Menambahkan Tombol Chat Whatshelp di Blog

Menambahkan Tombol Chat Whatshelp di Blog

Menambahkan Tombol Chat Whatshelp di Blog

Setiap pemilik blog kiranya wajib menambahkan informasi kontak seperti alamat email atau nomor HP di blog. Tujuannya tentu agar kita mudah dihubungi jika ada keluhan, kritikan atau masukan dari pengunjung. Nah, tombol chat Whatshelp adalah solusi praktis untuk membuat pengunjung bisa menghubungi pemilik blog secara langsung.

Apa itu Whatshelp? Ini adalah sebuah widget yang bisa digunakan di berbagai platform termasuk Blogger. Berbeda dengan form di halaman “Contact Us”, dengan tombol ini pengunjung akan diarahkan langsung menuju aplikasi untuk menghubungi Anda, misalnya Messenger, WhatsApp, LINE, Telegram, SMS, dan lain-lain.

Tombol chat dari Whatshelp ini sangat berguna khususnya untuk pengguna mobile device. Sebab pengunjung blog Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk menyimpan kontak WA, menambahkan teman di LINE atau menyukai halaman Facebook. Hanya cukup sekali tekan, maka mereka akan langsung bisa menghubungi Anda melalui kontak yang tersedia.

memasang tombol whatshelp di blog

Instalasi widget ini gratis, namun ada beberapa fitur yang harus diaktifkan dengan membayar. Oke, sekarang mari kita menuju cara memasang tombol chat Whatshelp di blog.

Cara Memasang Tombol Whatshelp

#1. Pertama-tama masuk ke halaman Whatshelp widget.
#2. Klik “Get Your Button” atau langsung gulir halaman ke bawah.

memasang tombol whatshelp di blog

#3. Anda akan melihat tulisan “Get a Free Button in Three Simple Steps”, lalu ada tiga langkah yang harus Anda lewati.
#4. Di poin pertama (Choose messaging apps), pilih aplikasi apa saja yang ingin Anda gunakan agar mudah dihubungi oleh pengunjung. Namun untuk versi gratis Anda hanya bisa memilih dua tombol saja, misalnya WhatsApp dan LINE.

memasang tombol whatshelp di blog

#5. Isikan kolom WhatsApp dengan nomor Anda menggunakan awalan +62 (kode Indonesia) untuk menggantikan 0.
#6. Isikan kolom LINE dengan URL profile Anda. Jika Anda bingung, maka Anda bisa mencoba salah satu di antara dua cara berikut ini:

- Gunakan ID atau username LINE Anda, lalu tulis di bagian belakang URL berikut ini: http://line.me/ti/p/~ID_LINE_kamu. Jika menggunakan aplikasi LINE@, jangan lupa tambahakan “@” di depan username.

- Jika belum mengatur ID atau username, maka Anda harus gunakan cara yang kedua. Masuk ke aplikasi LINE > Tambah Teman > Undang > SMS > Kirim ke nomor Anda sendiri. Nantinya Anda akan mendapat SMS yang berisikan URL profile LINE.

#7. Untuk versi gratis, Anda tidak bisa mengubah Company logo dan Greeting message di langkah kedua (Customize your button). Yang bisa Anda ubah hanya warna tombol, letaknya (di kiri atau kanan bawah), dan teks “Call to action”.

memasang tombol whatshelp di blog

Preview tombol yang Anda buat akan muncul di sebelah kanan bawah halaman.

memasang tombol whatshelp di blog

#8. Di langkah ketiga, masukkan email Anda lalu klik “Get Button Code”, kemudian akan muncul kode yang harus Anda tempel di blog.

memasang tombol whatshelp di blog

#9. Sekarang buka dasbor blog Anda > “Tema” > “Edit HTML”. Lalu salin kode tombol Whatshelp yang sudah Anda buat tadi tepat sebelum kode </body>. Setelah itu klik “Simpan”.

Buka halaman depan blog Anda. Jika langkah-langkah tadi berhasil, harusnya tombol Whatshelp akan muncul di bagian kanan atau kiri bawah.

Tips dan Trik

Pengguna Whatshelp versi lama ternyata masih bisa mengganti Company logo dan Greeting message. Caranya, edit kode Whatshelp dengan menambahkan kode di bawah ini tepat sebelum kode “call_to_action”. Huruf yang dimiringkan bisa Anda ganti dengan URL logo dan kalimat Anda sendiri.

company_logo_url: "//static.whatshelp.io/img/flag.png", // URL of company logo (png, jpg, gif)
greeting_message: "Hello, how may we help you? Just send us a message now to get assistance.", // Text of greeting message

memasang tombol whatshelp di blog


Demikian tutorial cara memasang tombol Whatshelp di blog. Selamat mencoba.
Buka Komentar