Cara Memulai Bisnis Dengan Modal Kecil

Cara Memulai Bisnis Dengan Modal Kecil

Cara Memulai Bisnis Dengan Modal Kecil

cara memulai bisnis dengan modal kecil
Memulai bisnis modal kecil, memang sulit. Sebab saat membutuhkan sesuatu, harus berjibaku terlebih dulu kebutuhan utama bisnis. Sebab tidak mungkin bukan, menghabiskan uang untuk membeli peralatan saja?

Sebenarnya berwirausaha itu bagus. Tidak selamanya bergantung pada perusahaan. Akan tetapi pelaksanaannya tentulah harus secermat mungkin, supaya perjuangan tak sia-sia.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Untuk Anak Muda Tanpa Modal Besar

Cara Memulai Bisnis Dengan Modal Kecil

Namun meski memang merepotkan, jika sudah berniat dalam hati menjadi pebisnis harus serius, tidak boleh setengah hati mengerjakan. Nah, supaya tak bingung, berikut tips-tips yang bisa dicontek. Dilansir dari sebuah media bisnis, berikut cuplikannya!

1. Tentukan Jenis Usaha Yang Hendak Ditekuni

Tuliskan ide bisnis di kepala yang akan dijalankan nantinya, kemudian tentukan menyesuaikan :

- Modal yang dimiliki
- Skil yang dikuasai
- Segmen pasar menjanjikan
- Mudah dikerjakan
- Minim persaingan

Ambil ide berdasar ketentuan 5 poin tadi, lalu tulis besar-besar pada satu buku, kemudian ikuti langkah selanjutnya!

2. Kerjakan Survey Pasar

Sebuah usaha yang didirikan, hendaknya menyesuaikan keadaan pasar. Sebelum benar-benar dikerjakan, jangan lupa survey lapangan. Sebab di sana letaknya peluang, cara menghadapi pesaing,serta bagaimana mengolah produk bisa disukai hingga dibeli konsumen.

3. Memerhatikan Ketersediaan Modal

Baca juga: Manfaat Menjalankan Bisnis dengan Modal Sendiri

Tidak masalah berhayal membuka usaha besar dan megah, tetapi perhatikan pula ketersediaan modal yang dimiliki. Jika terbatas, mengapa bermimpi berbisnis besar, yang ujungnya harus mencari pinjaman dana lagi, sementara prospek perkembangan usaha masih samar.

4. Melakukan Penghematan

Dapat melalui menekan biaya operasional. Dalam usaha, kita mengenal biaya tetap dan variabel. Dan bila ingin berhemat, maka biaya variabel yang harus dipangkas, sedang biaya tetap tidak boleh. Biaya variabel meliputi : Bahan baku yang digunakan, upah, komisi penjualan, biaya packing dan sebagainya.

5. Menentukan Lokasi Berjualan

Pada umumnya merupakan kendala terbesar yang dialami pebisnis pemula, hingga tak jarang modal terpotong mengatasi masalah ini. Andai bisa, cukup di halaman rumah atau garasi, itu lebih praktis dan murah.

6. Mengandalkan Kemampuan Sendiri

Andalkan ketrampilan yang Anda miliki,jangan ragu dan malu, jika merasa mampu. Bila mampu memasak, cobalah buka jasa katering atau camilan, intinya yang berhubungan dengan kuliner.

7. Memanfaatkan Barang-barang Di Rumah

Membeli barang penunjang bisnis, tentu harganya sangat mahal. Bila mampu memanfaatkan barang-barang di rumah, mengapa tidak dipakai saja? Pastinya irit pengeluaran bukan?

8. Memilih Bahan Baku Murah

Bisnis berjalan jika bahan baku selalu tersedia. Bahan berkualitas sudah pasti harga mengikuti. Meski demikian, berita baiknya harga bisa turun sewaktu-waktu. Di sinilah letak skill Anda menghadapi pasang surut harga yang terjadi. Bagaimana mengatur dan menyimpan bahan baku saat sedang murah, adalah pekerjaan rumah yang harus Anda selesaikan, menyiasati modal cekak.

9. Jangan Merekrut Karyawan Dulu

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Sampingan Bagi Karyawan Dengan Mudah

Sangat disarankan bagi yang baru memulai bisnis, guna penghematan dana tidak merekrut karyawan baru. Akan lebih baik, dana dialokasikan pada kebutuhan utama bisnis, misalnya menimbun bahan material pendukung bisnis, atau yang lainnya tapi bersifat utama.

10. Promosi Gratis Di Sosmed

Promosi di sosmed dipercaya ampuh mendongkrak popularitas bisnis. Tidak perlu membuat website berbayar, minimal akun sosmed semaacam instagram atau facebook, sudah dapat dimanfaatkan berdagang.

Demikian artikel ‘’Cara Memulai Bisnis Dengan Modal Kecil’’. Semoga bermanfaat dan bisa langsung dipraktikkan. Selamat berbisnis. Kunjungi juga blog dibaca.net, sebagai bahan referensi.
Buka Komentar