3 Langkah Sukses Mengerjakan Bisnis Tanpa Modal Sama Sekali

3 Langkah Sukses Mengerjakan Bisnis Tanpa Modal Sama Sekali

3 Langkah Sukses Mengerjakan Bisnis Tanpa Modal Sama Sekali

3 Langkah Sukses Mengerjakan Bisnis Tanpa Modal Sama Sekali
Ingin menekuni bisnis apapun, modal adalah alat vital yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis ketika akan membuka usahanya. Apakah besar atau kecil, itu semua ditentukan oleh jenis usaha yang dipilih hendak ditekuni. Tapi mendapatkannya, yang sulit.

Sebab bisnis juga sebuah kepercayaan. Jadi pahamilah, ketika Anda bertemu seseorang untuk dimintai bantuan, akan tetapi enggan memberikan kepada Anda. Tidak perlu marah dan sakit hati.

Andai posisi dia adalah Anda, tentu akan berpikir ulang bukan untuk mengeluarkan dana? Secara bisnisnya saja belum ada atau justru belum didirikan, bagaimana mau melihat prospek kedepannya?

Baca juga: 3 Teknik Pengembangan Usaha Bisnis

Pikiran negatif seperti itu, adalah wajar. Yang tidak boleh adalah Anda menyerah kalah sebelum berucap. Nah, supaya dapat bisa berhasil, ikuti 3 langkah sukses mengerjakan bisnis tanpa modal sama sekali, berikut ini!

1. Cerdas Memanfaatkan Skill

Buat daftar list ide bisnis, kemudian pilihlah yang paling sederhana dan mudah ditekuni. Bila Anda jeli dan bisa membaca peluang, di dunia ini masih banyak jenis usaha mandiri yang bisa didirikan.

Misalnya : Rumah di dalam gang, pasti sulit bukan untuk membuka bisnis. Jika Anda pintar memasak atau menjahit, menyulam dan sebagainya, kerjakan bagian itu dulu. Lalu peralatannya? Ini juga masalah modal yang harus dipenuhi bukan?

Caranya gampang! Sebagai contoh simpelnya : Anda bisa menjual jasa keahlian lain yang dimiliki, selain yang disebutkan di atas sebagai ide bisnis. Misalnya, di samping pintar memasak Anda mahir pula menulis atau selain bisa mengutak-atik gadget dan berencana membuka counter reparasi handphone, Anda juga pintar dan paham tentang bisnis online, maka manfaatkan! Fee yang Anda peroleh, dapat disisihkan membuka bisnis yang sedang Anda incar sebelumnya.

Mungkin tips tersebut sedikit membingungkan ya? Intinya, Anda memanfaatkan dua skill sekaligus, agar tidak gagal, pahami 3 langkah sukses mengerjakan bisnis tanpa modal sama sekali selanjutnya. Okay, sampai di sini Anda paham?

2. Fokus Pada Satu Bisnis

Pada kenyataannya susah mengerjakan dua bisnis secara bersama-sama, jika tips pertama dilakukan? Namun intinya di sini adalah Anda memahami masalah yang sedang Anda hadapi, yaitu ingin sukses mengerjakan bisnis tanpa modal sama sekali.

Seiring berjalannya waktu, dua skill yang semua dikerjakan tadi akan menemukan jalannya masing-masing. Mungkin salah satu akan tumbang, terkalahkan dengan yang lain, kemudian secara otomatis, pikiran hanya akan terarah pada satu bisnis jasa.

Itu sangat bagus! Artinya Anda telah menemukan passion yang tepat dalam berbisnis. Jadi kerisauan masalah modal bukan hambatan lagi, tinggal fokus membangun brandname.

Dalam dunia bisnis, banyak  kisah yang menceritakan bagaimana seorang pebisnis harus mengalami jatuh bangun, sebelum menemukan passion bisnis yang tepat pada dirinya. Dan jika Anda dapat menemukannya dalam waktu singkat, bukankah amazing?

Baca juga: Cara Memperoleh Modal Usaha Dalam Bisnis

3. Perbanyak Ilmu Dan Tingkatkan Kemampuan

Memperbanyak ilmu dan meningkatkan kemampuan, merupakan langkah yang dapat Anda ambil dalam rangka mengkuti kiat 3 langkah sukses mengerjakan bisnis tanpa modal sama sekali. Dua hal penting ini seharusnya dimiliki oleh semua pengusaha bila tak ingin mengalami kegagalan.

Dapat diperoleh dari mana saja, mulai buku yang dibaca, ikut seminar-seminar penting terkait bisnis juga kursus pelatihan. Berbisnis juga ada tehnik dan ilmunya. Tidak sembarangan action tanpa ilmu dan kemampuan yang memadai.
Buka Komentar