Dampak Buruk Mahasiswa yang Terlalu Sering Tidur Malam

Dampak Buruk Mahasiswa yang Terlalu Sering Tidur Malam

Dampak Buruk Mahasiswa yang Terlalu Sering Tidur Malam

Dampak Buruk Mahasiswa yang Terlalu Sering Tidur Malam
Memang tidak dipungkiri, saat ngobrol dan diskusi enaknya pada malam hari. Sepertinya semakin malam akan semakin asyik berbincang ngalor ngidul yang tidak ada habisnya. Hal ini banyak digandrungi oleh kaum pria, ada bapak-bapak dan ada juga remaja atau dewasa.

Dalam sebuah profesi atau pekerjaan, sering terlihat tukang becaklah yang doyan nongkrong malam, bahkan juga sampai pagi. Begitu pula profesi sebagai mahasiswa, yang banyak dijumpai masih kelihatan nongkrong di warung kopi atau kafe. Yang obrolannya, biasa seputar politik, dunia kampus (pergerakan aktivis kampus), dan lain sebagainya.

Dari nongkrong malam ini, maka jelas tidur pasti malam juga. Nah, jika tidur malam terus menerus dilakukan, tentu akan ada efek negatif pada tubuh. Terutama, bagi mahasiswa yang suka tidur malam, tanpa alasan yang bermanfaat.

Simaklah dampak buruk mahasiswa yang terlalu sering tidur malam, berikut ini:

#1. Uang ekstra dari kiriman bulanan

Bagi mahasiswa yang kebutuhan ngampus dan hidupnya dari kiriman orang tua setiap bulan atau seminggu sekali, jika sering tidur malam, maka akan membengkakkan pengeluaran. Mungkin kiriman bulanan biasa dapat ditabung kecil-kecilan, tapi dengan tidur malam akibat dari nongkrong, bisa-bisa uang ludes tanpa ada sisa, bahkan habis sebelum waktunya.

Tidak heran, banyak mahasiswa yang mengadu ada bayar ini itu, supaya ada tambahan kiriman dari orang tua setiap bulannya.

#2. Insomnia

Dari wikipedia menyebutkan bahwa "Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan untuk tidur. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis".

Keseringan tidur malam, berarti akan mengubah jadwal tidur atau istirahat yang semestinya. Hal ini berdampak pada psikologi seseorang. Sehingga, malam akan sulit tidur, namum pada siang harinya sangat pules untuk tidur.

#3. Konsentrasi menurun

Tidur malam, berefek buruk bagi mahasiswa yang apalagi memiliki jam aktif perkuliahan. Pada saat kuliah, dalam menyerap materi perkuliahan sudah tidak 100% lagi, akibat dari mengantuk. Bukan hanya itu, rasa mengantuk yang dalam juga menghilangkan nafsu makan. Jadi, badan merasa lemas dan tidak semangat mengikuti perkuliahan.

#4. Dampak buruk pada kesehatan

Dikutip dari halosehat.com, mengatakan; karena tidur berperan dalam melancarkan peredaran darah, memperbaiki sel-sel tubuh, serta membantu produksi enzim dan hormon, maka mereka yang kurang tidur dengan sendirinya akan berisiko terserang gangguan kesehatan. Bahkan, jika kurang tidur tersebut terjadi terus menerus dan berada pada tahap kronis, maka gangguan kesehatan yang akan muncul juga sangat serius, seperti: tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, diabetes, dan sebagainya.

#5. Pelupa

Kurang tidur juga akan mengakibatkan dalam waktu tertentu menjadi pelupa. Sudah gawat, jika dialami seorang mahasiswa yang harusnya energik, tapi malah pelupaan. Dalam studi, ada sebuah teori yang dinamakan "sharp wave ripples". Sharp wave ripples adalah peristiwa otak bertanggung jawab dalam menguatkan memori otak, dan mentransfer data yang ada dari hipokampus menuju ke neokorteks yang ada di otak, dimana semua kenangan jangka panjang tersimpan, hal tersebut terjadi ketika seseorang sedang tidur.

Baca juga: Sisi Gelap Mahasiswa Menjadi Anak Kos-Kosan

#6. Obesitas

Nongkrong malam tidak akan afdol jika tidak makan. Sering makanan yang dilahap pun adalah makan berat, seperti Mie aceh, nasi goreng, lontong malam, dll. Ini berdampak buruk pada tubuh, sebab pada malam hari tidak ada aktivitas pada tubuh, sehingga kalori pada makanan akan tertunpuk pada tubuh yang berakibat obesitas.

Inilah beberapa dampak buruk bagi seorang mahasiswa yang sering tidur malam. Oleh karenanya, lebih baik atur waktu aktivitas kegiatan, sehingga tidak terlalu sering tidur malam.
Buka Komentar