4 Trik Menghindari Komplain Pelanggan

4 Trik Menghindari Komplain Pelanggan

4 Trik Menghindari Komplain Pelanggan

4 Trik Menghindari Komplain Pelanggan
Judul artikel ini "4 Trik Menghindari Komplain Pelanggan", digunakan menghadapi pelanggan yang merasa tidak puas, atas hasil pelayanan sebuah toko / perusahaan / bisnis tertentu. Membuat produk dan jasa sempurna, itu bukan sesuatu yang mudah dikerjakan. Pada dasarnya semua pelaku bisnis, ingin hasil pekerjaannya dapat diterima, semua kalangan konsumennya.

Baca juga: Analisis Resiko Dalam Menjalankan Usaha Bisnis

Namun sayangnya, tidak semua hal baik tersebut terjadi pada perusahaan. Terkadang meski sudah dijalankan dengan baik dan sempurna, tapi kekurangan akan selalu ada. Dan untuk mengatasinya berikut, 4 trik menghindari komplain pelanggan.

1. Berkerja Penuh Tanggung Jawab

Berkerja penuh tanggung jawab, pada perusahaan yang Anda miliki atau pada bisnis jasa yang ditekuni, menjadi pilihan tepat dalam 4 trik menghindari komplain pelanggan. Jika Anda berserta para asisten yang membantu, dapat mengerjakan semua pekerjaan dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab, maka hal buruk tersebut bisa dihindari. Anda tidak perlu merasa cemas, terhadap hasil akhir, dari sebuah pekerjaan yang telah dikerjakan.

2. Mengetahui alasan komplain

Mengetahui alasan pemicu terjadinya kekesalan konsumen, termasuk juga pada 4 trik menghindari komplain pelanggan. Umumnya hal tersebut ada di :

  • Waktu pengiriman yang telat tak sesuai jadwal yang dijanjikan
  • Anda kehabisan stok barang pada saat konsumen sangat membutuhkan
  • Diskripsi barang yang tak sesuai, meliputi : Bahan, ukuran, panjang, lebar ataupun masalah warnanya yang tak sama dengan yang ditulis dan digambar.

Dengan mengumpulkan faktor alasan di balik rasa ketidakpuasan dan kenyamanannya, maka dapat dilakukan penanganan yang tepat, yang kemudian menjadi solusi pelanggan. 4 trik menghindari komplain.

3. Meningkatkan Ilmu Dan Skill

Komplain pelanggan kecil kemungkinan bakal terjadi pada sebuah bisnis, jika selaku owner mau meningkatkan ilmu dan skill yang dimiliki. Tetap stuck di satu sisi, tak mau melakukan inovasi dan miskin kreatifitas. Akibatnya produk dan jasa, dibanding-bandingkan dengan pesaing. Tentu saja peristiwa ini, cukup membuat hati Anda kesal bukan?

Pastinya peristiwa tersebut tidak ingin Anda alami bukan? Maka dari itu, belajarlah mengasah dan meningkatkan ilmu dan skill, perbaikilah semuanya. Penuhi apa yang diinginkan klien ataupun konsumen Anda. Sebab cara ke-2 ini juga merupakan salah satu cara dari 4 trik menghindari komplain pelanggan.

4. Meningkatkan Nilai SDM Para Pekerja

Meningkatkan nilai SDM para pekerja yang membantu berjalannya bisnis, menjadi cara selanjutnya dan terakhir pada4 trik menghindari komplain pelanggan. Setelah sang owner yang perlu memperbaiki kualitas kemampuannya menghasilkan sesuatu yang baru, kini giliran para pegawai yang membantu pekerjaan di perusahaan.

Baca juga: Trik Menghadapi Persaingan Dalam Menekuni Bisnis Online

Latihlah mereka sampai benar-benar mahir mengerjakan tugas yang Anda berikan. Bila perlu, penting kiranya Anda selaku atasan, memberi reward pada karyawan yang berprestasi, supaya lebih giat dan baik lagi di dalam menyelesaikan beban yang Anda berikan. Karena hal tersebut, menjadikannya semangat untuk berkerja. Seorang bos yang baik hati dan pengertian terhadap kesulitan yang dihadapi bawahannya, akan lebih dihormati dan dihargai. Hingga pada akhirnya akan berujung pada pekerjaan mereka di perusahaan, menjadi lebih baik lagi.

Demikian 4 trik menghindari komplain pelanggan. Semoga dapat membantu keadaan sulit yang seringkali Anda hadapi sebagai pebisnis. Sebab, sejatinya bisnis adalah tentang hal bagaimana Anda melayani dan memenuhi kebutuhan orang lain, jadi akan lebih bijak Anda menyajikan pelayanan, sesuai yang konsumen inginkan.
Buka Komentar