Inilah Gejala Penyakit Diabetes Atau Kencing Manis yang Wajib Anda Ketahui

Inilah Gejala Penyakit Diabetes Atau Kencing Manis yang Wajib Anda Ketahui

Inilah Gejala Penyakit Diabetes Atau Kencing Manis yang Wajib Anda Ketahui

Inilah Gejala Penyakit Diabetes Atau Kencing Manis yang Wajib Anda Ketahui
Saat ini penyakit Diabetes atau kecing manis sedang banyak menyerang beberapa orang di Indonesia. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, tidak terkecuali anak-anak sampai orang dewasa bahkan lansia. Kemunculan penyakit gula ini bisa disebabkan karena kadar glukosa/gula dalam darah cukup tinggi. Untuk kebanyakan orang mengenal ini sebagai diabetes kering dan diabetes basah. Padahal dalam ilmu kedokteran faktanya merupakan diabetes hanya dibedakan menjadi tiga jenis yaitu diabetes tipe1, tipe2 dan gestasional lho.

Pengecekan yang sulit untuk mengetahui gejala penyakit diabetes atau kencing manis, membuat banyak  dewasa banyak sekali orang yang walaupun masih ber usia remaja bisa terkena penyakit tersebut. Untuk menghindari penyakit penyakit ini maka tentunya Anda harus mengetahui beberapa gejalanya di bawah agar terhindar dan dapat mengobatinya.

Baca juga: Pengobatan Dabag dengan Cara Timur dan Barat

Sering Mati rasa

Mayoritas penderita diabetes melitus tentunya diawali dengan kemunculan mati rasa (kebas) dan kesemutan di beberapa bagian tubuhnya. Bagian tubuh biasanya yang sering mengalami mati rasa merupakan bagian jari-jari, tangan, dan bagian kaki juga. Kemunculan mati rasa dikarenakan glukosa yang tinggi merusak jaringan system saraf.

Sering Buang Air Kecil

Kandungan kadar gula berlebih dalam tubuh tidak dapat semuanya diproses secara maksimal, Dan akibatnya seseorang yang mengalami diabetes akan sering buang air walaupun dia tidak banyak mengonsumsi air. Jika Anda mengalami gejala ini, maka segera konsultasikan ke dokter.

Berat Badan Berkurang

Tanda-tanda diabetes satu ini menyerang kebanyakan para penderitanya. Terjadi kerusakan secara sensitivitas pankreas dalam memecah gula jadi penyebab berat badan menurun. Sebab glukosa atau gula tidak dapat diproses menjadi cadangan energi atau lemak, sehingga berat badan menjadi turun drastis.

Selalu Lapar

Penderita diabetes melitus tidak akan pernah puas mengonsumsi makanan walaupun sebenarnya sudah melebihi porsi makan. Tanda-tanda ini bisa muncul disebabkan sebab gula/glukosa dalam tubuh tidak mampu diproses jadi lemak atau juga energi. Setiap penderita diabetes biasanya lebih menyukai makanan yang sangat manis.

Penglihatan Kabur dan Buram

Tanda atau Gejala penyakit kencing manis ini sering menyerang pada penderita diabetes melitus tipe 2 lho. Meningkatnya kadar glukosa berlebih mengakibatkan sirkulasi darah menuju ke bagian saraf mata terhambat tentunya, akibatnya penglihatan jadi buram dan kabur. Tapi penglihatan akan kembali menjadi normal lagi jika kadar gula tersebut menurun.

Akan Muncul Masalah Pada Kulit

Tingginya kadar gula dalam darah bisa mempengaruhi sirkulasi darah dan mengakibatkan kelenjar keringat mengalami disfungsional. Dan dari kondisi semacam ini merupakan kulit menjadi lebih kering, bersisik, dan juga pecah-pecah. Tanda atau gejala ini sangat sulit dideteksi sebagai tanda awal diabetes, karena munculnya masalah kulit dapat diakibatkan oleh faktor lain.

Kelelahan dan cepat emosi

Setiap penderita diabetes mempunyai cadangan energi yang sedikit. Ini terjadi sebab dalam tubuh organ pankreas tidak mampu lagi meningkatkan sensitivitas insulin untuk mengubah gula menjadi energi bagi tubuh. Dan akibatnya, setiap penderita kencing manis akan selalu mengalami kelelahan, dan bahkan juga terkadang perasaan cepat emosi.

Baca juga: Ingin Terhindar dari Rematik ? Jauhi Beberapa Makanan Ini..!!!

Pemulihan Luka Akan Lambat

Ini merupakan gejala penyakit diabetes yang banyak dialami oleh penderita. Kemunculan proses pemulihan luka yang lambat dikarenakan tubuh tidak mampu membentuk senyawa fibrinogen dengan mengubah vitamin K lho. Akibatnya luka yang terbentuk akan sangatlah sulit sekali untuk sembuh, dan yang paling utama nih bagi penderita penyakit gula basah.
Buka Komentar