6 Trik Mengatur Keuangan Supaya Hidup Nyaman

6 Trik Mengatur Keuangan Supaya Hidup Nyaman

6 Trik Mengatur Keuangan Supaya Hidup Nyaman

trik mengatur keuangan untuk hidup nyaman
Hidup nyaman, salah satunya bisa didapatkan dengan cara mengatur keuangan yang dimiliki pada saat sekarang. Hal tersebut dapat dilakukan, ketika masih berkerja di mana secara otomatis peluang memperbaiki keadaan, masih terbuka luas. Dalam artikel ‘’6 Trik Mengatur Keuangan Supaya Hidup Nyaman’’ akan diberikan tips yang mampu Anda pahami dan dikerjakan.

Baca juga: Atur Keuangan, Pilih Kredit atau Tunai dalam Membeli Mobil
Pastinya di hari tua, Anda tidak ingin mengalami hal buruk misalnya dikejar debt collector atau hidup sengsara, tanpa jaminan masa depan. Untuk itu, selagi masih memiliki banyak kesempatan, sebaiknya dimanfaatkan. Seperti berikut ini :

1. Menabung 

‘’6 Trik Mengatur Keuangan Supaya Hidup Nyaman’’ langkah pertama yakni menabung. Menyisihkan sebagian pendapatan yang diperoleh, setelah tidak digunakan memenuhi keperluan hidup sehari-hari. Praktiknya, dibagi menjadi beberapa bagian, dan sebagiannya lagi disisakan buat keperluan tersebut.

2. Investasi Emas

Merupakan investasi terhadap barang-barang berharga. Relatif mudah, tidak ribet. Tidak perlu mendatangi kantor bank dan membuka rekening  mencatat saldo. Namun keburukannya, bila kurs mata uang asing semisal dolar sedang turun, harga emas juga ikutan turun. Tapi sebaliknya, jika naik maka harga emas naik pula, itu kalau berniat menjualnya kembali.

3. Membeli Saham

Saham tidak selamanya mahal, bahkan kini telah disediakan nominal kecil sebesar 100 ribu sesuatu kebutuhan. Tidak perlu memaksakan diri, langsung membeli dalam jumlah besar bila Anda pemula. Melalui membeli jumlah kecil, maka risiko yang kelak ditanggung bila terjadi sesuatu yang tak diinginkan juga kecil. Jadi tidak merasa rugi terlalu banyak.

4. Memiliki Deposito

Deposito bila dibandingkan tabungan, justru lebih baik lagi. Tapi ketahui dulu tanggal penarikannya dan pilihlah yang tepat. Misalnya jangka waktu 1, 3, 6, hingga 12 bulan. Bunganya cenderung lebih besar dari tabungan. Namun ingatlah ketentuan pengambilannya, harus menetapi aturan waktu yang diberikan. Sebab jika hal tersebut dilanggar, Anda akan terkena pinalty dari bank.

5. Memanfaatkan Hobi

Memanfaatkan hobi menjadi ladang usaha yang menghasilkan uang, juga bagus Anda lakukan. Mulailah dari apa yang Anda senangi, misalnya saja : Menulis, fotografi, melukis, merajut, membuat soovenir dan lain sebagainya. Kerjakan di sela-sela waktu luang, selain mengerjakan profesi utama, kemudian cobalah memasarkannya, di lingkungan sendiri seperti kerabat atau teman kantor.

Untuk menulis, Anda dapat membuat situs blog/website sebagai portofolio memasarkan jasa. Selain  menyenangkan juga mendatangkan penghasilan. Menarik bukan?

Baca juga: Ini Dia Teka-teki Di Balik Melemahnya Nilai Tukar Mata Uang Rupiah!

6. Membuka Usaha/Bisnis

Sama seperti memanfaatkan hobi, membuka usaha/bisnis. Tidak harus mendirikan perusahaan besar yang membutuhkan modal tinggi. Skala kecil, misalnya usaha : Nasi goreng, mie ayam & bakso, roti bakar dan masih banyak lagi bisa dikerjakan.

Untuk tahap pertama, sebagai selingan. Bisa meminta bantuan anggota keluarga di rumah. Jangan langsung memperkerjakan karyawan atau asisten. Sehingga tiba masanya Anda berhenti atau pensiun dari pekerjaan utama, sudah ada cadangan hidup profesi lain.

6 trik mengatur keuangan supaya hidup nyaman, demikian artikel ini telah ditulis. Bila Anda hanya orang biasa dan bukan berstatus pegawai pemerintah, di mana sudah ada jaminan pensiun di masa tua, maka cara-cara di atas perlu diterapkan. Jangan terbuai keadaan hidup yang saat ini tengah diterima, lalu mengenyampingkan kehidupan di mana yang akan datang. Karena menata finasial itu penting, agar hidup tidak sial dan menyesal kelak di kemudian hari.
Buka Komentar