Di Balik Nikmatnya Sayur Bayam, Tersembunyi Bahaya Menakutkan! Apakah Itu?

Di Balik Nikmatnya Sayur Bayam, Tersembunyi Bahaya Menakutkan! Apakah Itu?

Di Balik Nikmatnya Sayur Bayam, Tersembunyi Bahaya Menakutkan! Apakah Itu?

Di Balik Nikmatnya Sayur Bayam, Tersembunyi Bahaya Menakutkan! Apakah Itu?
Bayam memang rasanya nikmat, mengingatkan kita pada kartun Popeye yang melegenda itu. Dibuat sayur apa saja bagus. Dari tumisan, rebus/kukus hingga dijadikan kuah bening bersama warna orange wortel serta kunin dari jagung manis.

Namun tahukah Anda bahwa di balik sedapnya, ternyata bayam juga menyimpan fakta unik sekaligus menakutkan? Dilansir dari laman situs tribun.news.com, yang dimaksud yakni risiko gagal ginjal. Jika dikonsumsi secara berlebihan.

Baca juga: Inilah Gejala Penyakit Diabetes Atau Kencing Manis yang Wajib Anda Ketahui

Mengapa Bayam Dikatakan Berbahaya?

Pasti Anda heran dan bertanya dalam hati, mengapa sampai bayam dikatakan demikian. Semuanya tersebab kandungan kalsium oksalat yang dimiliki jumlahnya tinggi. Masih mengutip dari laman situs kesehatan doktersehat.com, idealnya larutan urine atau air seni pada tubuh normal yang banyak mengandung bahan kimia, dapat mengalir lancar tanpa adanya pembentukan kristal.

Pada keadaan tak seimbang, urine tak lancar disebabkan adanya kandungan kalsium oksalat yang terlalu tinggi. Sehingga menghambat proses pengeluaran dan membentuk batu ginjal. Hal itu berlaku bagi orang, yang gemar sering mengonsumsi bayam dalam jumlah banyak.

Selain Bayam, Jenis Makanan Apa Saja Yang Mengandung Kalsium Oksalat?

Setelah membicarakan bayam, kini ada beberapa jenis makanan lagi, yang ditengarai mempunyai kandungan kalsium oksalat cukup tinggi. Di mana jenis tersebut tidak boleh diabaikan. Adapun macamnya yakni :

- Kacang
- Mentega kacang
- Beragam produk kedelai
- Roti gandum
- Buah berry
- Anggur
- Wortel
- Seledri
- Terong
- Buah zaitun
- Kentang
- Ubi jalar
- Cokelat

Bila Anda perhatikan, memang beragam rasanya bisa berubah sangat gurih dan lezat. Jika telah diaplikasi dengan bahan makanan lain, menjadi menu masakan ataupun kue.

Sebenarnya tidak masalah, kalau dimakan pada porsi wajar. Yang mencemaskan jika Anda melampaui batasan. Jadi tidak sembarangan makan, hingga menyebabkan kesehatan jadi terganggu.

Tips Menjaga Ginjal Tetap Sehat

Masih mengutip laman situs dokter.sehat.com, berikut ini adalah cara-cara menjaga dan merawat supaya ginjal tetap sehat!

1. Mengatur Pola Makan

Mengatur pola makanan merupakan trik paling ampuh melindungi kesehatan ginjal. Pilihlah buah dan sayuran segar dengan warna cerah, untuk dikonsumsi. Serta jangan lupa usahakan hanya berasal dari tanaman organik, bukan yang berbahan kimia.

2. Aktif Bergerak

Olahraga termasuk yang sangat disarankan di sini. Jangan sampai Anda malas bergerak, sehingga akibatnya tubuh terasa kaku dan membengkak. Karena peredaran darah kurang lancar.

3. Menjaga Berat Badan

Berat badan terjadi, akibat kecerobohan seseorang dalam menjaga pola makannya, selain itu aktifitas olahraganya juga berkurang.

4. Tidak Merokok Dan Meminum Alkohol

Diketahui dua hal tersebut merupakan cikal bakal terganggunya masalah kesehatan. Tidak hanya soal ginjal, tapi seluruh anggota organ tubuh lainnya.

5. Mengawasi Tekanan Darah

Dibuktikan dengan adanya catatan medis di beberapa rumah sakit. Bahwa sebanyak 35% penyakit gagal ginjal dikarenakan tekanan darah tinggi.

6. Minum Air Putih

Minimal 2 liter sehari, untuk menetralisir toksin dalam tubuh.

7. Menghindari Stres

Tak hanya penyakit ginjal, semua gangguan kesehatan anjuranya sama, yaitu menghindari stres.

Baca juga: 7 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan

8. Membatasi Penggunaan Obat Anti Nyeri Serta Antibiotic

Di sejumlah kasus, banyak ditemukan jika pemakaian dua obat tersebut justru memperparah keadaan ginjal yang sudah sakit semakin rusak. Karenanya, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter spesialis Anda, bila ingin meminumnya.
Buka Komentar