Alasan Melakukan Transaksi Onlne Lebih Baik Daripada Transaksi Langsung

Alasan Melakukan Transaksi Onlne Lebih Baik Daripada Transaksi Langsung

Alasan Melakukan Transaksi Onlne Lebih Baik Daripada Transaksi Langsung

Alasan Melakukan Transaksi Onlne Lebih Baik Daripada Transaksi Langsung
Meskipun pilihan berbagai macam transaksi online tersedia di Indonesia, Tapi nyatanya uang tunai masih menjadi pilihan utama di masyarakat indnesia sebagai alat transaksi sehari-hari. Mayoritas orang masih memilih uang tunai sebab dapat digunakan secara langsung tanpa bantuan alat apapun juga. Dan uang tunai biasanya dipakai untuk transaksi yang relatif kecil, contohnya membayar parkir atau membeli kebutuhan di gerai mini market. Tapi jika transaksi itu bernilai tinggi bagaimana ?

Kita hidup di era modern yang hampir semuanya menggunakan internet, dengan menjamurnya bisnis ecommerce di Indonesia, ada banyak transaksi tidak bisa lagi dilakukan secara tunai. Dan metode pembayaran seperti kartu debit ATM, kartu kredit, e-money, pembayaran online ataupun kredit online akhirnya menjadi pilihan. Awalnya ada banyak orang tidak percaya pada metode pembayaran ini sebab alasan keamanan, kenyamanan, dan juga prosesnya yang relatif lebih panjang dan rumit. Tapi saat ini, seiring berkembangnya teknologi produk finansial ada banyak orang justru berpindah ke transaksi non-tunai atau online sebab dianggap mempunyai lebih banyak kelebihan dibandingkan transaksi uang tunai. Ada beberapa manfaat atau kelebihan yang dimiliki orang melakukan transaksi online atau non-tunai, diantaranya :

Baca juga: 5 Tips Terpercaya Memilih Bisnis Online Tanpa Modal Terbaru

Transaksi online lebih aman

Mobilitas kita yang semakin lama semakin tinggi, tentu membawa uang tunai untuk setiap transaksi jelas bukan pilihan terbaik. Membawa uang tunai kemana mana dengan jumlah besar ketika bepergian sangat berbahaya. Dengan membawa uang tunai sangat tentu akan rawan pencurian dan susah untuk dilacak. Berbeda dengan transaksi non-tunai atau online, seperti ATM dan aplikasi smartphone, pemakai wajib memasukkan password yang hanya diketahui oleh si pemilik akun saja.

Transaksi online atau non-tunai lebih higienis

Transaksi non-tunai jelas lebih higienis jika dibandingkan dengan uang tunai. Kita bayangkan  saja berapa banyak bakteri yang ada di uang tunai yang sudah berpindah-pindah tangan. Apabila  kita tidak rajin mencuci tangan, tentu bisa saja menjadi sumber penyakit. Dan untuk transaksi memakai kartu maupun online, kita tidak perlu lagi memegang uang tunai bukan?

Transaksi non-tunai lebih banyak pilihan dan fiturnya

Transaksi online saat ini memiliki lebih banyak pilihan. Kita ambil contoh kartu debit ATM, kartu kredit, pembayaran online, maupun kredit online. Kamu dapat memiilih mana yang lebih cocok untuk kebutuhanmu, dan mana yang paling aman dan nyaman untuk digunakan saat bertransaksi.

Transaksi online dapat mencegah peredaran uang palsu

Sat ini peredaran uang palsu memang cukup meresahkan masyarakat. Tapi kita dapat membantu pemerintah untuk mengurangi peredaran uang palsu yaitu dengan memilih transaksi online, terutama untuk jumlah yang cukup  besar. Mengenai transaksi non-tunai sendiri memang telah menjadi himbauan Bank Indonesia pada masyarakat Indonesia sejak beberapa tahun lalu sebab mata uangnya tidak bisa dipalsukan.

Baca juga: 7 Ide Bisnis Online Yang Jarang Pesaing

Transaksi onine banyak menawarkan promo

Salah satu kelebihan transaksi non-tunai atau online yang paling menarik. Dan biasanya kartu kredit dan kredit online memberikan banya promo diskon untuk bertransaksi di restaurant, maskapai penerbangan, atau toko-toko online tertentu. Ini sangat lumayan kan, kamu dapat menikmati promo untuk bertransaksi di merchant khusus lho.

Demikian beberapa alasan mengapa tansaksi online lebih baik daripada tunai. Dengan kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan, tentu sudah saatnya kamu memilih transaksi non-tunai yang cocok dengan kebutuhan dan gaya berbelanjamu sehari hari.
Buka Komentar