5 Cara Memilih Investasi Yang Benar Untuk Pemula

5 Cara Memilih Investasi Yang Benar Untuk Pemula

5 Cara Memilih Investasi Yang Benar Untuk Pemula

5 cara memilih investasi yang benar untuk pemula
Berinvestasi merupakan cara bijak melindungi kepentingan Anda, terkait urusan finansial di masa depan. Tapi memulainya adalah kesulitan tersendiri. Tentunya bagi mereka yang masih awam, akan mengalami kebingungan tersendiri, bagaimana cara yang tepat dan benar untuk mengerjakan.

Tapi Anda tak perlu cemas. Melalui artikel yang berjudul ‘’5 Cara Memilih Investasi Yang Benar Untuk Pemula’’, ini akan membahas seputar permasalahan Anda yang tengah dihadapi. Tak sabar ingin tahu selengkapnya? Ini dia penjelasannya!

5 Cara Memilih Investasi Yang Benar Untuk Pemula

1. Meluruskan Niat 

Sebelum memutuskan bergabung, ketahui dulu niat Anda. Jika berpikir ingin cepat kaya dalam waktu singkat, maka sebaiknya lupakan keinginan untuk berinvestasi. Karena supaya berhasil dalam berivestasi memerlukan proses, di mana harus melalui pengetahuan dan pengalaman yang terasah dan terukur dengan baik pula.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Sukses untuk Pemula

2. Mengetahui Ilmunya

Sama seperti menjalankan sebuah bisnis investasi juga sama, membutuhkan ilmu dan wawasan yang memadai sebelum melangkah. Anda bisa mendapatkannya dari : Keikut-sertaan seminar, membaca ebook hingga buku cetak, webinar dan lain sebagainya. Mengapa hal tersebut penting dilakukan? Agar nantinya Anda paham, jika perkara investasi ialah masalah mengatur otak dan perasaan bagaimana, memperoleh kekayaan.

3. Mulai Dari Yang Kecil

Ketika membuka bisnis, orang pasti memperhitungkan tentang laba dan rugi. Begitupun yang terjadi pada investor. Kemungkinan buruk seperti saham ambruk, menjadi warning tersendiri yang harusnya selalu diwaspadai, saat memutuskan hendak membeli saham.

Jadi prinsipnya sama kala menjalankan bisnis. Belilah dalam jumlah sedikit, jika kemungkinan buruk yang tak diharapkan datanga, kerugian yang dialami tidak parah. Misalkan harus merugi 100%, tidak akan jatuh miskin, sebab pengaturan keuangan masih di tangan Anda.

4. Giatlah Belajar Dari Pengalaman

Orang berinvestasi pada dasarnya tengah mempertaruhkan sesuatu dalam hidupnya, terutama soal keyakinan menang dan kalah. Mirip pemain judi, spekulan terkadang ikut pula mewarnai perjalanan aktifitas investor. Disadari atau tidak, sekali dua kali seseorang akan jatuh dan kalah.

Tapi dari sana, mereka belajar. Pengalaman merupakan guru berharga. Namun bila serius berinvstasi, hendaknya tetap giat bangkit lagi dan berusaha.

5. Berkerja Keras

Mengerjakan investasi, bukan berarti Anda berpangku tangan dan berhayal mendapatkan keuntungan besar. Tetap saja bila pemula Anda masih dituntut banyak berkerja keras mempelajari segala hal tentang investasi.

Jikapun pada awalnya dulu ikut-ikutan tak punya pendirian tetap, mulai sekarang up-grade kembali niat Anda di hati, bila memang ingin serius menekuni. Tak ada kesuksesan yang dibangun pada waktu semalam. Semuanya, sekali lagi membutuhkan proses lama menguji kesabaran.

Bila yang telah disebutkan di atas Anda pelajari dengan baik, maka investasi secara benar bukan hal sulit untuk didapatkan. Karena pada dasarnya, meski terlihat mudah nyatanya sangat memerlukan banyak kesiapan, baik secara mental dan modal serta kecerdasan yang terarah. Akan lebih baik mengukur kemampuan modal berdasar sumber pengetahuan, supaya dapat meminimalisir kerugian.

Baca juga: Cryptocurrency, Investasi Pintar Zaman Now

Dan pada akhirnya, berbisnis investasi hanyalah soal idealisme. Orang-orang cerdas mengggunakan invesatasi, sebagai kendali dalam mengatur keuangannya di saat sekarang dan nanti.

Demikian artikel ‘’5 Cara Memilih Investasi Yang Benar Untuk Pemula’’. Semoga bisa dijadikan panduan, buat yang ingin berinvestasi. Tetaplah semangat dan jangan pantang menyerah oleh keadaan buruk yang barangkali terjadi, di tengah perjalanan membangun mimpi.
Buka Komentar