Review Berjualan di OLX Tahun 2018

Review Berjualan di OLX Tahun 2018

Review Berjualan di OLX Tahun 2018

Review OLX
Di era yang serba digital ini rasanya manusia tidak bisa terlepas dari pengaruh teknologi. Bahkan aktivitas sederhana seperti jual beli pun kini telah beralih ke versi digital. Salah satu buktinya adalah kehadiran marketplace online seperti OLX.

Sebenarnya ada banyak situs-situs yang menjadi tempat jual-beli secara online. Sedangkan khusus untuk OLX ini sendiri memiliki sedikit perbedaan daripada situs-situs serupa lainnya. Selengkapnya dapat anda simak review berikut ini.

Akses ke halaman website OLX

Seperti kebanyakan market place pada umumnya, situs OLX dapat diakses melalui PC atau pun ponsel.Cara mengaksesnya pun cukup mudah, jika anda menggunakan PC maka anda dapat membukanya di alamat web www.olx.co.id. sedangkan bagi anda yang ingin membukanya melalui ponsel dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui website m.olx.co.id atau melalui aplikasi yang telah disediakan OLX untuk versi android dan IOS.Untuk mengakses website ini anda tidak diharuskan untuk membayar atau mengeluarkan biaya, sebab OLX ini dapat diakses secara gratis.

Konten web OLX

Karena fungsinya yang digunakan untuk kegiatan jual beli secara online, OLX berusaha menampilkan desain website yang sedemikian rupa agar penjual maupun pembeli dapat mengenalinya dengan baik. Adapun fitur-fiturnya di bagian konten website OLX yang meliputi:

1. Keyword atau kata kunci untuk pencarian
Seperti halnya dengan situs-situs jual beli online pada umumnya, OLX juga menyediakan fitur kotak pencarian yang mana dapat membantu anda ketika ingin mencari sebuah produk atau jasa. Oleh karena itu OLX menjamin kemudahan bagi siapapun yang ingin menjual atau membeli barang melalui OLX.

Baca juga: Review Aplikasi BebasBayar di Tahun 2018

2. Registrasi user/pengguna
Untuk memastikan agar aplikasi OLX tidak disalahgunakan, maka bagi siapapun yang ingin menjadi member atau pengguna OLX harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Begitu juga dengan anda, apabila ingin menjual sebuah produk atau jasa, maka mau tidak mau anda tetap harus melakukan registrasi pengguna baru. Dengan demikian maka dipastikan OLX memiliki sistem keamanan yang cukup baik.

3. Layanan iklan gratis
Maksud di sini adalah ketika anda berencana untuk menjual sebuah produk atau jasa di situs OLX. Adapun pemasangan produk atau jasa ini juga disebut sebagai layanan iklan. Di OLX sendiri anda dapat memasang iklan secara cuma-cuma alias gratis.

Cara untuk uploadnya sendiri adalah dengan mengunggah setidaknya satu foto produk atau jasa yang akan kita promosikan di OLX. Untuk memudahkan publik dalam mengenali produk atau jasa unggahan kita harus melengkapi keterangan lengkap tentang foto yang kita upload tersebut, mulai dari judul/nama produk atau jasa, deskripsi atau spesifikasi, harga yang akan kita tawarkan, hingga kondisi barang atau jasanya. Sedangkan untuk keterangan mengenai tempat dapat kita atur di bagian profil akun kita.

Setelah semua keterangan produk atau jasa yang dibutuhkan telah kita lengkapi, tinggal langkah yang terakhir yaitu pasang iklan. Nantinya akan ada tinjauan dari pihak OLX, apabila iklan kita disetujui maka akan langsung terpublikasi dan dapat dilihat oleh pengguna OLX di seluruh Indonesia.

4. Jangkauan lokasi seluruh Indonesia
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa OLX mampu menjangkau hampir seluruh Indonesia, sehingga ketika anda mengiklankan suatu produk atau jasa, sangat memungkinkan untuk dapat dilihat oleh jutaan orang.

Untuk fitur lain bagi anda sebagai pembeli, OLX menyediakan layanan lokasi terdekat. Hal demikian membantu anda dalam mencari barang atau jasa di sekitar lokasi terdekat anda. Jadi ketika ingin bertransaksi, anda tinggal mendatangi lokasi penjual terdekat tersebut tanpa melalui perantara layaknya jarak jauh.

5. Tersedia untuk semua kategori
Aplikasi OLX menyediakan berbagai macam kategori untuk jenis produk atau jasa yang ingin anda jual atau beli. Sehingga dapat dikatakan kalau OLX ini terbilang lengkap untuk semua jenis barang atau jasa yang diperjualbelikan. Dengan demikian anda tidak harus repot-repot kesana-kemari hanya untuk mencari produk&jasa maupun mencari pasar/pembeli, sebab melalui layanan OLX ini saat membuat semuanya menjadi mudah dan efisien.

6. Sarana hubung
OLX telah menyediakan fitur chat dimana antara penjual dan pembeli dapat mengobrol secara langsung melalui aplikasi OLX selain sosial media.

Adapun OLX sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan sebagaimana aja dipaparkan berikut.

Kelebihan OLX :

  1. OLX Indonesia menyediakan berbagai macam barang dan jasa (baik baru maupun bekas).
  2. Ruang lingkup OLX menjangkau seluruh Indonesia dan dapat diperkecil sesuai yang diinginkan pengguna.
  3. Pembeli tidak diharuskan untuk registrasi terlebih dahulu.
  4. Antara penjual dan pembeli dapat berkomunikasi secara langsung.

Kekurangan OLX :

  1. Resiko penipuan tinggi apabila tidak melakukan transaksi secara langsung (tatap muka), sebab tidak ada perantara.
  2. Penjual dapat memanipulasi spesifikasiproduk atau jasa.
  3. Tidak bisa menghubungi costumer servis secara langsung, melainkan melalui form keluhan.

Baca juga: Review Aplikasi Paytren di Tahun 2018

Demikianlah sedikit gambaran dan review mengenai situs jual-beli OLX. Sekiranya anda ingin mencoba menggunakan aplikasi yang satu ini, anda harus jeli memilih produk atau jasa, hal yang memungkinkan untuk bertransaksi secara aman adalah jika anda menemui penjual atau pembeli secara langsung.
Buka Komentar