot kotak terbawah lalu klik tombol “duplicate” yang ada di sebelah kiri nomor.
#7. Setelah listicle siap, selanjutnya klik “Publish”. Apabila muncul kotak dialog “Are you sure this is in English?” pilih “Label this item as Indonesian”.
#8. Terakhir klik “Copy Code” untuk ditempel di postingan blog Anda.


Keterangan:
- “Display story details” untuk memunculkan header.
- “Display share buttons” untuk memunculkan tombol bagikan ke platform lain.

Menyematkan Konten Playbuzz di Blogger

#1. Buat postingan baru.
#2. Ubah format penulisan dari “Compose” menjadi “HTML”, lalu sisipkan kode yang disalin dari Playbuzz tadi di tempat yang Anda inginkan. Misalnya bisa Anda tempatkan setelah paragraf pertama atau di manapun sesuai kebutuhan. Contohnya seperti listicle di bawah ini:



Demikian tutorial membuat listicle di Blogger dengan menggunakan platform Playbuzz yang tersedia gratis. Selain listicle, Anda juga bisa membuat berbagai konten kreatif lainnya dengan template yang ada seperti personality quiz, poll, flip card, trivia, video, ranked list, convo, dan sebagainya sesuai dengan kreativitas Anda.

Selain gratis keuntungan menggunakan Playbuzz ini Anda juga bisa memantau aktivitas pembaca artikel di blog Anda. Dengan fitur “Track Performance” maka akan terlihat berapa persen pembaca yang membaca list mulai dari awal sampai akhir.


Selamat mencoba.
Buka Komentar