Perbedaan Blog Gado-Gado Dengan Blog Satu Niche (Spesifik) di Mata Adsense

Perbedaan Blog Gado-Gado Dengan Blog Satu Niche (Spesifik) di Mata Adsense

Perbedaan Blog Gado-Gado Dengan Blog Satu Niche (Spesifik) di Mata Adsense

Perbedaan Blog Gado-Gado Dengan Blog Satu Niche (Spesifik) di Mata Adsense
Bekerja sebagai blogger tentu saja sudah menjadi pekerjaan yang paling banyak dilirik orang untuk saat ini.Walaupun tidak semua blogger menjadikan blogging sebagai pekerjaan utama, namun tidak sendikit yang bahkan menjadikan blog bukan hanya semata hiburan dan hobi, melainkan sebagai sumber penghasilan.

Ya, jika kita berbicara mengenai blog, tentu saja kita juga akan mengenal yang namanya layanan periklanan atau publisher, sebab keduanya saling berhubungan satu sama lain.

Berbicara mengenai blogging, memang sasaran utamanya adalah berkreativitas dalam hal pembuatan konten. Konten sendiri menjadi komposisi terpenting dalam suatu blog sekaligus mempengaruhi layanan lainnya, tidak terkecuali iklan berbasis Adsense misalnya.

Saat ini, blog yang kita kenal memiliki 2 jenis sesuai dengan isi kontennya, yaitu blog yang memiliki konten beragam dan berbeda-beda pembahasan, blog yang satu ini seringkali disebut sebagai blog gado-gado. Adapun versi lainnya yakni blog dengan satu pembahasan namun beragam jenis artikelnya, umumnya blog ini disebut sebagai blog spesifik, karena hanya mencangkup artikel-artikel satu niche.

Beralih dari pembahasan mengenai blog, sekarang kita berbicara tentang layanan iklan dari Adsense, sebuah vendor periklanan ternama di dunia. Hampir semua blogging menjadi publisher dari Adsense, mengingat keuntungan yang diperoleh dari layanan periklanan ini sangat besar.

Adapun akses menjadi publisher Adsense ini bergantung dengan blog yang kita miliki sebagai sarananya. Berhubung artikel ini membahas tentang perbedaan blog gado-gado dengan blog satu niche, maka dapat dijabarkan antara blog dengan Adsense seperti di bawah ini.

Berikut perbedaan mendasar antara blog gado-gado dengan blog satu Niche apabila dikaitkan dengan Adsense.

Blog gado-gado

Menurut Adsense, blog gado-gado memiliki reputasi dalam hal penayangan memang cenderung stabil, baik jumlah visitornya maupun aktifitas pengguna yang mampir ke blog tersebut.

Mungkin kebanyakan orang akan berpikir bahwa dengan mereka mencampuradukkan berbagai macam konten ke dalam satu blog hingga menjadi blog gado-gado dapat meningkatkan jumlah trafik atau pengunjung di setiap waktunya.

Sayangnya, penayang iklan Adsense justru tidak mementingkan soal kestabilan visitor untuk blog gado-gado. Mengapa? Adsense memberikan pelayanan iklan sesuai dengan karakteristik konten blog.
Misalnya Adsense akan menayangkan iklan produk smartphone di blog yang memang kontennya membahas tentang seputar gadget atau teknologi.

Begitupun dengan blog gado-gado ini, yang membuat Adsense sulit menempatkan kategori iklan yang sesuai dengan karakteristik dan konten blog, walaupun dari adminnya sendiri telah menentukan kriteria blog miliknya.

Blog gado-gado pun juga tidak begitu diminati oleh para pembaca, sebab mereka tidak bisa menemukan konten lain yang serupa. Dikatakan visitornya stabil adalah karena blog gado-gado memiliki beragam konten, sehingga di waktu-waktu tertentu selalu ada pembacanya dengan konten yang berbeda-beda.

Intinya, blog dengan konten berbeda-beda alias gado-gado mempengaruhi layanan Adsense sekaligus pembacanya.

Yang pertama, apabila anda memiliki blog gado-gado, tentu ketika anda mendaftarkannya ke layanan Google Adsense, penerimaan blog anda sebagai publisher tidak semudah blog yang berisi konten hanya satu niche saja. Peluang klik pun lebih kecil dalam iklan PPC, sebab jika ada pembaca yang mencari konten tertentu dan menemukan iklan yang tidak sejalan dengan konten tersebut maka sangat memungkinkan iklan yang ditayangkan tidak menarik perhatian pembaca. Alhasil, pengunjung banyak, penghasilan iklan masih cenderung minim.

Yang kedua, apabila anda memutuskan untuk membuat blog gado-gado, maka jangan harap akan ada pembaca yang mampu bertahan di blog anda. Mengapa? Sekarang kita logika saja, misalnya ada pengunjung yang mencari artikel tentang komputer, sedangkan di blog tersebut hanya memiliki sedikit tentang artikel komputer,maka dipastikan pengunjung tidak akan bertahan lama di situ. Sekarang kita bedakan dengan blog yang memiliki satu niche/topik namun beragam artikelnya. Tentu pengunjung blog selain membaca satu artikel akan beralih artikel yang serupa di blog tersebut.

Blog satu niche/topik

Mungkin apabila kita bandingkan blog satu topik dengan blog gado-gado, maka jelas soal traffic blog satu topik tidak sestabil bahkan sebanyak blog gado-gado.

Biasanya blog dengan satu topik hanya akan dikunjungi oleh pembaca yang benar-benar mencari konten yang terdapat di blog tersebut. Walaupun peluangnya kecil, namun besar kemungkinan pembaca dapat bertahan di blog tersebut dengan waktu yang relatif lama.Sebabada banyak artikel serupa yang dapat menarik perhatian pembaca tersebut.

Sekarang kita hubungkan dengan Adsense sebagai penyedia iklan jikalau kita ingin menjadi publishernya.

Untungnya kalau kita memiliki blog dengan satu topik ini kemungkinan besar akan lebih mudah diterima oleh Adsense. Sebab, Adsense dapat dengan mudah menempatkan kategori/tayangan iklan tertentusesuai dengan karakteristik konten di sebuah blog.

Peluang respon dari pengunjung terhadap iklan pun demikian. Semisal ketika blog kita membahas tentang seputar otomotif. Kemudian ada pengunjung dan pada saat yang bersamaan di blog kita Adsense menayangkan iklan tentang mobil, tentu saja pengunjung tersebut dapat tertarik dengan iklan hingga berpeluang untuk mengkliknya.

Baca juga: Tips Blog Gado-Gado Atau Campuran Menjadi Unggul dari Blog Spesifik

Dalam mesin pencari, blog dengan satu topik cenderung lebih mudah untuk dideteksi Google, sebab Google sendiri lebih suka blog yang membahas tentang satu topik namun beragam, daripada berbagai macam konten namun tidak lengkap.

Dari pemaparan di atas sudah dapat disimpulkan bahwa inti perbedaan antara blog gado-gado dengan blog satu niche/topik terlihat pada kriteria blog itu sendiri dan juga pengaruhnya terhadap Adsense dan mesin pencari.
Buka Komentar