Apa sih Keuntungan dan Kerugian Menabung di Bank ? Pembisnis Wajib Baca..!!!

Apa sih Keuntungan dan Kerugian Menabung di Bank ? Pembisnis Wajib Baca..!!!

Apa sih Keuntungan dan Kerugian Menabung di Bank ? Pembisnis Wajib Baca..!!!

Keuntungan dan Kerugian Menabung di Bank
Kita ketahui bersama bahwa Bank adalah salah satu tempat untuk menyimpan uang dan jaga berinvestasi yang sangat aman. Selain itu, bank juga dapat memberikan keuntungan yang lain untuk setiap nasabahnya. Tapi, menabung di bank juga mempunyai kekurangan lhoo.

Pertanyaannya apa sajakah kelebihan dan kekurangan menabung itu ? Yapss.. Mari kita bahas lebih mendalam tentang hal ini. Perlu di pahami bahwa kenutungan dan kerugian yang saya maksud berlaku untuk bank - bank negeri maupun swasta ya.. Diantaranya: BCA, Bank Mega, BNI, Mandiri, BRI, BPR, Bank Permata, Bank BJB, BTN, Bukopin, OCBC NISP, Danamon, dan yang lainnya.

Baca juga: 5 Hal Yang Harus Dipahami Sebelum Memutuskan Menabung Di Deposito

Kelebihan Menyimpan Uang di Bank

  • Uang Anda akan terjamin keamanannya. Yaappzz, betul sekali bahwa keamanan uang yang Anda simpan di bank akan terjamin keamanannya. Itu disebabkan karena setiap bank sudah bekerja sama dengan Lembaga Penjamin Simpanan.
  • Menyimpan di Bank memberikan manfaat yakni bunga bank. Walaupun tidak semua orang suka atau setuju dengan bunga bank tersebut. Tapi untuk sebagian orang bunga bank menjadi daya tarik atau magnet tersendiri untuk menarik orang menabung di bank tentunya. Jika Anda berharap menabung di bank memperoleh bunga maka Anda harus pintar dalam memilih bank, Karena bunga yang ditawarkan tidak sama antara bank yang satu dengan yang lainnya. 
  • Kapanpun Anda dapat Menarik Uang di Bank. Anda dapat mengambil uang anda kapanpun yang penting pada hari dan jam kerja atau dapat kapan saja mengambilnya di ATM.
  • Transaksi yang Sangat Mudah. Bank akan memudahkan Anda untuk bertransaksi dalam jumlah yang besar. Contohnya Anda membeli rumah atau mobil, Anda tidak perlu membawa dan menggunakan uang tunai, Namun Anda cukup memakai setoran rekening tabungan dan transfer antar bank saja.

Kekurangan atau Resiko Menabung di Bank

  • Perkembangan Uang Tidak Ada. Bila dibandingkan dengan untuk investasi, baik itu emas, dolar, maupun usaha, menabung di bank tidak mempunyai kesempatan uang untuk berkembang.
  • Setiap Bulan Ada Biaya Administrasi. Yapss.. Menabung di Bank memang mempunyai resiko yakni akan ada potongan admin setiap bulan. Walaupun Anda tidak melakukan setoran saldo awal pembukaan buku tabungan, Anda akan tetap berkurang, bahkan akan minus hingga secara otomatis nomor rekening Anda akan ditutup jika saldo habis. 
  • Kecilnya Bunga yang di Berikan. Untuk Anda yang berharap bunga bank dari menabung maka alangkah baiknya Anda pikir kembali, sebab bunga yang didapatkan sangat kecil dibandingkan apabila uang Anda digunakan untuk berinvestasi dengan membeli emas atau investasi yang lainnya.
  • Pengambilan Uang di Batasi. Saat Anda membutuhkan uang dengan jumlah banyak segera saat hari libur maka menabung di bank mempunyai resiko Anda tidak bisa mengambil uang Anda pada ketika dibutuhkan mendadak.  Walaupun Anda dapat mengambilnya lewat ATM akan namun jumlah yang boleh diambil dibatasi, Saat setiap bank memberikan peraturan jumlah uang maksimal yang boleh diambil melalui ATM lokal adalah Rp. 5.000.000,00.

Baca juga: 6 Trik Mengatur Keuangan Supaya Hidup Nyaman

Sekarang Anda sudah tahu bukan tentang beberapa keuntungan dan kelebihan menabung di bank. Apapun jenis banknya semua yang saya telah jabarkan di atas akan berlaku. Memang setiap kekurangan akan ada juga kelebihannya, namun semua itu tergantung pada kita dalam melihat peluang dari kelebihan dan kekurangan tersebut. Thank you semoga bermanfaat.
Buka Komentar